PANGGILLAH DIA LUPUS…! [TRILOGI ORANG MUDA VOL.3, TAMAT]

12 11 2009

siluet Lupus karya Wedha. ilustrator setia Lupus

Tokoh terakhir dalam trilogi orang muda Indonesia sepertinya sudah bisa dipastikan kalau melihat tokoh-tokoh pada tulisan sebelumnya. Apalagi kalau lihat siluetnya di atas. Rambut jambul dan gelembung yang ada di mulutnya itu membersitkan sebuah nama….Lupus!

Tokoh Lupus ini ceritanya tidak sesuram dan segelap Ali Topan, juga lebih membumi daripada Si Boy. Lebih mendekati realita remaja ibukota pada tahun sih. Tidak digambarkan terlalu sempurna, tapi juga tidak hancur-hancuran. Profil remaja sederhana, anak SMA, suka makan permen karet (permen karet sampai jadi ngetop waktu itu), sedikit gondrong (yang katanya mirip John Taylor, bassis-nya Duran Duran), suka mengejar-ngejar bis kota, suka ngocol (ngocol itu apa ya bahasa sekarangnya..?), tapi  juga aktif dan kreatif. Ceritanya yang ringan, kocak, dan dekat sekali dengan kehidupan remaja (pada umumnya) membuatnya sosoknya mudah diterima dan melekat dalam hati dan sanubari (caileee…!) anak muda.

Lupus berasal dari keluarga sederhana. Dia hidup bersama ibunya dan seorang adik yang manjanya bukan main, Lulu. Ayahnya sudah lama meninggal dunia, jadi ibunya sekarang yang menjadi tulang punggung keluarga. Sebagai anak laki-laki satu-satunya, Lupus sudah pasti bakal menjadi pengganti ibunya sebagai tulang punggung keluarga. Makanya mulai dari SMA, bocah ini sudah mulai membantu mencari uang, paling tidak untuk jajan sendiri. Sambil sekolah nyambi jadi wartawan dan penulis lepas.

Sekolah Lupus namanya SMA Merah Putih yang sepertinya fiktif. Atau ternyata ada? Saya tidak tahu. Belum pernah survey. Lagipula masa sampai survey segala, saya kan bukan mau bikin penelitian. Sehari-harinya selalu bergaul bareng gank-nya yang ajaib-ajaib semua. Ada Bo’im, yang wajahnya kurang….sempurna (hahaha..) tapi pedenya setengah mati kalau mendekati cewek sampai di-cap “playboy cap duren tiga”. Ada Gusur, sastrawan gagal (eh bukan gagal ding…cuma belum terbukti saja kemampuannya. Lagipula ceritanya masih SMA juga, masih panjang jalannya.) yang hobi membuat dan membaca puisi, apalagi untuk dipersembahkan kepada pujaan hatinya, Fifi Alone. Ada Gito yang sering nemenin Lupus sebagai tukang foto kalau ada job interview. Dan masih banyak lagi teman lainnya misal Anto, Nyit-nyit, Ruri, dll…

Selain kawan-kawan setianya, tokoh lain yang mendampingi Lupus adalah seorang guru fisika yang galak dan sangar yang dipanggil Mr. Punk. Kenapa Mr. Punk? Karena namanya Pak Pangaribuan. Singkatan namanya adalah Pak Pang, kalau di-inggris-kan jadinya ya….Mr. Punk. Juga tidak lupa gadis-gadis yang pernah pacaran sama Lupus, Poppy dan Rina.

Tokoh Lupus yang kocak ini diciptakan oleh Hilman Hariwijaya. Kurang tahu juga kenapa dinamakan Lupus (kan saya sudah bilang, saya bukan mau bikin penelitian Lupus), padahal itu kan nama penyakit. Mungkin zaman itu penyakit ini belum ditemukan. Lupus juga bisa berarti serigala dalam bahasa Latin. Apakah Lupus seperti serigala? Sudah pasti tidak, Lupus lebih mirip anak anjing yang lucu karena suka mengejar-ngejar bis kota (sadis! Masa disamain sama anak anjing hehehe…).

Buku pertamanya terbit tahun 1986 dengan judul “Tangkaplah Daku, Kau kujitak”, yang kemudian diikuti dengan puluhan judul lainnya . Pernah dibuat film dengan pemeran utama alm. Ryan Hidayat. Penciptanya sendiri Hilman Hariwijaya juga pernah memerankan Lupus di salah satu film, karena mungkin Lupus sebenarnya adalah cerminan dirinya sendiri. Sedikit “narsis” juga kalau anak sekarang bilang hehehe…Dan tokoh-tokoh kawan-kawan Lupus juga sepertinya diambil dari kawan-kawan Hilman sendiri. Jadi, mahluk-mahluk  yang namanya Bo’im, Gusur, Gito, Anto, dll itu sebenarnya nyata, dan mereka ada di sekitar kita hiiiiiii…..!!!

Dibanding tokoh lain sebelumnya, Lupus lebih lama eksistensinya. Buktinya sampai sekarang tahun 2000-an, buku barunya masih terbit. Dan yang lama masih dicetak ulang. Pernah dibuat sinetron dengan pemeran utama…eh, siapa ya pemeran utamanya? Maaf, saya lupa. Makanya anak muda zaman sekarang mungkin lebih mengenal Lupus daripada tokoh-tokoh muda kita sebelumnya.

Jadi kalau kalian semua melihat seorang anak muda berjambul, sedikit gondrong, mulutnya terlihat sedang mengunyah permen karet, dan sedang mengejar-ngejar bis kota. Itulah dia. Panggilah dia….Lupus!!!

Gambar karya Wedha, ilustrator setia Lupus, diambil dari sini.


Aksi

Information

60 responses

12 11 2009
guskar

lupus dulu ada sinetronnya di indosiar.. bahkan sekuelnya berjudul lupus milenia.. nama pemerannya lupa he..he.. ingatnya cuma nia paramitha sebagai Lulu.
buku2 lupus sampai skrg masih terpajang di rak toko buku, ada juga lupus ABG anak2 saya suka banget tuh dng ceritanya. saya pernah mengintip membacanya, eh..asik juga buat mengendorkan sejenak kepenatan pikiran🙂

12 11 2009
nakjaDimande

HWAAA… LUPUS..!!! Bundo cinta sama Lupus..
dan memang hanya wedha yang yang paling pas jadi ilustratornya

*sisi humoris bundo pertama kali dibentuk oleh Lupus..

12 11 2009
nakjaDimande

lha om yoso kok malah mirip lupus siyh.. bukannya Raden Ario😛

12 11 2009
nakjaDimande

waktu disinetronkan bundo paling suka waktu pemerannya adalah: irgi, agnes dan sofie [istrinya pongki].. mereka paling pas mainnya

**maafkan bundo harus komen 3 kali.. demi Lupus😛

12 11 2009
yoan

aku suka lupus aku suka lupus aku suka lupus
pokoknya aku suka lupuuusss!!

*dilemparchunkybar*

hihi… ternyata sesuai sama komen pertama saya di vol 1. ali topan, mas boi, sama lupus…:mrgreen:

12 11 2009
dobleh yang malang

senang dapat pertama………hehehehe
senang karena semuanya seleranya blue banget
salam hangat selalu

12 11 2009
Mawi Wijna

pernah punya novelnya satu, tapi berhubung masih SD jadi ndak tertarik bacanya…

12 11 2009
novel

gilaaaaaaa. favorit gue banget nihhh. dulu kalo baca lupus, gue bisa kayak orang gila.

tapi gue lebih suka lupus dewasa daripada lupus abg, krg nampol lupus abg.😀

huah..kangen banget baca lupus! makasih loh, so, membawa nostalgia masa muda. hehe..

12 11 2009
nh18

Saya tidak begitu mengikuti Cerita Lupus ini …
Ketika cerita Lupus ini Booming …
saya sudah kuliah kalo gak salah …

Salam saya

12 11 2009
Anla

“suka makan permen karet, sedikit gondrong”

koq mirip sama supir angkot ya?
hehehehe

yang jelas, LU PUSS menggambarkan Indahnya masa-masa SMU :mrgreen:

12 11 2009
bri

ahahay salam soree iaa om^^
jiaaah lagi lagii gue kesinii..piss om
wiss sopir…gaswaat john taylor kale bu..ahahay
bukunya bri ada om “tangkaplah daku kau kujitak”^^
masih terbit digramed matraman…

kerenya pas ujan ujanan nyamperiin poppy
sampe buka tenda…gaswaat^^
download filmnya ada kok di youtube…ahahay

__salam soree om…relaxdari aktifitasnya__

12 11 2009
Gandi Wibowo

Wakakakaka tebakan Gw bener **Padahal Gw gak pernah bilang kalo Gw nebak ya :D**
Pasti yang ketiga bakal muncul LUPUS.. I love him

BTW besok Bikin trilogi pahlawan dong, Kayak wiro sableng, sibuta dari Gua Hantu, Dll😀

13 11 2009
newbiedika fly

lupus emang , top abis deh .. aku suka banget baca novel lupus .. kadang ngakak sendiri aja bacanya .. hag hag

13 11 2009
septarius


Kayaknya ku gak pernah punya novel lupus, karena eh karena ku suka pinjem ato nebeng temen yg lg baca hehe..
Seingatku waktu itu masih jaman susah, boro2 beli novel..buat jajan aja gak ada😦
Kok jd curcol ya..

Over n’ out..
..

13 11 2009
lina

kilas balik ke tiga

woow kalau yang ini..sumpah saya suka, dulu kalo baca novelnya di belakang kelas hehe, lupus bisa main gitar klo ga salah..makanya saya suka tokoh ini..
sering kasian sih, karena ibunya Lupus lebih panik jika kehilangan satu sendok dari pada kehilangan Lupus hahaa..

mantapp Mas Ger…jadi bernostalgia..thx ya

13 11 2009
afwan auliyar

wew….. memang cukup terkenal🙂

13 11 2009
Didien

lupus ini film jaman saya masih kecil..suka bgt deh sama filmnya…

salam, ^_^

13 11 2009
Caride

ooohhh ternyata masih ada toh novelnya…keren deh nih lupusss..khas dg permen karetnya…

13 11 2009
d-Gadget

dulu saya ingin sekali berkarekter seperti tokoh lupus ini..cuma malu aja krn emg g cucok..lebih cucok jd diri sendiri..ya kan bro..??

14 11 2009
bri

hadiiiiiiiiiiirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr……………………^^

salampagii selamaatt pagiii

cu…………..

14 11 2009
Nafi' Abdul Hakim

makin bingung saja aku baca..
hehehehehe..
maaf…

15 11 2009
haris

dulu saya penggemar lupus. anak muda kreatif, bandel, tapi baik hati. cerita2nya lucu.

15 11 2009
1nd1r4

sukaaa banget ma serial lupus….yg kecil atau yg gede….cuma pas difilm-in jadi sebel….malah film ama sinetronya ga bisa bkin aq ngakak…ampe guling2 kaya baca bukunya…..

16 11 2009
aku juga noersam

aku dulu suka nonton film lupus..

16 11 2009
sam

lupus..aku suka

16 11 2009
Vinna

gw suka lupus gr2 alm. ryan hidayat yg ganteng bgt itu..😛

17 11 2009
antokoe

dulu rela ngumpulin uang saku sekolah demi bisa nonton si Lupus…

17 11 2009
macangadungan

lupus yang sinetron pertama nama pemerannya oka, kalo yg sinetron yg terakhir diperankan oleh irgy fahrezi, agnes monica jadi lulu, bintang arizona jadi pacarnya lulu. trus yg jadi nyitnyit tuh fahrani. *jiaahhh… hapal*
gue suka lupus, tp dia kesannya palyboy bgt sih. itu yg bikin gue ilfeel…

17 11 2009
Ria

gw suka banget cerita lupus ini…kalo ndak salah jaman2 smp atau smu ya? lupa juga persisnya…hahahaha…

jambulnya itu loh…sayang pemainnya sudah meninngal ya😦

17 11 2009
frozzy

omigod…..huhuhuhu…LUPUS, cin…eh salah, LUPUS weiceh…. *lirik2 omtrainer* hihihihi

17 11 2009
prabham wulung

ini trilogy dari lima yang gue nanti2 so.. lupus.. idola masa kecil gue… oh ya jangan lupain juga roy dalam balada si roy.. setiap minggu muncul di HAI….

18 11 2009
syelviapoe3

Dulu waktu kecil pernah nonton film LUPUS…yang diperankan sama alm. Ryan Hidayat..filmnya lucu2 he..he..

Ketika zaman sekarang dikenal bahwa “lupus” adalah nama penyakit…yang terbayang saat mendengar istilah ini justru film/novel lupus he..he… ^_^

18 11 2009
quinie

sama kaya gandi, suka yang lupus versi sinetron ^^

19 11 2009
Rizal

Lupus? Wah, sya tau wktu sya kecil, tpi sya tak tau bnyak, wah sya jdi tau bnyak lewat blog ini tentang lupus.. Manstaaap.. Keep writin! Sneng bgt ada tmbhan inspirasi, trutma sya baru di dunia per-blog-an..

20 11 2009
ichanx

novel remaja indonesia terbaik sepanjang masa!

20 11 2009
eliabintang

hebat juga ya si hilman ini! saya jadi inget jaman dulu itu permen karet itu ngetrend banget gara2 lupus.. hahaha😆

salam kenal yah!

20 11 2009
bluethunderheart

pa cabar
met lebaran haji y
salam hangat selalu

20 11 2009
bukan facebook

aihhh…aihh…liat shiluete-nya jadi inget masa lalu euy…

20 11 2009
GeLza

vespanya mana…?

22 11 2009
BaNi MusTajaB

Fenomena Lupus pernah merajai pasar buku bacaan di negeri ini..bahasanya lugas (gaul) dan apa adanya. tapi tampaknya trend itu sudah berlalu. Tema dan gaya bahasa Hilman dalam Lupus tidak lagi seberapa menarik. Tapi sejarah mencatatnya sebagai tiras buku terlaris.
Hilman mulai eksis pada usia 13 tahun, saat menang dalam lomba cerpen yang diselenggarakan Majalah HAI.

26 11 2009
zulhaq

btw, foto lw yang di pojok kanan atas, sama ilustrasi lupus di atas, ada kemiripan yang menonjol. poninya sama bro huakakakakk…..

26 11 2009
suklowor

Bang, kalau memperhatikan rambut jambulnya lupus, jadi ingat rintintin, apa karakter jambul Rin Tintin niru lupus ya?

iseng mumpung ada ahlinya jadi pingin nanya,,, hehehe

27 11 2009
Miftahur

Luuupppp youuuuuuuuu…. eh salah😀
Luupppuuuuuuussss….

Meong…. Halah😀
Hehehe

27 11 2009
Love4Live

kalau lihat photomu yang dipojok kanan atas.., justur jadi inet Lupus…
wakakakakak…

27 11 2009
itempoeti

Lupus itu dah jamannya generasi dibawahku…
halaaahhhh… tuwir bangeeeettt….

9 12 2009
Eru

Nyamain siluet ini sama foto profile di kanan😐 soalnya pas kesini suka inget LUPUS kalo liat foto itu😀

Aaah kalo yang ini sih kenal, sempet baca beberapa novelnya,
dulu juga jadi TV Series di TV Swasta :))

13 12 2009
warm

ahaha dulu jadi trend banget ya

pake tas tali panjang, trus ngunyah2 permen karet…😀

15 12 2009
sind3nmungil

Hyaaaaa..Lupus..Bikin kangeeen!!

Lupus yg jd sinetronnya itu namanya I Made Oka Sugawa kalo ga salah…Tp menurutku, Oka lbh menggambarkan sosok lupus yg diceritain di buku, entah kenapa.😀

15 12 2009
Learning on Persepctive

Aku pernah baca lupus, buku koleksi mam’s and Dad’s ceritanya sih lumayan lucu
walaupun agak jadul sih
he..he

5 01 2010
tguhjarwo

ok lupus hebatttttttttttttt,,, ko skrang ga ada crita yg oke lg?

8 01 2010
munyukmentel

Wah Lupuuuuuuuusssss…. Bacaan favorit saya doloooo… (yah…ketauan deh generasi kapan nih gw kekeke)

19 01 2010
kribo

gila sampe sekarang lupus gue suka, sampe2 gue terinspirasi ama tulisan2 hilman

22 02 2010
sarah

pelemnya si irgi pas meranin lupus gw baru smp tuh kekekekeke. jadi rindu pelm2 lama gw

7 05 2010
Agung Kujay

Tapi sayang, kykna Hilman lebih memilih menghidupkan tokoh Lupus dengan mengorbankan ciri khas Lupus: permen karet, rambut gondrong ala jon teiler (berubah jadi rambut rapi), tas dgn tali yg panjaaaang banget (jadi tas ransel), sepeda balap (jd skuter), anak yg sederhana tinggal di rumah yg sederhana (rumahnya jadi mewah)..
I hate the new lupus… rasanya spt masa kecil gw dirampas.. image lupus yg selalu gw tau jd hancur… gw ga pernah baca lupus yg baru…

15 05 2010
feekyu

kenapa sekarang lupus nggak dirombak ulang saja ya, jadi modernis

11 06 2010
Alghie

salam

14 07 2010
unique FONT

salam kenal mas ^^!
blognya bagus!

15 07 2010
Dony

Wah bang si Roy kok ndak terbahas yah??
Soalnya saya masih inget banget kata-katanya si Gola Gong dulu waktu mengawali Balada Si Roy, “….ini beda, kalo Lupus itu permen kalo Roy itu cadas.”

mantap tapi memang agak setipe dengan Ali Topan, figur jalanan, urakan dan bandel
dan yg pasti emang ndak se imut luPus

16 07 2010
geRrilyawan

iya..sebenarnya roy juga masuk nominasi. tapi karena judulnya trilogi saya harus memilih 3 nama saja, dan yang terpilih adalah 3 nama yang paling populer itu…

7 12 2011
Rita Yana Ichita

wah ada ya film2 nya lupus.saya baru tau.
oia novel2 lupus sekarang uda gda lagi terjual di toko2.padahal saya suka bacanya.kalo lewat internet ada gak novelnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: