ALI TOPAN ANAK JALANAN [TRILOGI ORANG MUDA VOL.1]

28 10 2009

Saya yakin semua tahu tanggal 28 Oktober adalah Hari Sumpah Pemuda. Dimana pada waktu itu, tahun 1928, para pemuda Indonesia mengukuhkan sebuah semangat yang terucap dalam sebuah sumpah untuk melebur sebagai bangsa yang satu, rela berkorban untuk tanah air yang satu, dan menjunjung bahasa yang satu….semuanya dengan satu kata di belakangnya, Indonesia.

Peran pemuda dalam perjalanan negeri ini memang tidak bisa dipungkiri lagi. Kesadaran bangsa Indonesia untuk bangkit melawan penjajahan muncul dari kaum muda, bahkan kemerdekaan kita juga dipelopori kaum muda. Indonesia sudah seharusnya berbangga kepada kaum mudanya.

Kita mungkin sudah banyak mengenal tokoh-tokoh muda yang menginspirasi bangsa ini misalnya Cipto Mangunkusumo, Suwardi Suryaningrat alias Ki Hajar Dewantoro, Soekarno, Moh. Hatta, Soe Hok Gie dll. Di sini saya justru mau cerita tentang tokoh-tokoh muda yang lain, yang namanya nggak pernah masuk dalam buku sejarah Indonesia tapi masih dikenang, bahkan mungkin selalu hidup dalam perjalanan bangsa ini. Mereka adalah tokoh-tokoh muda yang lahir dari imajinasi sesuai dengan kondisi zaman pada sat itu, inilah salah satu dari mereka mereka:

Ali Topan Anak Jalanan


ali topan

di-scan dengan semena-mena dari cover novel terbitan vision, 2005. ilustrasi oleh komikus kebanggan indonesia, Jan Mintaraga

Ini dia karakter favorit saya, apalagi ceritanya sama-sama bersekolah di daerah Bulungan, Jakarta Selatan. Terkenal dengan julukan “Ali Topan Anak Jalanan” , Mewakili generasi anak muda 70an, Ali Topan digambarkan sebagai  anak yang berandalan, urakan, berantakan, tapi keren, cerdas dan punya prinsip. Idola kawula muda lah pokoknya. Sosoknya merupakan wujud pemberontakan terhadap tatanan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat saat itu, dimana orang yang berkedudukan dan punya kekuasaan dianggap selalu lebih baik, lebih benar dibandingkan orang dari kalangan bawah. Suatu masa dimana adanya sistem kelas terasa begitu kental di masyarakat. Suatu masa yang terlalu didominasi oleh generasi tua.  Generasi tua yang dianggap terlalu banyak mengekang dan mencekoki anak muda dengan doktrin tentang mana yang baik dan mana yang buruk, tapi tidak bisa memberi contoh yang semestinya.

Hal ini bisa dilihat dari kondisi keluarga Ali Topan sendiri yang sebetulnya termasuk keluarga berada, namun sayangnya berantakan. Ayah dan Ibunya terlalu sibuk sehingga tidak pernah mengurusi anak-anaknya. Yang paling parah, ayah dan ibunya saling berselingkuh satu sama lain, istilahnya ayahnya jadi Om Senang, ibunya jadi Tante Girang (istilahnya jadul sekali hehehe…). Kebobrokan moral kedua orang tuanya ini disaksikan sendiri oleh Ali Topan.Bahkan teman-temannya juga mengetahui hal ini. Satu-satunya tempat Ali Topan untuk mengadu dan memperoleh kasih sayang Ali Topan adalah Mbok Yem, pembantu setia keluarganya, yang justru lebih memperhatikan Ali Topan layaknya seorang ibu kepada anaknya.

Ali Topan yang merupakan produk broken home kemudian tumbuh menjadi remaja berandalan yang senang kebut-kebutan, namun dibalik itu dia punya prinsip yang kuat tentang mana yang baik, mana yang buruk. Selain itu juga otaknya cemerlang, sebab meskipun ditampilkan sebagai anak sekolah yang sering membolos namun nilai-nilainya merupakan yang terbaik di sekolah. Keberandalannya hanya merupakan wujud kejengahannya terhadap sistem nilai dan moral yang saat itu dianggapnya brengsek, baik itu sistem yang berlaku di rumah, di sekolah, maupun di masyarakat.

Tokoh Ali Topan diciptakan oleh Teguh Esha seorang jurnalis, muncul pertama kali dalam cerita bersambung di majalah STOP pada tahun 1972. Kemudian difilmkan dengan pemeran utama Junaedi Salat dan Yati Octavia, dan pada tahun 1977 film tersebut dibuat dalam bentuk novel berjudul Ali Topan Anak Jalanan: Kesandung Cinta. Film dan novel ini selain menceritakan tentang persahabatan juga menceritakan kisah cinta Ali Topan dengan seorang gadis bernama Anna Karenina.  Kedua anak muda ini melakukan perlawanan karena kisah cintanya mendapat tentangan dari orang tua Anna Karenina. Sampai ada acara Ali Topan dan Anna Karenina kabur dari rumah….wah pokoknya endingnya dramatis banget deh…

Pada tahun 1978, muncul film kedua Ali Topan namun dengan pemeran yang berbeda. Film ini kemudian juga dibuat novel dengan judul Ali Topan Detektif Partikelir (Ali Topan Wartawan Jalanan) mengisahkan perjuangan Ali Topan untuk hidup mandiri di jalanan setelah pergi dari rumah karena tidak tahan melihat perilaku orang tuanya. Di sini bisa terlihat keberpihakan Ali Topan terhadap kalangan bawah dan orang-orang tertindas, apalagi sekarang dia harus bertahan hidup, menjadi bagian dari mereka. Hal ini menyebabkan pergaulan Ali Topan menjadi  luas mulai dari polisi, anak kuliahan, gelandangan, pengamen, sampai mantan penjahat.

Sayangnya kisah cintanya dengan Anna Karenina yang harus berakhir pahit. Kerasnya hidup dan cobaan yang dihadapi malah membukakan jalan untuk Ali Topan menemukan jalan hidupnya yang sejati. Juga cinta yang baru…

Tokoh Ali Topan ini saya prediksi cocok sekali untuk memegang jabatan sebagai Jaksa Agung, ketua Komnas HAM, atau ketua KPK.Kurang pas di jajaran eksekutif karena gayanya terlalu slengean dan kalau bicara tanpa tedeng aling-aling, tapi bisa jadi oposisi yang baik (asal bicaranya juga ditata). Pokoknya yang membutuhkan kepedulian, determinasi tinggi, dan tindakan konkrit…Ali Topan bisa diandalkan.

Anak Jalanan

Vocal: Chrisye, Pencipta: Guruh Soekarno Putra

anak jalanan kumbang metropolitan
selalu dalam kesepian
anak jalanan korban kemunafikan
selalu kesepian di keramaian

tiada tempat untuk mengadu
tempat mencurahkan isi kalbu
cinta kasih dari ayah dan ibu
hanyalah peri yang palsu

anak perawan kembang metropolitan
selalu resah dalam penantian
anak perawan korban keadaan
selalu menanti dalam keresahan

tiada restu untuk bertemu
restu menjalin hidup bersatu
kasih sayang dari ayah dan bunda
hanyalah adab semata

anak gedongan lambang metropolitan
menuntut hidup alam kedamaian
anak gedongan korban kesibukan
hidup gelisah dalam keramaian

tiada waktu untuk bertemu
waktu berkasihan dan mengadu
karena orang tua metropolitan
hanyalah budak kesibukan ..


nantikan “trilogi orang muda vol.2″…


Aksi

Information

55 responses

28 10 2009
yoan

nantikan ‘trilogi orang muda vol.2’…
hihi… macam iklan di tipi aja, om…

humm.. ali topan ini secara gaya hampir sama ama lupus ya, om? cuek2 nyebelin ngangenin gitu. tapi perbedaan ideologinya jauuuhh agaknya…
nah, beda lagi kalo ali topan dijejerin ama si mas boi. ini sih dari tampilan luar juga udah keliatan bedanya, sampe ke dalem2nya juga…

*sotoy MODE ON*

*kaburbaliklagikalovol.2udahterbit*

28 10 2009
isnuansa

Wealah, saya belom dibuat waktu itu. Denger namanya sih, tapi baru tahu ceritanya sekarang. Jadi, cerita keluarga broken home rupanya bukan saja dominasi cerita sinetron masa kini, yang Papa Kerja Mama Arisan. Hmmm…

28 10 2009
Mawi Wijna

Wah jadi penasaran ni membaca Novelnya. Target selanjutnya untuk dicari di kios-kios buku terdekat.😀

28 10 2009
nakjaDimande

om jan mintaraga.. hehhe jadi ingat komik sejarah di majalah ananda. Bundo ga pernah baca dan nonton Ali Topan, hebbat deh om yoso masih sempat nonton film lama.. pasti minjem koleksi punya bapaknya om yoso ya..?🙂

29 10 2009
storykoe

ali topan, wah ini novel jadul tapi jadi icon pada masanya..

29 10 2009
Love4Live

hahahaha…
jadi inget jaman muda…
halaaaahhh…

29 10 2009
bluethunderheart

film ama novelnya tetap blue suka banget…
salam hangat selalu

29 10 2009
itempoeti

yang main filmnya kalau gak salah namanya Junaedi Salat…
hihihihihi… tuwir bangeeeetttt…

29 10 2009
geRrilyawan

>yoan
iyo ki…yoan sok tau😀 wis tau moco novele durung?
kalo nybelin tapi ngangenin itu berarti aku…hehehe…

>isnuansa
saya juga belum dibuat jeng…hampir tepatnya😀
broken home sih udah ada dari dulu, justru yang patut dicontoh sesama anak broken home adalah penyikapan ali topan terhadap kondisinya itu.

>Mawi Wijna
mudah2an masih ada novelnya, kalo nggak ada cari di buku bekas/loak…

>nakjaDimande
walah…majalah ananda tuh zaman saya kecil bundo (masih ada nggak ya sekarang? kayanya nggak ya…), ada komik sejarahnya jan mintaraga toh…baru tau🙂
wah…nggak ada koleksinya bundo, dulu pernah ditayangkan di salah satu stasiun TV, kalau nyari bentuk vcd, dvd nggak ada kayaknya…cuma waktu kecil saya sering diceritain tentang ali topan sama orang tua hahaha…malah waktu bayi pernah dikasih julukan ali topan, soalnya kalo sakit biar sembuh malah dibawa jalan-jalan…anak jalanan hehehe…

>storykoe
iya jadi icon banget…karakternya kuat sih.

>Love4Live
hehehe…apa sekarang udah tua?

>bluethunderheart
wah berarti kita sama blue…🙂
salam hangat…

>itempoeti
masih beraktivitas jam sgini bos? iya junaedi salat…sekarang kalo nggak salah udah jadi pendeta hehehe…ali topan sadar🙂
dan kabarnya mau diproduksi ulang film ini…bintangnya lagi di casting.

29 10 2009
Aribicara

Apa ini juga inspirasi dari film Ali topan anak jalanan yg dulu pernah ditayangkan dio salah satu Tv swasta ? anaknya berandal tapi cerdasnya bukan main🙂

salam🙂

29 10 2009
ciwir

ali topan kuwi emang melegenda…
sing menginspirasi geng motor opo yaw?😀

29 10 2009
septarius

Ane Taunya ali topan ntu Ari sihasale, pas banget tuh gondrong trus badannya gede, naik harley B-)
Keren bgt dah..

29 10 2009
nh18

Ini novel wajib …
Bacaan kudu …
anak-anak lapan puluhan …

apa lagi dilingkungan sekolah kita Ger …

Hehehe

Salam saya Gerry …

29 10 2009
Itik Bali

Hmm..aku pernah lihat film nya di TV
jadul banget mas…tapi keren

29 10 2009
tuyi

Memang tokoh Ali Topan, banyak mengilhami generasi muda saat itu..
Bagus ceritanya…

29 10 2009
Vinna

klo dgr nama ali topan, yg gw bayangin lngsung mukanya si ale sihasale..

29 10 2009
wi3nd

iyah sama ma vinna jadi in9et aLe..🙂

29 10 2009
HumorBendol

Pernah denger judul itu. Tapi baru tau jalan ceritanya..
hehe…tokoh Ali Topan diprediksi cocok menjadi Ketua KPK?
ada-2 aja bang…🙂

29 10 2009
fadhilatul muharram

lo punya novelnya, bang? gw pinjem dunk.😀

29 10 2009
siwi

Yang kebayang pertama kali waktu denger ali topan adalah monyet yang dipundaknya.
Eh itu si buta dari goa hantu ding hihi..😀

29 10 2009
trendy

sotoysop ternyata!
wkekekekekekek!

udah lama nggak nonton filmnya!
nggak syuting lagi ya mas!
wkekekekek!

kaburr!

30 10 2009
quinie

selamat hari sumpah pemuda ^^.
mampir berkunjung setelah ketemu makan nasi kotak sisa PB bareng zia, vina, nunu & gandhi

30 10 2009
indra1082

saya suka gambarnya…😀

30 10 2009
indra java

kurang gondrong tuh, ditunggu vol. selanjutnya🙂

30 10 2009
-GoenRock-

Eh, Partikelir itu artinya apa ya?

30 10 2009
D3pd

waduh, anaknya topan muncul disini,hehehe, pernah sempet ditawari jadi topan ma orang yang tak dikenal, tapi gitu ga ada kelanjutannya..!

30 10 2009
Juminten

enggg….. om, itu Ali Topan keluar ceritanya waktu aku umur berapa?
*pasang tampang anak TK*

30 10 2009
Sawali Tuhusetya

saya juga suka banget nih sosok anak muda seperti ali topan. pemberani, suka cuek, tak suka protokoler, tapi jujur dan anti penjilat. sosok seperti ini memang cocok utk memburu para koruptor, mas gerilya. tapi, ada tidak sih tokoh di negeri ini yang sama karakternya dg si ali topan, hehe …

30 10 2009
hmcahyo

lama gak kesini😀

30 10 2009
nh18

Gerry …
Om datang lagi …
Cuma mau pamer tulisan saya tentang Lagu Anak Jalanan …
disini …

http://theordinarytrainer.wordpress.com/2009/10/13/classic-chrisye/

maap numpang ya …
hehehe

30 10 2009
and1k

ali topan the legend

lam knl

31 10 2009
radesya

Yang pake moge itu ya kak?

Menantikan seri berikutnya🙂

31 10 2009
guskar

ali topan mmg lebih membumi di kehidupan pemuda indonesia. saat sma dulu ada seorang teman yg ingin bergaya macam ali topan, naik motor trail rambut gondrong dng buku dilipat masuk saku celana belakang. kami bukannya menjuluki ali topan anak jalanan, tapi ali topan anak kampungan..🙂
ali topan kemudian tergantikan oleh si boy (di filmnya diperankan oleh Onky Alexander dlm lakon catatan si boy). lagi2 pemuda2 kampung saya ikut2n gayanya..tetapi selalu saja tetap wagu.. nggak pas..
jarang yg bergaya intelektual macam tokoh muda jaman pergerakan seperti sukarno, hatta, sjahrir, atau adam malik..

31 10 2009
Nafi' Abdul Hakim

wah..
gk tahu aku Mas mau komen apa..??
gk pernh tahu tentang cerita tu..
apa ya..
gk tahu ah aku…
heheheheheheheh..
semangat aja semua pemuda pemudi indonesia,,,
aku pindah blog mas..
liat ya….

31 10 2009
suklowor

“Aku akan selalu sabar menanti mas” *njiplak tulisan di truck tadi pagi* hehe

1 11 2009
Gandi Wibowo

Wakakakak ternyata Gw baca postingan ini tapi blom Komen toh… **Abis nyari2 nama di deretan komentator ternyata gak ada :p

Sumpah blom pernah baca novelnya, sumpah blom pernah nonton filmnya (Kecuali yg serial Tv si Ari sihasale), sumpah Gw pemuda 90an…. Sumpah.. deh.. pemuda 90an…. Sumpah Pemuda 90an..

1 11 2009
geRrilyawan

>Aribicara
kayanya sih iya…setelah dibuat film, tahun 90an dibuat versi sinetron (film TV) yang diperankan Ari Sihasale. memang karakternya seperti itu: berandalan, tapi sekaligus juga cerdas🙂

salam

>ciwir
hehehe…mungkin bos. terinspirasi perilaku ugal-ugalane thok…eh tapi gank motor yo ono sing positif kok😀

>septarius
emang orang banyak lebih tau sama si ari sihasale terutama yang muda-muda…🙂
harusnya kurang cocok pake moge tuh, soalnya image moge bukan buat kebut-kebutan…padahal ali topan senengnya kebut-kebutan.

>nh18
wah…ini dia dedengkot “anakjalanan” yang masih hafal style-style anak jalananan zaman dulu…ya nggak om? hehehe…

lingkungan sekolah kita emang “ajang gaul” waktu itu ya om…😀
salam saya om trainer.

>Itik Bali
wooo…jelas keren. kok anak muda ada yang bilang keren ya…hahaha jarang lho🙂

>tuyi
termasuk kang tuyi😀 situ anak muda jaman itu bukan?

>Vinna
walaaah…ari sihasale jadi ngetop gara-gara ali topan ya….ah dasar kau anak 90an😀

>wi3nd
lho kok ikut2an sih wiend? hehehe…

>HumorBendol
silakan dicari novelnya bos bendol…menarik lho. sekarang memang lagi dicari sosok ali topan ini untuk mengisi jabatan di KPK yang lagi kosong dan terobrak-abrik..

>fadhilatul muharram
ada dong…ambil sendiri nih dhil…😀 nggak bayar kok… kasitau aja.

>siwi
lho kok si buta? bukannya tarzan hehehe…kalo itu ada postingan sendiri lagi. coba liat beberapa postingan saya yang dulu…

>trendy
walah…ya nggak sotoysop lah, sotoy aja hahahaha…
udah nggak syuting lagi…ali topan demam panggung sekarang.

>quinie
halo ratu..ketemu lagi. apakah dikau mencret-mencret habis makan nasi kotak. diriku iya hahahaha…dehidrasi langsung.

>indra1082
saya juga…yang gambar adalah komikus ternama indonesia yaitu bapak Jan Mintaraga bos..

>indra java
aslinya emang segitu bos…kalo lebih gondrong lagi nanti jadi wiro sableng😀

>-goenrock-
partikelir itu artinya swasta kal nggak salah goen…atau usaha sendiri, bukan pegawai negeri. jadi detektif partikelir ya detektif swasta.

>D3pd
haaa..ditawari? ditawari main filmnya? emang katanya lagi casting untuk remake film ini..situ ikutan? seru dooong…

>Juminten
yiaaa…belum lahir kamu nil…lha wong saya aja belom lahir. itu generasinya abang/om kita😀

>Sawali Tuhusetya
belom ketemu aja Pak Sawali…masih bertapa di suatu tempat atau belum cukup umur. suatu saat ketika sudah saatnya, sosoknya akan mewujud.dan muncul di tengah-tengah kita untuk membela keadilan🙂

>hmcahyo
hehehe..iya nih kang HMC. lama ndak mampir…apa mentang2 saya nggak pernah nyuguhin ya?😀

>nh18
silakan Om…🙂
sudah baca juga kok saya…mudah-mudahan teman-teman yang lain berkenan mampir ke tempat om trainer..untuk sekedar menyanyiu bersama: “anak jalanan kumbang metropolitan…terett..terett..”

>and1k
the legend continues…kayanya bakal muncul lagi
salam kenal…🙂

>radesya
yang versi 90-an emang pake motor gede ra…tapi kalo yang dulu tumpangannya motor trail yang bisa ngebut dan suaranya cempreng itu…ngoeeeeenggg!!!

>guskar
wahahaha…ternyata teman-temannya guskar ini kena demam tren metropolitan ya. payah nih jakarta terlalu mendominasi…
kalo cuma masalah fashion sih gus…bergaya seperti siapa saja ya terserah, cuma kalau punya intelektualitas sekelas pemuda sukarno, hatta, syahrir,

1 11 2009
geRrilyawan

melanjutkan balas komen guskar yang terpotong…
kalau punya intelektualitas sekelas pemuda sukarno, hatta, syahrir, adam malik itu sebuah nilai tersendiri. dan memang jarang kayanya sekarang ya..

>Nafi’Abdul Hakim
hehehe..kalo nggak tau ya makanya sekarang diceritain pi…
lho kok pindah? tempat kemarin nggak enak?😀
sip deh…nanti berkunjung🙂

>suklowor
jadi engkau kan menunggu jandaku?😀

>Gandi Wibowo
hehehe…dah pikun kali lu😀
ah dasar kau anak 90-an…gw juga sih sebenernya anak 90-an, cuma nggak mau ngakuin. lebih nyaman jadi anak 80-an hahaha…

1 11 2009
Zulhaq

dulu demen banget nih ma filmnya. lagunya mpe hapal mati. eh, sekarang lagu itu jadi soundtrack gw selama di jkt. gw selalu sepi dalam keramaian, tak ada siapa2 kecuali pas ada acara kumpul hi hi hi…

hhmm, mari kita kibarkan semangat jiwa muda, mari kita toreh nama kaum muda setinggi2nya *casting ma celuritin penerbit yukzzz* hi hi hi hi

1 11 2009
geRrilyawan

> zulhaq
ini soundtrack lu ngegembel di jakarta ya zi…pantesan lu nongkrong2 mulu ya, kesepian ternyata. kasihan kali nasibmu nak…

casting? kalo itu jatah elu aja deh, tergantung cara lu ngebaek-baekin hedin…gw gak ikutan😀 kalo ke penerbit bolehlah….kita labrak tempatnya, kalo perlu bawa pasukan sekompi

3 11 2009
Eru

Wah kalo yang ini cuma pernah denger namanya Aja, belum lahir waktu itu😀

3 11 2009
SATAN!

eh cuy..buku ali topan gw masih di elu ga? dua2nya..

3 11 2009
geRrilyawan

>satan!
punya lu yang di gw cuma satu kale mack…yang wartawan jalanan. nyang satunya punya gw neh…yang covernya gw pajang…

6 11 2009
Eka Situmorang-Sir

Eh dapetin novelnya dimana bos?
Mau dunk gue

7 11 2009
geRrilyawan

>Eka Situmorang- Sir
nyari di toko buku kayanya udah nggak ada deh…nggak produksi lagi. nyarinya di barang loak kayanya…

8 11 2009
achoey

jadi inget
trus di plesetin buat ngejek teman
Ali Topan Anak Kolokan😀

10 11 2009
bri

selamatpagii om gerilyaa
apakabrnya sahabat?
dah lama gue gak berkunjung
maaf iaa jangan dipentung^^
om gerilya dan sahabat penggemar karyanya teguh esha juga?
klau ingin baca2 ada di redaksi kompas kolom oase^^
sampaii ratusan edisiiiii..gileee bener
__gue boleh tukeran link gak?semoga bisa bersahabat nantinya__

10 11 2009
bri

om gerilya si topan sama anna sebenernya gak tragis banget kok…
cuma pediiihnya pas mereka berdua lulus sekolah
yangsatu (si ali topan) harus menghadapi realitanya
dan yang satu (si anna) pergi ke luaar buat study…damn!
sedihnya mereka pas bercerita di kedai blok-m
apalagii sewaktu nyokapnya ali kecelakaan..damn!
realita…membara
__maaf terbawa suasana__
___selamat hari sumpah pemuda..SEMANGAT___

11 11 2009
Ria

blom pernah baca bukunya…jadi penasaran pengen beli…
filmny juga gak pernah gw tonton😀 *kuper banget gw yak*

tapi…gw suka sosok ali topan ini, cowok ganteng sedikit bandel tapi keren!!!

12 11 2009
geRrilyawan

>achoey
hahaha…anak kolokan. malu-maluin aja…udah gede masih kolokan.

>bri
wah..si bri penggemar juga ternyata. wah tragis itu bri…keputusan anna ke luar negeri sedikit banyak dipengaruhi keadaan kisah cinta mereka yang terlalu banyak cobaannya. intinya dia sudah terlalu lelah menghadapi semuanya.
waktu nyokapnya Ali kecelakaan itulah yang jadi titik balik Ali Topan jadi karakter yang lebih dewasa.

iya..jadi kebawa suasana😀

>Ria
nyarinya udah susah, ri. novelnya gak tau masih dicetak lagi apa nggak, cari di toko buku bekas kayanya. emang ni film bukan dari zaman kita kali…nyarinya juga susah. nonton di tivi dulu juga gara-gara kebeneran aja hehehe…

nah tu dia, karakternya agak mirip gw gitu deh hahahaha….(pasti gak percaya)

13 11 2009
lina

kilas baliknya saya mulai dari sini :

tokoh yang ini, saya ga terlalu kenal, tapi saya tau lagunya hehe, maklum saya 1972 saya baru lahir dan waktu filmnya tayang saya masih usia balita

Saya hapal sekali wajahnya Junaidi Shalat, dengan rambut gondrongnya
🙂

17 11 2009
prabham wulung

ini tulisan yg gue nantikan dari elu so… mantap… trilogynya mau sampe volume berapa? eh trilogy harus 3 ya? dibikin 5 dong so…

5 01 2010
bocipalz

huih….
mantap punya ulasannya…
trilogi yaa…
ali topan – si boy – lupus

tadinya gue ingin memproyeksikan diri gue dari gabungan tiga karakter tersebut.. tapi harus gue hapus sosok lupus – sudah bukan jamannya lagi (sma – pasca sma tanpa kelanjutannya)..

mantap bro!

http://bocipalz.wordpress.com/2009/12/31/ali-topan-dan-si-boy/

11 04 2011
choink

gan… minta link downloadnya donk… hehe
PM ya ke email ane… zero.nine.peer@gmail.com

16 09 2011
Galank'z E-dane

salut buat anda teguh esha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: