Eksperimen Kuliner Indonesia

13 09 2008

Indonesia ini kaya lho…percaya nggak?

Dan orang-orang Indonesia itu kreatifnya setengah mati lho…percaya nggak? Termasuk urusan kuliner yang udah ngetop sampai ke mancanegara.

Coba berapa banyak makanan khas dari daerah-daerah yang ada di seluruh Indonesia. Dan yang huebuattt apa saja bisa dimakan sama orang Indonesia….Ya betul..APA SAJA…! Contohnya dari hewan yang namanya sapi saja hampir semua komponen tubuhnya bisa dimakan sama orang Indonesia muali daging, kikil, lidah, otak, paru, usus, kaki, buntut, dll. Atau ada yang pernah nyobain rempeyek laron atau sambel dengan lalapan belalang mentah atau setengah dibakar yang kadang masih menggeliat-geliat….nyammm…Mak Nyusss” kalau katanya Om Bondan Winarno yang suka kremas-kremus di acara “Wisata Kuliner” itu (….wuihhh sok kenal banget sayamanggil Om!).

Dan yang pasti orang Indonesia itu kreatifnya nggak kira-kira apalagi kalau soal meracik dan memadukan makanan. Waktu mahasiswa saya pernah ikut sebuah acara perjalanan kampus yang tujuannya meneliti arsitektur tradisional (kalo saya sih cuma main dan jalan-jalan sebenernya), kebetulan perjalanan waktu itu ke daerah Flores, Nusa Tenggara Timur.

Saya kebetulan hobi jalan-jalan kayak gitu memang sekalian mencari hal-hal baru, salah satunya makanan. Di kabupaten Ende, saat acara perpisahan dengan penduduk setempat kami disuguhi makanan yang terdiri dari:

· Urap (sayur-sayuran yang pakai bumbu kelapa parut dan gula jawa campur sambel itu lho…)

· Ikan teri dan kacang balado (kok balado? Emang di Minang?….abis saya nggak tau namanya, maaf!)

· Pisang muda setengah dibakar.

Semua itu dimakan barengan….kebayang nggak rasanya gimana? Awalnya emang agak aneh…tapi lama-lama ya doyan juga….hahaha…!!!

Pengalaman yang satu lagi di kabupaten Manggarai, kami dapat suguhan nasi dan mie goreng…dan ditambah bubur kacang ijo…Ya…bubur kacang ijo yang itu…cuma lebih encer kuahnya dan nggak manis rasanya. Semua dimakan berbarengan….SIKAAAT…enak juga kok…!

Masih kurang……?

Saya punya beberapa teman yang juga cukup aneh selera makanannya. Waktu mahasiswa ada yang saking ngiritnya makan siomay pakai nasi….atau ada juga yang saya kenal suka makan indomie rebus pakai roti tawar.Kalau kita suka datang ke hajatan saudara atau teman juga biasanya makanan kan banyak macamnya, dan karena nggak mau rugi kalau nggak makan semuanya biasanya suka dicampur baur jadi satu, sop campur sate campur mie goreng campur sambel goreng ati campur ikan goreng asam manis campur cap cay….Bhinneka Tunggal Ika…Indonesia sekali! Itu belum termasuk makanan-makanan yang ada di stand-stand.

Kalau saya punya versi kreasi saya sendiri. Ini merupakan favorit saya dari kecil, nasi goreng kornet pakai telor rebus, plus irisan nanas, dan yang paling penting buah pisang buat lalapannya …YAHUUDDD!!! Namanya Nasi Goreng ‘ala Qacrudé (nasi goreng yang rasanya kacrut banget enaknya).

Bagaimana dengan yang lain? Apa ada yang mau menyumbangkan saran campuran makanan favoritnya?

Yang mungkin perpaduan sempurna dari makanan-makanan khas Indonesia, soto babat campur gado-gado? atau sate ayam campur semur jengkol yang disiram dengan sirup markisa? atau lumpia dicocol pakai petis ditambah lelehan es krim medan? pokoknya dicampur aduk jadi satu yang akhirnyamenghasilkan petualangan cita rasa yang sangat dahsyat…DAHSYAT ANCURRRRNYA!!!