IBSN: MERAYAKAN HIDUP

22 04 2009

Senin tanggal 20 April kemarin adalah hari dilahirkannya saya di dunia ini. Setelah menyetujui draft kontrak dalam kehidupan dan teken kontrak dengan Sang Pencipta, sayapun dibrojolkan 30 tahun yang lalu.

Biasanya sebuah perayaan akan dilakukan untuk memperingati atau sebagai penanda sebuah kejadian, termasuk kelahiran atau kita biasa sebut sebagai ulang tahun. Hari lahir kota Jakarta, hari kemerdekaan, hari ulang tahun pernikahan adalah beberapa contoh lainnya. Dan biasanya pula sebuah perayaan akan ditandai dengan acara pesta, baik yang skalanya besar-besaran sampai yang kecil-kecilan.

“Ayolah, setahun sekali ini…!” begitu kira-kira ungkapan yang sering keluar, sehingga paling tidak tiap orang merayakan sesuatu setahun sekali…yaitu ulang tahunnya. Sesuatu yang harus “ditandai” dan diberi makna (belum termasuk perayaan hari-hari besar nasional atau agama).

Saya sendiri bukan orang yang biasa merayakan sesuatu, apapun itu, apalagi dengan skala yang besar-besaran. Kalau skala kecil-kecilan yah…masih pernah kadang-kadang, itu juga kecil sekali. Dan yang masih sering muncul adalah pertanyaan, apa sih yang sebenarnya saya rayakan. Apakah saya merayakan lahirnya saya ke dunia? Apakah saya merayakan keberhasilan mencapai sebuah fase waktu tertentu dalam hidup saya? Apakah saya merayakan pencapaian saya selama hidup? Atau….atau…..merayakan hidup itu sendiri?

Yang pasti dalam ulang tahun saya tidak ada lilin yang ditiup, tidak ada acara potong kue, tidak perlu ada kata-kata sambutan. Yang saya sangat bersuka cita dan berterima kasih adalah ucapan-ucapan selamat yang ditujukan ke saya, mulai dari yang serius sampai ke yang konyol. Itu menjadi doa buat saya. Sebuah perayaan kecil dalam hati saja.

Hingga sehari setelah ulang tahun saya, ada sebuah sms masuk ke hp saya:

Sebuah sms yang di-forward oleh Bunda Lina tentang telah berpulangnya seorang blogger sahabat, adik, kakak, atau bahkan anak kita semua Sassie Kirana pada hari Senin 20 April dinihari, setelah bergelut sekian lama dengan penyakit yang dideritanya.

Saya pribadi tidak terlalu mengenal Sassie kecuali dari blog dan tulisan-tulisan di dalamnya, tapi kabar ini sempat membuat saya tercenung beberapa saat. Sementara di satu sisi saya sedang merayakan hidup, ternyata di sisi lain justru ada seseorang yang catatan perjalanan hidupnya sudah harus berakhir. Dia yang masih begitu muda. Seharusnya masih panjang perjalanan yang harus ditempuhnya. Masih banyak hal-hal yang harus dicapai dalam hidupnya.

Saya buka lagi blog http://sachzqirana.wordpress.com. Memberikan ucapan belasungkawa di tulisan terakhirnya. Saya membaca lagi beberapa tulisan Sassie yang terdahulu. Penuh ungkapan perasaan jiwa. Kebanyakan menampilkan keceriaan khas anak muda yang sarat energi. Meskipun sebagian ada pula yang menampilkan kondisi jiwa saat dia berada di titik terendah hidupnya, namun semua dihadirkan sekaligus bersama semangat untuk bangkit dan kebesaran hati untuk menerima dan menjalani hidup.

Saya salah. Usia tidak bisa dijadikan ukuran pencapaian hidup seseorang. Tidak bisa juga dijadikan patokan tingkat kedewasaan seseorang. Di usia yang masih begitu muda, pencapaian hidup dan tingkat kedewasaan Sassie mungkin lebih tinggi dari saya yang lebih tua.

Saya baru sadar, Sassie memberikan pelajaran berharga untuk saya, bahkan mungkin kita semua tentang bagaimana sesungguhnya merayakan hidup. Hidup tidaklah harus dirayakan dengan hingar bingar sehingga kadang kehilangan makna dan ke-puitis-annya. Hidup dirayakan dengan laku sunyi, ritual khusuk yaitu menjalani hidup itu sendiri dengan segenap daya, ketabahan hati, dan semangat.

Hidup juga tidak dirayakan setahun sekali, enam bulan sekali, atau sebulan sekali. Kita harus merayakan hidup setiap hari, setiap saat. Sejak kita mulai terjaga dan membuka mata dari tidur lelap kita. Dimulai dengan bersyukur bahwa kita masih bisa menikmati hidup, kemudian menjalaninya dengan kekuatan terbesar yang kita miliki. Dan yang pasti memberinya makna untuk kita sendiri atau mungkin orang lain. Sampai saatnya kita harus menyerah kepada takdir. Ah…menyerah mungkin bukan kata yang tepat. Menyerah berarti menghadapi takdir dengan kepala tertunduk, rasa kalah, dan penyesalan yang dalam. Mungkin lebih tepat “berdamai” dengan takdir. Jadi kita menghadapinya dengan kepala tegak, hati yang menerima dengan tulus, serta jabat tangan dan pelukan hangat.

lilin

Itulah yang saya lihat dari tulisan-tulisan Sassie. Setiap saat adalah perayaan akan hidup. Dengan menyalakan sebatang lilin dalam dirinya. Lilin itu tidak akan pernah ditiup atau habis, namun justru semakin terang nyalanya memancarkan daya hidup yang kuat. Memberikan cahaya bagi orang-orang di sekitarnya, sampai masing-masing mampu menyalakan lilinnya sendiri. Menerangi masing-masing diri dan mungkin orang lain.

Dan cahaya itu tidak akan pernah padam…agar kita bisa belajar dan mengambil terangnya. Saya juga akan belajar dari itu.

Jadi teringat kata Maximus dalam film Gladiator: “What we do in life echoes in eternity…

Selamat Jalan sahabat…(maaf baru sebentar saya mengenalmu…)


Aksi

Information

44 responses

22 04 2009
Agung Mojosari

Salah satu sahabat dan orang baik kini telah berpulang…
namun semangat dan inspirasi nya akan hidup sampai kapan pun..
Selamat Jalan Sie… we all love you…

22 04 2009
hmcahyo

kita pada berduka… selamat jalan Sie..

22 04 2009
aden kejawen

Selamat jalan sahabat……tenanglah kau disana

22 04 2009
M. Surya Iksanudin

Semoga Engkau diterima di Sisi-Nya…..

salamat jalan Sasie

22 04 2009
yoan

hummm,,,
setuju om…
kita merayakan hidup setiap hari…
dan karena itulah saya menghikmati proses bernapas…

*lagiwarasdangakpengenbunuhdiritapimasihteteptakutanjingdanlakilaki*

22 04 2009
zefka

Salam kenal… met ultah ya.. ditunggu kiriman kue atau makanannya🙂
renungan yg “dalam” di hari ulang tahun.

22 04 2009
lovelynonny

Pertama2 ijinkan aku ngucapin SELAMAT ULANG TAHUN… setelah bertahun2 (selepas SD) kita kehilangan kontak🙂 Semoga panjang usia, murah rejeki, sehat slalu.. dan sukses dalam sgala hal.
Bener banget tuh.. harusnya perayaan ultah itu ga perlu2 banget.. biar kita sendiri yang merenungi perjalanan hidup kita.. sudah seperti apa dan akan seperti apa nantinya. Dan banyak pelajaran berharga yg bisa kita ambil dari pngalaman orang lain.. Jujur, dari tulisan2mu, aku juga banyak dapat plajaran2 hidup🙂 juga dari blog Sassie yang pernah saya baca..
Selamat Jalan Sassie, Semoga Allah memberikan tempat yg layak disisiNYA.. Amin.

23 04 2009
Rindu

I love you Sassie … I do love you😦

http://rinduku.wordpress.com/2009/04/21/selamat-jalan-sassie/

23 04 2009
muhamaze

begitu mendalam aku turut belasungkawa atas meninggalnya teman blogger kita, semoga mendapat tempat yang layak di sisi-NYA. Dan apapun yang terjadi itu semoga bisa menjadi renungan kita dalam memaknai hidup ini..

23 04 2009
newbiedika

selamat jalan………….

23 04 2009
bocahbancar

Selamat Ulang Tahun Mas…
Semoga tambah Jaya OK..

Sudah lama nich saya tidak ke sini…..

23 04 2009
Billy Koesoemadinata

hidup ga cuman harus dirayakan, tapi juga dinikmati dan dirasakan.. karena ketika hidup dirayakan, terkadang lupa kapan harus berhenti..

dan,, mengenai sassie,, mudah2an dia tenang dan diberi kelancaran di alam baka oleh Tuhan Yang Maha Esa

23 04 2009
radesya

Met ultah kak..
Semua kehidupan sudah ada yang mengaturnya kak, kita tinggal menjalaninya

selamat jalan kak Sie, kini kulihat engkau tersenyum bahagia disana..

23 04 2009
Aulia

Innalillah..
Turut berduka cita,dimana mana saya mendengar namanya,dimana mana dia ada,dimana dimana banyak yang kehilangannya,tapi saya yakin dia bahagia disana dengan lantunan doa dari banyak orang yang mencintainya..
Selamat jalan sassie..
Kau memang menginspirasi..

23 04 2009
giyzt

saya mungkin satu satunya blogger yg memasang link ISBN tapi tidak pernah sempat mengunjungi dan silaturahmi ke blogger ISBN yg lain karena kesibukan yang memang bertumpuk..disela sela jam istirahat saya ,saya buka dashboard wp dan membaca sebuah top post wp dan menyempatkan membaca sebuah tulisan diblog nya sassi yang baru saya tahu hari ini…
pertama dalam sejarah hidup saya sebagai laki2 yang tulen dan tidak cengeng ..saya sempat terenyuh dan hampir meneteskan air mata membaca tulisan tulisa almarhum..
kesedihan dan kebahagiaan setiap seseorang selalu berbeda.dan diberikan oleh Tuhan dengan cara yang berbeda..

23 04 2009
Itik Bali

Saya belum pernah kenal Sassie mas
Tapi postingan mas Gerrilya membuat saya seperti telah mengenal dia bertahun2
selamat jalan Sassie
semoga engkau tenang di sisiNya

23 04 2009
Dedhy Kasamuddin

Assalamu ‘alaikum mas, demi menjalin silaturahmi sesama Blogger marilah kita saling bertukar link, gimana mas?? Salam kenal yah dari Dedhy Kasamuddin😀

23 04 2009
omiyan

sukses selalu bro diusia yang dah nginjak 30 mungkin saatnya kita memperhatikan kesehatan dan faktor lainnya terutama mungkin ibadah kita yang wajib diperbaiki karena kita tidak tahu kapan akan meninggalkan dunia fana ini

turut berduka cita juga buat sahabat kita semua sassie

23 04 2009
ria manies

ISBN itu apa tooo sebenarnyaaa….. saya sering menemuiii di postingan temen2 yang lainnn

23 04 2009
suklowor

sebelum baca, kasih kabar baik dulu ah….

kabar baiknya adalah hari ini saya liat di Dasbor WP blog anda masuk 5 besar blog dengan pertumbuhan tercepat.. selamat ya mas….

23 04 2009
suklowor

Ehm… tidak akan ada kesenangan kalau tidak ada pembandingnya berupa kesedihan… begitu juga sebaliknya… hidup kita sudah diatur… pokoknya “manut sing nge-cet lombok* (ikut yang mewarnai cabe) pasti hidup kita akan lebih bahagia… kadang kita nggak bahagia karena ketidak mampuan kita mengalahkan egoisme kita sendiri….

untuk sassie : selamat jalan semoga mendapat tempat sempurna di sisi -Nya.. amin..

23 04 2009
kezedot

blue tentu saja ikut berduka sahabat

salam hangat dalam persahabatan bersama blue dan kezedot

24 04 2009
geRrilyawan

>Agung Mojosari
inspirasi akan tetap hidup…

>hmcahyo
kita semua berduka kang…tapi harus ada saatnya untuk bangkit lagi. seperti semangatnya sassie.

>aden kejawen
iya mas…semoga sie damai disana. amin.

>M. Surya Iksanudin
Amin ya Robbal ‘alamin…

>yoan
kita memang kadang melupakan keajaiban dan nikmat yang kita punya yo…

(kok takut anjing dan laki-laki…ini nyama-nyamain laki-laki sama anjing ya? wah..wah..wah :mrgreen )

>zefka
terima kasih…iya nih, peristiwa ini bikin saya merenung, apalagi pas ulang tahun saya.

>lovelynonny
makasih bu…semoga kita bisa sama-sama belajar di sini.

>Rindu
Ungkapan sayang ade untuk seorang sahabat…
kirimkan doa ya untuknya…

>muhamaze
kita semua sama-sama berduka…
semoga sie diberi tempat yang damai di sisi-Nya. amin.

>newbiedika
semoga damai di sisi-Nya…

>bocahbancar
terima kasih ya…

>Billy Koesoemadinata
setuju dan maksud saya pada tulisan di atas merayakan hidup yang sejati memang termasuk menikmati hidup, menjalaninya dengan tabah dan hati yang menerima dengan tulus…jadi bukan merayakan dengan hingar bingar.

Amin. mari kita sama-sama berdoa.

>radesya
makasih ya ra…
sepertinya penglihatan kamu benar ra…

>Aulia
Insya Allah…Amin.
dan kita bisa belajar banyak dari kehidupan sie…

>giyzt
IBSN mas…bukan ISBN🙂
kita bisa belajar banyak dari tulisan-tulisannya sassie. kadang ada kesedihan tapi juga ada semangat untuk bangkit dan hidup…itu yang penting kayanya ya mas.

>Itik Bali
blognya kan masih ada yu…jadi prasasti untuk mengenal pribadi sie meskipun orangnya sudah nggak ada.
Amin…

>Dedhy Kasamuddin
Wa’alaikumsalam…salam kenal juga mas.
boleh silakan…

>omiyan
iya…terima kasih. banyak memang yang harus saya perbaiki. mudah-mudahan bisa jadi lebih baik.

sama-sama berdoa untuk sie om…

>ria manies
yang betul IBSN bukan ISBN…
IBSN = Indonesian Beautiful Sharing Network
bisa dilihat langsung disini

>suklowor
oiya bener…hehehe…wah kok bisa ya mas…
makasih…makasih kabarnya🙂

iya betul mas klowor…jangan lupa berserah diri.
Amin…semoga sie damai di sisi-Nya.

>kezedot
kita semua berduka ya kan blue…
salam hangat selalu…jangan lupa berdoa untuk sie (kau kan salah satu sahabat terbaiknya)🙂

24 04 2009
ciwir

dengan berulang tahun maka,
ingatlah jatah umurmu wis berkurang setahun…

turut berduka cita atas meninggalnya Sassie…

24 04 2009
carra

met ultah mas🙂

ada yang pergi dan ada juga yang datang… yang pergi berarti telah datang ke tempat laen… dan tempat itu membahagiakan… jadi udah selayaknya kita ikut berbahagia bersamanya karena dia udah menemukan tempat yang lebih baik untuknya…🙂

24 04 2009
Didien®

saya setuju bahwa perayaan tertentu tidak harus dg berpesta ato aplg berfoya-foya,,tp dg mensyukuri dan lebih mendekatkan pada yang Kuasa bahwa kita masih ada waktu utk menjalani….
Sassie..??? kita semua sangat kehilangan dia, sosok wanita muda yg kuat, penuh semangat, dan selalu memberikan inspirasi dalam tulisan²nya.
slamat jalan sassie… doa² kita selalu terpanjat mengiringi tidur panjangmu…amin

24 04 2009
kezedot

dan blue akan merayakan kehidupan ini setiap detik

pa cabar?

salam hangat dalam pesahabatan bersama blue dan kezdot

24 04 2009
han han

Turut Berduka cita untuk sahabatku Sassie kirana…

24 04 2009
emfajar

semoga dengan bertambahnya umur kita bisa meningkatkan lagi potensi yang ada pada diri kita..

*turut berduka cita atas berpulangnya sahabat kita sassie..

25 04 2009
1nd1r4

Happy belated b’day, semoga bisa memaknai hidup ini dengan baik disisa nafas yang Allah berikan. Amiin🙂

25 04 2009
MNXZone

Hahaha..Bener mas, mending ga usah dirayain, bersyukur udah cukup..
Semakin umur bertambah, semakin mendekati kematian (bener gag?? Hehe)

25 04 2009
tuannico Liebert

ah iya om..

hidup harus di rayakan dan di syukuri setiap hari..

bikin sayah sadar.. bahwa “bunuhdiri” yang seding mampir di pikiran sayah..
sangat tidak perLu..
harus nya sayah bersyukur memiLiki kehidupan.. waLau hanya seperti ini..

masih kaget om dengar berita nya..

seLamat uLangtahun juga ya om..

26 04 2009
Harsa

slamat ulang tahun ya…maaf terlambat banget ucapinnya…. panjang rezeki, panjang sehat, panjang amal untuk kedepannya..🙂 mendapatkan ridho dan berkahNya selalu…amin🙂

26 04 2009
masnoe®

selamat jalan buat sasi semoga amal ibadahnya diterima di sisi tuhan yamaha kuasa. . . Amiin

27 04 2009
ria manies

update dunkkk😉

28 04 2009
HumorBendol

Selamat Ultah Bang..ditunggu makan-2nya.

Selamat Jalan Sassie..
Sayang banget Bendol belom sempat berkenalan denganmu
Semoga Allah menerima amal ibadahnya.
Amin

29 04 2009
masnoe®

selamat ualang tahun mas tapi kontraknya sudah dikurangi

turut berduka cita dan semoga keluarga dan sahabat yang ditinggalkan mendapat ketaban atas kepergian sasie untuk selamanya

29 04 2009
ichanx

selamat ulang taun mas…. turut berduka cita juga buat keluarga yang ditinggalkan sassie

29 04 2009
Mahendra

Met Ulang Tahun Sobat… Better late than never…

Saya tak sempat mengenal Sassie…
Beruntung jejaknya masih bisa saya telusuri…

30 04 2009
geRrilyawan

>ciwir
ya betul bos…
nggak bisa minta tambah lagi ya…

sama-sama…

>carra
makasih ya mbak…
betul, saya setuju…

>Didien
setuju mas…
berdoa juga untuk sie.

>kezedot
iya…blue sih selalu ceria dan positif dengan hidup ya blue…
semoga.

>han han
sama-sama mas…

>emfajar
teima kasih. amin.
kita sama-sama berduka…

>1nd1r4
makasih ya in…Insya Allah. Amin.

>MNXZone
bersyukur dan berserah diri…oiya plus usaha🙂

>tuannico Liebert
wah iya tuh…janganlah pake bunuh diri segala…

makasih ya…

>Harsa
makasih….Insya Allah. Amiiin.

>masnoe
Insya Allah mas….Amin.
makasih mas…

>ria manies
hehehe…iya nih. bentar lagi deh🙂

>HumorBendol
makasih buat denmas bendol…

kita sama-sama berdoa ya…

>ichanx
makasih bos…

saya juga turut berduka.

>Mahendra
makasih ya mas…

tulisan-tulisannya kan jadi prasasti, betul jejaknya masih bisa ditelusuri.

7 05 2009
kezedot

mari kita merayakan hidup malam ini bersama hembusan sapaannya blue OK
salam hangat dalam dimensinya blue

9 05 2009
ekaria27

Walopun sedikit telat…
SELAMAT ULANG TAHUN
sesungguhnya kedewasaan tidak diukur dari usia namun dari seberapa besar tanggung jawab yang telah diambilnya.

11 05 2009
neng fey

sedih euy..
btw selamat ulangtahun ya mas, semoga tambah sukses

9 06 2009
daPHIInci

LOVE sassie🙂
and im sure she will be happily di surga-Nya ..
amiinn🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: