BULAN PUASA YANG ANEH DI NEGERI YANG ANEH vol.01

13 08 2010

“bulan puasa adalah saat kita memberi perut kita nikmat kenyaaaang, saat maghrib tiba”

Pernah ada yang kepikiran, kenapa kalau masuk bulan Ramadhan atau bulan puasa itu harga barang-barang terutama kebutuhan pokok (pangan) di negeri ini pasti melonjak naik. Biasanya harga naik  karena permintaan dan konsumsi akan barang-barang tersebut juga bertambah banyak.

Yang jadi pertanyaan saya, apa benar di bulan puasa justru konsumsi pangan kita bertambah? Bukannya saat puasa kita hanya berpindah jam makan, jadi sebenarnya konsumsi harian kita sama saja dengan hari biasa, kalau tidak bisa dibilang (seharusnya) berkurang.

Daridulu saya juga merasa pengeluaran saat bulan puasa lebih besar daripada biasanya. Dan bahkan kalau dipikir-pikir ternyata makanan yang saya makan saat bulan puasa lebih mewah (dan mungkin banyak) dibandingkan bulan-bulan lain. Sepertinya saat-saat buka puasa adalah momen brutal kita. Seakan setelah merasakan beratnya puasa seharian, kita merasa sudah sewajarnya untuk memberi  “hadiah” perut kita dengan berbagai macam makanan. Makanan atau minuman yang pada bulan lain  jarang kita sentuh di bulan puasa malah jadi sesuatu yang penting dan mutlak: es buah, es kelapa, es blewah, es dawet, kolak, cemilan ini cemilan itu, kue ini itu, belum lagi makanan besarnya.

Sebuah ganjaran yang kita anggap setimpal dan pantas setelah seharian puasa. Ganjaran yang kita berikan sendiri kepada diri kita yang dianggap telah menyelesaikan suatu ritual ibadah dengan baik.

Bayangkan bila hal itu berlangsung tiap hari selama satu bulan. Dan sepertinya bukan cuma saya yang (secara sadar maupun tidak) melakukan hal seperti itu.

Pantas harga barang-barang melonjak naik….


Aksi

Information

26 responses

13 08 2010
yoan

ealah, om… saya malah ga napsu makan ini…
kalo saya nanti kurus gimana, om? gimanaaa??? :hammer:

13 08 2010
andre

kapan kita bukbar, bung?

15 08 2010
Gandi Wibowo

Hmmm… Gw juga, makannya jadi lebih banyak. Sehari jadi dua kali, yang biasanya dua hari sekali itu juga kalo inget makan ROFL.

Jadi gak usah ngeluh yak kalo harga2 makanan jadi naek….

15 08 2010
mawi wijna

sepertinya kita masih harus belajar mengkekang nafsu memberi hadiah untuk perut😀

Selamat berpuasa Kang Yos!

16 08 2010
Juminten

enggg… sempet kepikiran. entah bener entah enggak…
apakah harga barang2 itu dinaikkan karena penjualnya butuh duit utk mudik?😐
*analogi asala-asalan*😛
selamat menjalankan ibadah puasa ya, mas.😉

20 08 2010
rahmad

yang naikkkan harga tentu karena kebutuhan kita dunk.coba kalu nggak ad yang beli. tentu harga barang dengan sendirinya akan turun. Gimana?

24 08 2010
1nd1r4

Porsi makan memang menurun, tapi jajanan buka puasa itu dan suguhan lebaran yang bikin harga sembako naik dan pengeluaran kita bertambah. COba kalau buka puasa dengan air putih dan makanan seperti hari2 diluar bulan puasa, pasti pengeluaran bisa berkurang…..🙂

29 08 2010
Cara beli rumah

aneh gmn tuh ?

17 09 2010
cicitcuit

don’t blame it on Ramadhan but on ones who did it hehe..
setelah dianalisa seperti yg Bang gerilya tulis, solusinya cuma 2:
1. gak usah puasa (jadi nggak perlu kalap pas buka dan nggak perlu bikin masakan2 mewah)
2. keluar dr comfort zone itu, mulai taon depan buka puasa pake nasi putih sama krupuk aje hehehe

Mumpung masih (libur) Lebaran, sekalian mau ucapin SELAMAT IDUL FITRI, mohon maaf kalo ada salah2 kata🙂

29 09 2010
geRrilyawan

selamat idul fitri cit…mohon maaf lahir batin yah..

7 10 2010
muhamaze

mohon maaf lahir batin boss..
sory baru berkunjung lagi nih..

salam damai selalu..

7 10 2010
HumorBendol

Bulan Puasa dah berganti Syawal bro
Selamat Idul Fitri
Salam

13 10 2010
zulhaq

betul.
gw makan 3 kali kalo puasa. Maghrib, habis tarawih, sahur. Dan itu porsinya buanyak.

2 11 2010
asfan

nongol gan di sini…puasa emang kadang pengeluaran lebih banyak…he2

14 11 2010
Let's Share Together

jarang update ya bos?🙂

20 11 2010
newbiedika

Udah jarang update blog yah om ger?

27 11 2010
gak kuliah gak kiamat

lama gak kesini… gimana kabarnya mas?

6 12 2010
warm

abis lebaran, lama ga apdet lg,mas ?😀

24 12 2010
newbiedika

Om ger gmana kbrnya ?

8 01 2011
istipatronum

silaturrahmi yy mas ,,

21 01 2011
hanhan

Wah di tahun ini saja harga cabai sudah kembali naik, memang hebat negeri ini……

Menghilang kemana saja sobat..?

4 02 2011
ToPu

intinya ndak mau kalu harga naik ya… hehehehe.., btw lam kenal ja dech…

2 03 2011
mbahoo

Mau tambah berat badan? coba cek link ini http://www.moreids.com
thank you bang yos..numpang mampir lagi nih, biar tenar🙂

6 03 2011
nana

LOH? MANA APDET TERBARU?
kelamaan hiatus ya -___-

16 05 2011
IG Jepara

Artikel yang menarik mas.
kira-kira kalau mau tukeran link bagaimana ya mas.

kontak:Amirul SEO (amirul@igjepara.com)

6 11 2011
diketik

Kunjungan rutin ke blog ini… hehehe🙂
Saya Abed Saragih mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha
Diketik

ditunggu kunjungan dan komentar baliknya🙂
salam persahabatan🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: