PAHLAWAN OH…PAHLAWAN…!!!

11 11 2008

pahlawan

Meskipun sudah lewat, tapi kayaknya momen ini harus saya rayakan juga. Gegap gempitanya sih kalah sama berita eksekusi Amrozi, Imam Samudera, dan Ali Ghufron, tapi masa sih kita nggak sedikitpun ngeh sama hari pahlawan…

10 November pagi, tepat hari pahlawan kemarin waktu saya terbangun, saya sempat berpikir. Apakah saya sudah berguna bagi orang lain, mendedikasikan semua yang saya mampu lakukan untuk kepentingan banyak orang….dan jawabnya BELUM!

Langsung saya berencana memakai kostum ketat saya, topeng penutup wajah, dan jubah untuk berpatroli di jalanan memberantas kejahatan apapun yang saya lihat dan membantu orang yang membutuhkan…tapi akhirnya rencana itu saya batalkan daripada saya kena pasal UU Pornografi dan Pornoaksi karena pakai baju ketat di jalanan, kan malah berabe…..

Akhirnya saya berpikir (Cuma bisa berpikir saja…)dari sekian banyak jenis pahlawan misalnya: pahlawan tanpa tanda jasa, pahlawan kemerdekaan, pahlawan revolusi, pahlawan reformasi, pahlawan super, pahlawan bertopeng, pahlawan tak dikenal de el el…saya mau jadi pahlawan seperti apa ya?….Bingung….

Tapi yang pasti ada jenis-jenis pahlawan yang tidak akan saya tiru atau dijadikan idola, yaitu

Pahlawan Kesiangan, yaitu pahlawan yang datengnya telat misalnya hari gini baru mau menggalang dana untuk korban bencana letusan gunung Krakatau…..yaelahhhh…udah telat 125 tahun bung! Dipastikan korbannya sudah meninggal semua, bukan karena luka-luka kena lumpur panas, lahar atau ketiban batu….tapi karena TUA!

Pahlawan Ingin Dikenal, yaitu pahlawan yang setelah atau bahkan sebelum melakukan kebajikan langsung bikin pengumuman atau konferensi pers atau iklan….lagi banyak nih sekarang yang kayak gini hehehe…….(sebagai bentuk keprihatinan saya akan kondisi di sini

Pahlawan Maksa, yaitu pahlawan yang datang di saat yang nggak tepat dan sebenarnya tidak dibutuhkan misalnya liat nenek-nenek berdiri celingukan di pinggir jalan yang ramai, langsung dengan kecepatan kilat kita seberangin ke seberang jalan (kalo di seberanin ya ke seberang lah….), tiba-tiba si nenek bilang dengan nada pasrah…..”dik, saya tadi lagi nunggu angkot kok malah diseberangin…..???” lhaaaaa……

Saya jadi sadar untuk jadi pahlawan mungkin kita nggak harus punya kekuatan kaya orang-orang di film seri HEROES, atau pakai kostum ketat dan jubah gentayangan di atas gedung, atau harus berperang nembakin musuh sebanyak-banyaknya. Mungkin cuma sekedar jadi tempat sampah kalau teman kita curhat, atau membuat orang tua kita bahagia, atau sekedar memberi tempat duduk ke ibu-ibu hamil di kendaraan umum, atau sekedar memberi 1000 perak untuk seorang pengemis, dan atau sekedar-atau sekedar lainnya.

…..sekedar…..mungkin hanya “sekedar” artinya buat kita, tapi mungkin besar buat orang lain.

Dan mungkin jangan berniat sama sekali jadi pahlawan…saya kira para pahlawan sejati itu nggak ada sama sekali yang berniat jadi pahlawan atau terbersit di pikiran mereka biar dikenang sebagai pahlawan, tidak ada yang mengharapka akan mendapat medali bintang tanda jasa dan piagam penghargaan. Label pahlawan itu bukan kita sendiri yang menciptakan dan menempelkannya di diri kita. Jadi saya pikir kita cuma harus berbuat baik sajalah kepada orang lain dalam hidup…..dan apakah kita akan dikenang sebagai pahlawan? Nggak usah terlalu dipusingin saya kira…..

“SELAMAT HARI PAHLAWAN!”


Aksi

Information

35 responses

12 11 2008
Odie

ane ingat cuplikan di TV om, seorang pahlawan, sambil menangis, berpesan kepada serulurh rakyat Indonesia, baik itu Pejabat, pekerja, ibu rumah tangga, dan orang awam…
gini pesannya “Tolong, hargai jerih payah kami, perjuangan kami, jangan hancurkan lagi negara ini, kami berkorban demi Indonesia, tanpa meminta imbalan apapun!!!”

12 11 2008
warmorning

Saya bukan pahlawan dan tidak mau jadi ‘pahlawan’

12 11 2008
Pakacil

saya kira para pahlawan sejati itu nggak ada sama sekali yang berniat jadi pahlawan

Cak Nur pun pada 98 lalu mengatakan, bahwa menjadi pahlawan bukanlah sebuah cita-cita.
saya sepakat kalau kita memang berbuat saja, tak usah mikir yg macam-macam. berbuat baik saja kadang sudah susah (-bagi saya), kok ya malah ditambah pusing dgn pikiran yg macam² …

12 11 2008
redesya

Bukan diri kita yang menganggab sebagai pahlawan, tapi orang lain yg menilai apakah perbuatan kita pantas di sebut pahlawan.

Menyelamatkan nyawa orang lain juga pantas disebut pahlawan..

13 11 2008
easy

keluarga, orang-orang terdekat yang mencintai aku dan melimpahkanku kasih sayang adalah pahlawan buatku…

13 11 2008
1nd1r4

Pahlawan kan hanya sebutannya, kalau saja kita sudah bisa mengurus diri sendiri dengan baik, bertanggungjawab pada diri sendiri….mari melangkah sedikit ke samping…orang2 terdekat kita….tak perlu dipikirkan apa yg kita dapat dengan peduli pada sekitar….yang peting do something for a better world….dikenang atau nggak…ga masalah….

13 11 2008
mikekono

setuju mas…..menjadi Pahlawan
tak perlu diniatkan, apalagi direkayasa
yang penting mari berbuat sesuatu
yg bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga,
dan masyarakat

13 11 2008
nanzzzcy

Ssttt.. jangan bilang siapa2 ya mas..
sebenernya aku jg pahlawan nih, karna aku adalah POWER RANGERS PINK hahahaha..

Mari kita berantas kejahatan bersama-sama..😀

13 11 2008
PRABHAM WULUNG

saya maunya paha bu wawan. biar ibu2 tapi cantik lho

13 11 2008
Muhammad Surya Ikhsanudin

Wach kok yang ketiga, kok gak tanya dulu ya ma neneknya mau nyebrang apa gimana kek biar gak kasihan tuch si nenek

Salam hangat dari Gubug Mayaku, Biar gak lupa dengan Gubug Maya nich

13 11 2008
alex©

Nyentil euyy tulisannya:mrgreen:

Coba kalo ini saya print dan bisa saya tempelkan ke jidat pahlawan2 baru di panggung kehormatan hari pahlawan kemarin ya?😀

13 11 2008
Farrel

MErdeka. Selamat Hari Pahlawan….
http://ekomadjid.wordpress.com

13 11 2008
geRrilyawan

>Odie
wah die..itu lucu betulan…..kok gak malu yahhh….?

>warmorning
walah…kalo buat saya sih bang warmorning ini tetap jadi pahlawan….pahlawan rajin posting🙂

>Pakacil
Betul…saya juga berbuat baik aja susahnya minta ampun….bisa berbuat baik aja itu sebuah hal yang extraordinary….walah pake bahasa inggeris segala…

>redesya
tapi kadang kita perlu jadi pahlawan untuk diri kita sendiri lho…

>easy
sip…setuju sama easy. kita hidup tuh bersama pahlawan2 hidup kita lho….

>1nd1r4
setuju juga sama 1nd1r4. berubuat baik terutama di lingkungan sekitar kita dulu…

>mikekono
bahasa iklannya…..just do it! tul nggak bang?

>nanzzzcy
lho nancy itu Ranger Pink….saya Ranger Putih. Kita kalo ketemu helmnya gak pernah dibuka sih ya…jadi nggak tau hehehe………mari!

>PRABHAM WULUNG
wah…bu wawan sapa bham? itu bukannya incerannya pak erte….jangan sampe pak wawan baca nih….

>Muhammad Surya Ikhsanudin
Ho oh itu….asal banget tanpa ba bi bu…..Gubug Maya? masa lupa….

>alex
paling mereka juga nggak merasa kesinggung…..mungkin udah terlalu tebal……mukanya🙂

>Farrel
Merdeka. Selamat hari pahlawan juga bung Eko…

14 11 2008
endonezya

salam kenal bung…. kalo saya minimal jadi pahlawan buat anak bini aja dulu deh….. tapi kadang2 juga jadi pahlawan kesiangan, telat ngasih uang belanja…..

14 11 2008
suwung

jadi ingen godlobnya danarto
anaknya dibunuh di medan perang biar jadi pahlawan

14 11 2008
Indah Sitepu

saya belum jadi pahlawan untuk siapa2

14 11 2008
geRrilyawan

>endonezya
hehehe…seklai2 telat nggak apa2 bung….ya lingkungan sekitar kita dulu…
salam kenal juga…makasih sudah mampir perdana.

>suwung
wah saya belum baca tuh…nanti baca ah…
makasih sudah mampir perdana…

>Indah Sitepu
Nggak apa apa…jadi pahlawan untuk diri sendiri aja….malah kadang terlupakan…🙂

14 11 2008
departa

SElamat Hari Pahlawan,Semoga Kita takkan lupa Jasa dan perjuangan Mereka Untuk Kita dan Bangsa INI, Merdeka😀

15 11 2008
paluhlimbuy

Pahlawan buat diri sendiri aja belum mampu…
Masih berantakan hidup ane mas…
Gimana caranya yach ? nyusun susunan hidup yg terencana … lho kok kesini arahnya …

15 11 2008
khofia

memang bener sih, penilaian bahwa kita adalah pahlawan itu datangnya dari orang lain. tapi, setidaknya saya sadar kalo saya masih belum bisa jadi pahlawan buat diri saya sendiri T_T, trus gimana saya bisa jadi pahlawan buat orang lain?

15 11 2008
wennyaulia

wew,,bagus tulisannya🙂

bener juga, kita musti jadi orang yang berguna…ya dengan cara jadi pahlawan kecil2an gitu:mrgreen:
*walopun saya sadar, badan saya ndak kecil😆

15 11 2008
geRrilyawan

>departa
semoga bung….semoga…

>paluhlimbuy
wah itu saya juga belom fasih hehehe…masih suka asal2an…

>khofia
justru kadang saking pengennya jadi pahlawan buat orang lain, diri sendiri terlupakan…

>wennyaulia
makasih…kecil2an? asal orang lain terbantu ya ndak apa apa…
ndak kecil berarti besar….ya ndak apa apa🙂

15 11 2008
Pakde

Logis dan realita sekali ya…memang iya sih, ada yang kesiangan ada yang maksa ada yang ingin dikenal, ya inilah manusia, di meskipun batu di rubah jadi emas, hati manusia tak pernah merasa puas. Biarlah gelar datau julukan itu mengalir sendiri tanpa harus kita kejar2. Capek

Btw Thanks sudah berkunjung.

15 11 2008
mohammad yusuf

ada pahlawan bertopeng gak? ::mrgreen:

15 11 2008
Kaka

sulit mencari pahlawan sesungguhnya di era sekarang
http://asephd.co.cc

15 11 2008
duniafannie

ehehm.
aku tadi ketawa ngakak baca postingannya abang.
tapi berhubung yg laen kasih komentarnya serius, aku jd pasang tampang serius.
ini udah serius belum, bang?😆

nice posting!
selamat hari pahlawan!!!

Kalo pahlawanku, adalah orang2 disekitarku. yang selalu menyayangiku tanpa diminta.
ihihihihi…

ditunggu postingan berikutnya, bang ..

15 11 2008
afwan auliyar

semoga kita bisa jadi pahlawan🙂

15 11 2008
geRrilyawan

>Pakde
Iya pakde…manusia ya begitu itu…terima kasih juga atas kunjungan perdananya🙂

>mohammad yusuf
ada bos….saya, tapi topengnya topeng monyet🙂 terima kasih atas kunjungan perdananya…

>Kaka
Betul kang asep…tapi ngak usah dicari juga, nanti muncul sendiri🙂 terima kasih atas kunjungan perdananya…

>duniafannie
hahaha…lumayan serius fan…selamat juga.
betul itu…orang sekitar kita itu adalah pahlawan yang sering kita abaikan lho…

>afwan auliyar
saya mah…nggak usah deh jadi pahlawan…nggak bakat🙂 terima kasih untuk kunjungan perdananya.

16 11 2008
FaNZ

saya pahlawan bagi diri sendiri aja

16 11 2008
ayuniqz

cuma numpang berterima kasih aja utk loe yg mau menyampaikan beberapa pesan utk nonny & membaca email gw yg berisi keluhan2 tak berguna🙂 Selamat hari pahlawan, Yos! (walo telat :P)

17 11 2008
ruanghati

hi…. gerilya …
salam kenal yah ..blognya keren .. aku add link yah …

thanks dah mampir ke blog aku …

17 11 2008
geRrilyawan

>FaNZ
itu juga penting…jangan lupa🙂

>ayuniqz
alah…sama sama…nggak apa apa yu…belom baca keluhan gw kan…?
selamat juga!

>ruanghati
salam hangat dari geRrilyawan untuk ruanghati…
kalo berkenan mampirlah lagi…🙂

17 11 2008
nana

hehee..
met hari pahlawannn
gambarnya lucu banget

18 11 2008
geRrilyawan

>nana
selamet juga nana…makasih udah mampir…🙂

9 11 2011
tee are

gan ane copy gambarnya yaa.. tp ane edit dikit..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: