LAGI LAGI BOLA

14 07 2010

Perhelatan akbar sepakbola yang berjudul World Cup 2010 atau kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi Piala Dunia 2010 sudah selesai. Ada yang berbahagia, ada yang bersedih. Tapi yang pasti seluruh dunia ikut merayakannya. Ajang olahraga yang paling popular sedunia.

Yang namanya pertandingan sepakbola bisa dipastikan bakal  menciptakan keramaian. Seperti yang saya alami pada zaman dahulu kala ini. Sore itu halte Transjakarta Harmoni dipenuhi lautan manusia yang mengantri dan berjalan hilir mudik. Kemana tujuan mereka semua, jangan tanya saya. Saya nggak akan bisa menjawabnya. Saya bukan Tuhan.

Diantara kumpulan manusia itu yang lebih jelas tujuannya mungkin adalah sekelompok orang yang mempergunakan atribut oranye. Mereka adalah para pendukung kesebelasan Persija, yang lebih dikenal dengan sebutan Jakmania atau The Jak.

Jumlah anggota Jakmania yang mengisi halte mungkin hampir sepertiga dari manusia-manusia yang ada saat itu. Sebagian terlihat tertib mengantri di barisan yang semakin lama semakin panjang karena bis pengangkut tak kunjung datang. Sayangnya sikap tertib itu tidak diikuti sebagian kawan mereka yang lain. Beberapa oknum terlihat mendorong-dorong atau menyela dalam barisan. Tentu saja hal ini mengakibatkan kegaduhan. Saya yang kebetulan dibawa oleh Tuhan untuk berada di situ, termasuk ke dalam kaum yang ikut terdorong-dorong.

Di sebelah saya seorang laki-laki muda dan beberapa gadis muda ikut mengantri. Muka mereka terlihat masam, untung tidak ada ibu hamil, kan berabe kalau ibu hamil jadi ngidam sama muka mereka yang masam.

Si laki-laki tiba-tiba berkata: “ Ini apaan sih? Mau nonton bola aja sampe begini…mending yang ditonton MU (baca: em yu…akronim dari Manchester United klub sepakbola terkenal dari Inggris)gitu…lha ini Persija.”

Entah apa maksudnya , si laki-laki berkata begitu. Mungkin ingin mengambil hati gadis-gadis muda yang ada di sebelahnya. Andai saja dia menyadari betapa sulitnya mengambil hati mereka, sebab diperlukan alat bedah lengkap dan tentunya ijazah dokter spesialis…dengan begitu mungkin dia tidak akan berusaha mengambil hati mereka.

Mendengar perkataan itu, enatah mengapa saya jadi tersentil sesentil-sentilnya. Memangnya kalau pendukung MU, lantas boleh main dorong-dorongan seperti ini? Memangnya pendukung tim-tim besar sepakbola dibolehkan berbuat seenak udelnya sendiri? padahal belum terbukti juga udel mereka enak…

“Mas, begini ya. Jangan mentang-mentang pendukung tim terkenal lantas bisa berbuat semaunya. Pendukung siapapun itu, mau pendukung MU, pendukung Ariel, pendukung Pancasila, ataupun pendukung demokrasi, atau apalah kalau perilakunya semaunya sendiri, semena-mena, dan merugikan orang banyak tetap saja saya tidak akan tolerir. Tidak akan mendapat respek dari orang banyak, dan malah mungkin dicela.”

“Lagipula anda ini orang mana sih? Kok lebih membanggakan tim dari negara lain? Pasti kalau ada pertandingan sepakbola Persija VS MU, anda bakal mendukung MU habis-habisan. Mana nasionalisme-mu? “

Ingin saya berkata begitu di depan mukanya supaya dia tidak asal ngomong saja. Ah, tapi sayang sekali saya terpaksa menelan lagi kata-kata itu. Rasanya tidak pantas saya mengeluarkannya, karena…

Karena…

Karena hari itu saya pakai baju dengan logo MU di dada kiri. Setan Merah di dadaku…(kemana kau garuda?)

Makanya jangan percaya sama saya….musyrik itu namanya, percaya ya sama Tuhan dong!


Aksi

Information

68 responses

14 07 2010
kawanlama95

Benar percaya sama Allah. Aku pendukung persikabo .beberapa tahun yang lalu akusering mengamati dari latihanya pemainnya hingga angaran Persikabo .sampe aku sering lihat pertandingannya bila Persikabo menjadi Tuan Rumah.

setelah beberapa bulan ngamati, dan menonton pertandinganya. aku heran kalo maen kok seri mulu serinya kacamata lagi.hingga akhirnya aku bosan sendiri

14 07 2010
geRrilyawan

hehehe..udah berhenti jadi fans persikabo? persikabo kehilangan salah satu fans-nya dong ini..

14 07 2010
SATAN

Lha situ nda pernah mau saya ajak beli kaos yg ada gambar garuda di dadanya sih..

14 07 2010
geRrilyawan

lah..kan udah ada. dari situ juga to…

14 07 2010
rumahsehatafiat

hmm , dukung kesebelasan negri sendiri.tapi yang ada pendukungnya banyak juga yangterprovokasi karena emosi sesaat.

14 07 2010
geRrilyawan

yang kita tiru dari sepakbola luar emang rusuhnya aja…

14 07 2010
frozzy

akhirnya….update juga…
eh pertamax yah..huhuy…..

14 07 2010
frozzy

berarti yang dada kiri namanya setan merah, kalo dada kanan namanya apa yos ?

14 07 2010
geRrilyawan

sori nu…lo cuma dapet minyak tanah😀
yang kanan namanya kembarannya setan merah…

14 07 2010
macangadungan

puji tuhannnn… akhirnya dia apdet blog juga!
ambil di kantor gue aja yos, gak perlu pake ongkir. gimane?

14 07 2010
macangadungan

ngomong2
pilihan yang bagus
serius

14 07 2010
geRrilyawan

oh begitu ya? bisa…bisa…kapan?

14 07 2010
macangadungan

besok? jam makan siang? kantor gue deket rumah susun yg ada superindonya. di deretan la bistro.

14 07 2010
geRrilyawan

beneran bagus? woke deh…yo wis, besok…gw kontak lagi deh lo besok…

14 07 2010
macangadungan

iya, itu kumpulan cerpen. klo menurut gue sih bagus. gue suka.

15 07 2010
macangadungan

jadi ke kantor gue gak hari ini? pesenan lo udah gue bawa. atau mau dibawa hr minggu. kita ada kopdaran sama zulhaq. ikut?

14 07 2010
bOnkzs

saya pilih AREMA..haha

15 07 2010
geRrilyawan

boleh-boleh saja…kera ngalam yo😀

14 07 2010
suklowor

Aku suka kata-kata ini “Andai saja dia menyadari betapa sulitnya mengambil hati mereka, sebab diperlukan alat bedah lengkap dan tentunya ijazah dokter spesialis…” (sindiran yang mantabbbb). wekekeke………….

Yang lain suka juga kok🙂

15 07 2010
geRrilyawan

lha kalo nggak begitu bisa kena apsal percobaan pembunuhan to bos klowor hehehe…

14 07 2010
septarius

..
Jangan-jangan mas yg itu pendukung Persib..
Sampek mampus, mana mau dukung persija..
..
Hidup barca..!!
Hidup espana..!!!
..
Duh garudaku terbang kemana ya..
Hi..hi..
..
Nice post Kawan..😉
..
-AtA-
..

15 07 2010
geRrilyawan

iya kali ya….
mudah2an garudanya hinggap lagi deh ata…
suwun bos..

14 07 2010
ais ariani

“Lagipula anda ini orang mana sih? Kok lebih membanggakan tim dari negara lain? Pasti kalau ada pertandingan sepakbola Persija VS MU, anda bakal mendukung MU habis-habisan. Mana nasionalisme-mu? “

gila… saya udah mau angkat jempol ajah, kirain berani ngomong gitu beneran, eh ternyataaa….

halah halah…

15 07 2010
geRrilyawan

hahaha…iya. malu-maluin ya…tapi kalo ngomong beneran bisa kena kick balik..malu juga hahaha…

14 07 2010
nh18

OOT …
Om Gerrrrryyyyyy … kemana aja … ?
udah cuma mau teriak begitu aja …
hehehe

salam saya

15 07 2010
geRrilyawan

hehehe…kemarin bertapa dulu om trainer…
nyari wangsit…

salam juga dari saya

15 07 2010
tuannico Liebert

waaa!
om yoso kembaLi!
pasti cuti nikah ya? hayo ngaku! *haLah

saya ga fanatik dengan sepakboLa. tapi saya suka persib, tapi cuma pernah nonton pertandingannya satu kaLi di tv pas stadion siLiwangi rusuh dan ada bakar bakarnya. saya suka persib karena suka bandung saja. haha

kapan ya indonesia bisa ikut di worLdcup? pengen ngerasain nih keseruan dan keramain di stadion. masa’ saya dukungnya inggris korseL jepang meLuLu. *apasih

udah ah. semoga caLon bayi nya Lahir dengan sehat ya om. uhuk

16 07 2010
geRrilyawan

hahaha ngasal lo…

emang kalo indonesia masuk world cup elo bakal nonton langsung, ntar kalo tandingnya di luar piye? kan pake ongkos…

calon bayi dari hongkong ahahaha…

15 07 2010
warm

baru nyadar kalo sampeyan jago nggambar😀

dan soal bola,
final piala dunia berakhir, tontonan bola pun tidup pulas pula
saya masih nunggu laga Barito Putera di divisi utama Ligina heheh

cuma bisa jadi suporter karbitan, maklum ga ngerti sepakbola:mrgreen:

16 07 2010
geRrilyawan

saya juga gak ngerti bola bang…nonton aja deh hehehe…

15 07 2010
Gandi Wibowo

Eh…. Gw gak salah masuk Blog kan? Ini bener gerrilya.wordpress.com kan? Kok tulisannya beda ama beberapa bulan yang lalu? OH… udah update toh.

ANW bener… susah mengambil hati wanita, apa lagi kalo dia make jirah baja **XENA kali**

Seperti biasa.. ringan tapi berbobot… Garuda tetap didadaku, tapi pssi gak ada di layar kacaku :”>

16 07 2010
geRrilyawan

asssemmm…
ya jirah bajanya dicopot dulu dong…
pengurus PSSI-nya lagi “studi banding” dulu…jadi di tipi gak ada pertandingan PSSI..

15 07 2010
cita

Wakakakakakaka……….
Kak gerrilya bener2 menjebak, kirain ngebahas world cup…tauknya jakmania
Kirain bener2 nasionalis sejati, tauknya pake bajunya em-yu…..
Ada-ada aja dech aaah…….

16 07 2010
geRrilyawan

kok menjebak sih cit..emang pemburu😀

15 07 2010
SATAN

eh..iya ya..kok saya lupa? yg mana ya?

situ harus ngikut jd fansnya MAHESA JENAR lho..awas klo nggak :p

16 07 2010
geRrilyawan

ndak ah…dah ndak ada tugiyo maradona-nya semarang…

15 07 2010
unique FONT

world cup tahun ini sangat berarti bagi saya.
pertama, ini world cup yg pertama kali sy tonton bersama istri tercinta.
kedua, seluruh dunia tiba2 percaya pada hal2 klenik spt ramalan ^^!
ketiga, lebih seru karena ada juara baru, yup the Matador!

well that’s all. salam kenal mas!

16 07 2010
geRrilyawan

salam kenal..

wah jadi world cup ter-romantis nih hehehe…

15 07 2010
mawi wijna

saya ndak mau liat sepakbola nasional sebelum pengurus PSSI dirombak total

16 07 2010
geRrilyawan

wah ini dia…siapa yang sanggup merombak nih?

15 07 2010
newbiedika

Om gerr ..
Kmana aja?
Bru apdet skarang?

Klo mw hibernasi kasih tau aku dulu dnk?
Jadi aku kan gag ribet nyari ..
Hehe ^^

16 07 2010
geRrilyawan

hehehe abis bertapa dika…

nyarinya kan gampang, di sini kan ada…

15 07 2010
onabunga

jiahaha….turun juga dari gunung pertapaan. bagi-bagi wangsitnya lah Mase….

hmmm, ndak masalah Mase. karna garudanya mang sedang terbang, mencari-cari masihkah ada tempat untuknya di negeri ini…hiks……..

16 07 2010
geRrilyawan

wangsitnya sudah saya sikat pake mie ayam..

kasihan ya garudanya, terbang terus muter-muter. kalo bensinnya habis piye itu?

15 07 2010
omiyan

hehehehehehehe ngebayangin mukanya mau ngebantah tapia da yg nempel tuh dibadan hahahaha

16 07 2010
geRrilyawan

hehehe…terpaksa nelen ludah deh om..

15 07 2010
yoan

huahahaahaa… om yoso asyeeemmm…

situ pinter banget deh ngelawaknya, om, belajar di mana sih? *ngakak guling-guling sambil berdiri*

16 07 2010
geRrilyawan

hehehe emange srimulat…wong saya serius kok. gak asik nih yoan, aku kan udah nahan ketawa waktu baca postinganmu…

15 07 2010
nakjaDimande

Bundo lagi nonton para fans mengerubuti Ilya
yang sekian lama menghilang
**klo om Nh panggil Gerry, bundo skrg panggilnya Ilya aja
😛

16 07 2010
geRrilyawan

hehehe…ilya. lucu juga bundo. tapi jadi kaya nama perempuan hehehe…

15 07 2010
kyaine

selamat datang kembali ke dunia narablog mas yos…
semoga ide2nya kembali menggelinding seperti bola… bukan seperti dorongan para jakmania MU-mania😀

16 07 2010
geRrilyawan

matur nuwun sanget gus…
amiiiin…

16 07 2010
KangBoed

RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

16 07 2010
geRrilyawan

salam hangat kang boed….
i love you fullllllll…

16 07 2010
Vinna

diapdet juga akhirnyaaa.. *macam gw sering apdet blog ajah*😛

16 07 2010
geRrilyawan

tau lo ah…rapatnya diberesin dulu yang bener tuh…keputusannya apaaa?😀

16 07 2010
An

Mungkin maksud orang itu gini,
kalo MU kan mainnya bagus. Jadi pantas didukung habis-habisan sama supporter…
***
Kalo rame aja sih wajar menurut saya. Yang nggak bener itu sampe supporter ngamuk di tengah jalan trus bikin ricuh,
haduuuh..

16 07 2010
geRrilyawan

kalo dalam sepakbola sih biasanya ada unsur ikatan bathin yang kuat untuk mendukung sebuah tim…kadang di luar pertimbangan bagusnya permainan atau tidak. ya asal jangan rusuh aja…

16 07 2010
Juminten

errr… ending nya itu. menggemaskan! huakakakak…😄
emang kebanyakan orang begitu, sih…
pokoknya yg gak apa2 itu ya yg seperti dia. yg ga seperti dia ya ga boleh.
padahal yaaa… belum tentu jg dia yg bener. hihihi…

btw, kemana aja sih mas? kok jarang nongol di blog?😀

16 07 2010
geRrilyawan

menggemaskan? macem pipi bayi gitu???😀
emang kadang gitu nil, banyak pihak yang suka memonopoli kebenaran, memaksakan kebenaran versinya untuk diterima orang lain. Manusia mau ngalahin Tuhan…manusia membunuh Tuhan…(kok jadi berat gini ya???)

kemana ya? paling kerja, makan, minum, tidur, mandi buang air, jalan-jalan, dll…hehehe….

18 07 2010
KandangTips

bola memang golAAAAAAAAAA!11111111!!

25 07 2010
nh18

OOT …
Gerry …
Kompas Minggu, 25 July 2010 …
halaman 17 … Halaman Trend dan Komunitas …

Gerry ada di sana nggak ? di foto itu ?
🙂

salam saya

26 07 2010
geRrilyawan

wah…om trainer betul hehehe…saya ada di foto itu. baris depan (jongkok) kedua dari kanan…kanan dari sudut pandang pembaca lho hehehe…

salam saya..😀

29 07 2010
Ayam Cinta

Untung bukan pake kaos City😀

Yah untungnya saya ga percaya situ atau si paul gurita yang lebih enak digoreng ituh… Hehehehehe

3 08 2010
yudha

silaturahmi blogg kang . . hehe . blz ia

13 10 2010
zulhaq

Untung gw gak suka bola.

Iya, gw percaya Tuhan. Bahkan sama diri sendiri aja kadang gak percaya #random

24 01 2011
istipatronum

mau mampir bentar… baless yya…..

15 10 2011
akatsuci

hehe, keren, gambarnya lucu :p

Tinggalkan Balasan

