PENCEMARAN NAMA BAIK

12 06 2009

pencemaran

Wahai para blogador….pertama saya mau bilang maaf ya saya jarang jalan-jalan mengunjungi blog kalian yang blogus-blogus (bagus-bagus, menurut bahasa geRrilyawan). Dan saya juga sudah lama nggak posting sepertinya.

Pada mau tahu nggak kenapa?

Nggaaaaaaaaak….!!!

Lho kok enggak? Iya deh……..mau deh ya? Ya? Ya? Ya? Mau ya? Ayo dong….! Mau ya? Ya? Ya? Ya? Ayo lah…!!! Ya? Ya? Ya?

Iyaaaaaa….! iya…iya deh….!(nyerah…….maksa banget sih!)

Nah gitu dong…

Jadi begini saya jarang jalan-jalan blog dan belum bikin postingan baru ya soalnya…….sibuk!

Alah…cliché jawabannya!!! (ciiiiehhh….sok mrancissss!)

Yaah…ada alasan lain juga sih. Alasannya saya takut! Malu-maluin ya, udah gede kok penakut. Bukan takut apaan gitu setan atau apa. Takut nanti ada yang tersinggung karena tulisan-tulisan saya atau komentar-komentar saya. Saya takut nanti dituduh mencemarkan nama baik seseorang atau pihak lain, meskipun mungkin yang saya tulis jujur.

Sampai di sini sudah ada yang tersinggung? Kalau tidak, ya saya lanjut lagi…

Yah….maklum mengungkapkan perasaan atau memberi info tentang sesuatu hal belakangan ini agak berbahaya. Salah-salah malahan kena tuntut balik karena ada yang merasa tersinggung atau dirugikan. Seperti kasus emailnya mbak Prita Mulyasari VS R.S. Omni Internasional yang minggu kemarin lagi panas-panasnya (mungkin ada yang komentar kasusnya udah adem kok malah baru nulis soal itu……ya nggak apa-apa dong, biar nggak cepat dilupakan kayak beberapa kasus lain yang gampang hilang dari peredaran dan dilupakan orang. Lagian kan belum ada kejelasan juga dan masih terus berkembang). Mengeluarkan pendapat yang dilindungi hak asasi manusia kok malah bisa berbalik dituduh mencemarkan nama baik.

Kampanye dulu:

bebaskan-prita-mulyasari

Sampai sini sudah ada yang tersinggung tidak? Kalau tidak, ya saya mau lanjut lagi deh….

Saya kecewa sekali mendengar berita itu. Kecewa terhadap kebebasan mengungkapkan pendapat yang terbelenggu dan nggak jelas batasan-batasannya. Kecewa terhadap sistem hukum negara ini yang masih saja selalu menimbulkan tanda tanya besar. Kecewa terhadap etika-etika kedokteran. Kecewa terhadap perlindungan konsumen kita…dan lain-lain. . Kecewa terhadap kenyataan bahwa orang mengeluh, mengungkapkan perasaan,  kok bisa-bisanya malah dituntut balik mencemarkan nama baik.

Dan satu lagi…saya harus kecewa terhadap diri saya sendiri. Harus……? Ya…harus kecewa!

Kenapa? Karena mungkin seperti itu jugalah saya selama ini. Kalau ada seseorang yang membicarakan hal-hal buruk tentang saya, langsung saya cap mereka sebagai sok tahu, tukang cela, nggak tahu diri, si pahit lidah atau apalah…..apalagi kalau disebar ke orang lain wuahh…lengkap cap untuk mereka itu mulai dari pencemar nama baik, pengkhianat, pembunuh karakter, ahli fitnah,  dan seribu juta topan badai lainnya.

Tapi apa benar nama saya baik….? Atau mungkin kalau orang lain tahunya nama saya baik, itu hanya karena saya begitu pandainya menutupi lubang-lubang keburukan itu? Atau mungkin orang-orang yang tahu tidak mau membicarakan keburukan saya sehingga saya terlihat baik di mata orang lain? Belum ada yang membuka mata dunia terhadap keburukan saya.

Sampai sini ada yang tersinggung  nggak? Kalau nggak, saya lanjut lagi nih…..

Bagaimana kalau hal-hal buruk yang dibicarakan orang tentang saya itu benar? Mungkin saya memang tidak sebaik itu…tidak sebaik anggapan saya. Bahkan ketika keburukan itu sebesar debu pun…….bukan berarti keburukan itu tidak ada. Betul tidaaaak…?

Kecuali bila hal-hal buruk itu sama sekali tidak benar. Saya punya kuasa mutlak untuk men-cap itu sebagai fitnah, pembunuhan karakter, kampanye negatif terhadap diri saya. Selama ini kan tidak…segala hal-hal buruk tentang saya baik benar ataupun tidak yang diucapkan orang lain langsung saya mentahkan. Saya langsung bilang ke orang lain bahwa itu tidak benar, menutup mata sama sekali terhadap kenyataan sebenarnya. Tanpa melihat ke dalam diri saya sendiri, mungkin ada hal buruk yang saya lakukan tanpa saya sadari. Atau yang lebih parah malah tahu bahwa saya melakukan hal buruk tapi tidak mau mengakuinya.

Padahal kalau ada yang memuji, dan bilang kalau saya ini orangnya baik hati, tidak sombong, jagoan lagipula pintar (kok kaya si boy), ganteng, dermawan, rajin, pandai, pokoknya memenuhi semua Dasa Dharma Pramuka pasti saya terima mentah-mentah entah benar atau tidak (mungkin banyak tidaknya ya….hahahaha!). Nggak adil ya…..

Baiknya mau terima, buruknya nggak mau. Yah berarti mungkin saja nama saya nggak segitu baiknya. Jadi orang yang bilang saya baik itu justru mencemarkan “nama buruk” saya. Karena mungkin sejatinya nama saya memang buruk. Walah!

Sampai sini apa ada yang tersinggung? Iya? Wah…ya sudah deh saya tutup postingan ini! Tapi kalau tidak pun……ya sudah, saya tetap nggak lanjut lagi. Stop dulu sampai di sini. Saya mau cari…….CERMIN!



Aksi

Information

68 responses

12 06 2009
Gandi Wibowo

tes…tes… pertamax kah?

12 06 2009
Gandi Wibowo

Sekarang baru komennya😀
Ternyata bukan saya doang yg lagi males berkunjung kerumah orang….
Apalagi ninggalin jejak kayak Gini…

eh.. sampe sini gak ada yg tersinggung kan? ya udah saya lanjutkan.. hmm.. sampe sini ja deh, karena lebih cepat lebih baik, walaupun lebih lama lebih nikmat…. Arrgghh dasar Cilik….

12 06 2009
meea

numpang komen bung!😀
misalnya elu jadi pihak yg dicemarkan gimana? trus bisnis yg udah lo bangun ancur berantakan gara2 1 orang? hidup lo dan rekan2 lo jadi menderita karena dicerca banyak orang?

pastilah semua org ada cacatnya, cuman gak usah dibesar2in gitu loh. gw gak belain pihak itu kok, cuma lama2 kasian jg sama pihak tsb. ini jadi berlebihan gara2 reality show boong2an di berita2 TV. ada yang tersinggung?

btw blogmu blogus, hehehe…

12 06 2009
adiitya

Wah saya ndak ikutan memfitnah sampeyan deh mas..sampeyan memang ngganteng kok kecuali kalo sampeyan ndak terima dan ngerasa itu fitnah xixixixi
*ngelirik kanan kiri ..ngabuuurr*

12 06 2009
adiitya

Eh eh mbalik lagi… Kaki saya ketuker he he he…

12 06 2009
yoan

om… om..
saya berasa dijitak sama om…

*maunyaricerminjuga*

12 06 2009
tuyi

Prosesnya sekarang sudah jelas to’, mana yang yang benar dan mana yang bersalah…
Makanya jangan hanya main tangkap saja, klarifikasi dengan benar….
Saya juga mendukung kampanyenya, di facebook juga ada.
” Bebaskan Ibu Prita Mulyasari “

12 06 2009
dobleh yang malang

pagi bang!
wah blue kagak tersinggung lho bang. sumpah siap koq diberi apel,jambu sirak kalau blue bohong hehehe….
salam hangat selalu

12 06 2009
esha di birulangit

Oke mas..kita bercermin sama-sama…saling instropeksi dan saling mengingatkan….

12 06 2009
Vicky Laurentina

Wah, nohok nih tulisannya. Kayaknya kita emang sama-sama kudu belajar ngaca ya..

12 06 2009
ciput mardianto

pertama tentang pencemaran itu sendiri, adalah sesuatu hal yang tercampur dengan hal yang lain sehingga terjadi pencemaran, dalam artian saya hal yang didapat menjadi bersifat negatif.

Terlepas siapa yang benar – siapa yang salah, bagaimanapun pencemaran itu tidak baik!

12 06 2009
Eka Situmorang-Sir

Kamu itu kemana aja?
DItungguin lama gak muncul

Byk yang tersinggung tau ngeliat kamu itu ngumpet terus :p

anw soal nama baik, butuh bertahun2 untuk membangunnya namun cukup semenit saja untuk menghancurkannya🙂

12 06 2009
munyukmentel

Dengan kasus itu jadi ngeri ya kalo mo nulis uneg2..
Btw, blog ini kyknya jg takut dapet komen jelek yak krn pake acara moderasi komen sgala…hehehehe…

12 06 2009
antown

*sodorkan cermin

jangan takut sob. teruslah bersuara. teruslah berkarya. aku mendukungmu

12 06 2009
AeArc

wah, gambarnya itu loh yg bikin @!’?/%*.. he..

12 06 2009
samsul arifin

semoga untuk ke depannya HAM di negeri kita ini mendapat kedudukan yang terhormat.
masa cuma curhat via email dipenjara?
ini kan keterlaluan sekali, iya kan?

12 06 2009
suwung

ayo suarakan kebenaran
sori baru mampir lagi

12 06 2009
wijna

Kita emang musti merapikan landasan di telinga kita mas biar kritik-kritik yang terbang-melayang itu bisa mendarat dengan mulusss di telinga dan hati kita.

12 06 2009
Fadhilatul Muharram

wahahah… mau komen gambarnya ajah. KEREN!
lagi blogwalking nih…😉

13 06 2009
Bisnis Online

ehm ehm.. keren nih gambar ilustrasinya… gambar sendiri yach ?

13 06 2009
Rossa

BTW, menganggapi postingan anda di atas:
saya setuju dengan kata-kata anda..
“kata-kata yang mana?”

kita sebagai manusia ga ada yg sempurna. kalo di judge jelek, kita sering sakit hati dan ga terima.
padahal kalo di fikir-fikir, manusia aja ga ada yg sempurna, kok bisa bisa nya kita marah saat di kritik..?
*mikir*

13 06 2009
mascayo

pas kebeneran banget ..
hari ini saya beli cermin
katanya sih asli dari Korea .
*lah .. apa bedanya?!

13 06 2009
denologis

sudah jatuh, tertimpa tangga pula….😦

13 06 2009
accanoke

Apa kabar???
sekedar informasi,,, mau ngenalin blog barunya accan. kunjungi yah..

Accan

14 06 2009
bluethunderheart

met liburan ya
salam hangat selalu selalu

14 06 2009
keyno

Pencemaran nama baik itu kaya polusi suara.

Yang buat suara merasa gak keberatan, tapi yang dfenger suara merasa terusik. Jadinya yang ngedeger ngedumel sana ngedumel sini.

yang buat polusi gak ngerasa,,

nah trus,,,

jadii,,

selanjutnya,,,

gak ngerti😀

14 06 2009
Lukisan Minimalis

Eh om,,, klo ngiklan ,, cemarin nama baik juga gak😛

mau iklan nih,, siapa yg mau beli Lukisan Minimalis Murah Meriah Please Masuk ke http://hijauart.com

trengkyu om😛 sudi di pajang🙂

14 06 2009
tuannico Liebert

hha.. hidup ibu prita !

wah om, sayah juga seing tuh dicemarkan nama baik nya sama orang Lain,
contoh nya gini :
“oya tuh si tuannico yang tampan banget itu.. sayang yah keren keren gitu tapi jombLo”

haha. piss aw.

14 06 2009
Rusa Bawean™

hmmm
moga2 masalh ini segera selesai🙂

14 06 2009
suci

tapi Alhamdulillah prita ekarang udah bisa ketemu keluarganya lagi..

15 06 2009
ciwir

lha wong sudah tercmar kok nuduh pencemaran nama baik???

15 06 2009
Ria

wong yang nuduh juga gak ngerti UU TI gimna ya???
seharusnya blog, email dan surat pembaca di majalah elektronik bisa jadi sarana yang bagus untuk menyampaikan aspirasi konsumen tapi kok ini malah di jadikan hukum2an ya….aneh!

16 06 2009
adiitya

Mampir lagi mas..
Kalau sempat silahkan liat liat blog sy kembali..ada titipan..
– adit –

16 06 2009
afwan auliyar

saya tersinggung neh ..🙂
knp gak jalan2 lagi … hehehe😀

16 06 2009
nanzzzcy

oii..oiiii.. sadar oiiii…
kenapa lo gak ‘sembuh2’ juga ya😛
pa kabar nih, kpn ke smg?? gue mau minta oleh2 soalnya hehehe..

16 06 2009
hmcahyo

pencemaran….hii…he… kalo pencemaran sungai dan hutan.. gak ada yang bengung :

17 06 2009
nh18

Saya tersinggung sangat !

mengapa bukan saya yang komen pertama !

ini diskriminatif …
(lho ???)

17 06 2009
AeArc

kasian blognya mas, gak diupdate.. gabung paid review aja bos!

17 06 2009
suklowor

mas yuk ku temenin ke DeperindagKop.. ngurus AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) untuk nama njenegan dan nama saya juga…. hehe… biar nggak tercemar……..

18 06 2009
Irfan

emang aneh ya komandan. ngeluh dan ngritik kaya gitu aja mesti ditangkep! aneh.

18 06 2009
omiyan

nama baik belum tentu kelakuan baik …terus yang disebut kriteria nama baik apaan ya

18 06 2009
kucingkeren

ayo ngaca…….(gak lanjut komen..takutttttttt…)

18 06 2009
- S -

saya jadi takut komen juga..
nanti dilaporin gara2 pencemaran nama baek :-s

18 06 2009
wi3nd

bantuin nyari ceRmin🙂

yupz,dukun9 bu prItaa…

18 06 2009
KangBoed

hehehe.. nama baik nyang mana yaaaaaa.. bingung
Salam Sayang

18 06 2009
WANDI thok

Teyusken belgelilya mas. Jangan belhenti belkalya, apalagi ngapdet blogke nyang udeh bagus kek pemiliknya ini. Lanjutken. Tak belcelmin dulu yah😀

18 06 2009
newbiedika

gmn kabarnya om ger?

18 06 2009
muhamaze

tercemar biar tenar hahahaa….

19 06 2009
newbiedika

om geer.. katanya kan sibuk ..emang sibuk apa sh?? sibuk sekolah ?? sibuk kerja? ato sibuk ngurusin anak???

19 06 2009
etikush

gw sih suka ngegosip, ngomongin orang, apa itu juga pencemaran nama baik yach…
misalnya aja ada orang kentut di deket gw, pasti deh gw omongin ke orang2, walaupun mungkin tuh orang yang kentut uda berusaha dengan segenap jiwa untuk menahan kentutnya…

19 06 2009
guskar

yg nggak punya nama baik aja diusaha2kan spy tercemar..biar masuk tipi

19 06 2009
Indah Sitepu

lagi pada banyak yang sensi…..

aslinya udah cemar tapi merasa dicemari.. *haiyahhh bahasa apa ini*😛

19 06 2009
Wh

Ikut nimbrung ah biar entar kalo ditiduh mencemarkan nama baik…..ikut kang ger aja melarikan diri dan bergerilya…..weh gak nnyambung neh…..

19 06 2009
Itik Bali

Aku gak berani ngomong banyak-banyak
takut dituntut
mendingan aku nulis sedikit tapi makan banyak

20 06 2009
1nd1r4

we were born in one whole package, yg jelek dan bagus2nya😀 *kalau aku jelas banyakan bagusnya*:mrgreen: … hehehe. Untuk berbesar hati menerima kritikan orang lain tidaklah mudah, contohnya kasus ibu prita ituh….semoga keadlian segera datang….MERDEKA!

20 06 2009
HumorBendol

Kalo kinerjanya bagus dan sesuai standart, kenapa harus takut namanya tercemar? Toh, kredibilitasnya dah diakui masyarakat (kalo emang “namanya” baek)
Waduh…ngomong opo to iki?

20 06 2009
achoey

lama juga gak main ke sini
selamat posting kembali
moga hati kita yg tak tercemar🙂

20 06 2009
han han

aku baru bisa mampir lagi…. engga tersinggung kan…..?

hahaha…. sekarang baru comment, memang apapun hal bisa diputar balikkan di dunia ini namun jika hanya untuk membelenggu kebenaran… itu yang menyakitkan…

Salam Gerillya….

21 06 2009
Henny

waduh..ketinggalan nih,
kayaknya kartun itu bikinan kamu sendiri ya?
habisnya persis banget sama foto kamu

21 06 2009
popo

Serangan GErilya Buat Dukungan Ibu Prita……yang bagus banget…nih.
Sakit hati bikin sakit hati …semua ini terjadi berkali-kali…..kok org gdean yg bcra kok ya di percaya……….padahal bu prita gak bersalah kan…….pendapat gitu aj di tangkap………

21 06 2009
sarahtidaksendiri

sampai di sini, sy sudh mau menyinggung..hahahaha
bcnda kok.. :p

21 06 2009
ika

saya jadi takut mau nulis yang bernada komplain gitu

21 06 2009
dobleh yang malang

apa cabar sahabat!
semoga semakin kedepan semakin kreatif ya ok
salam hangat selalu

21 06 2009
Daiichi

Bahaya ternyata ya!? Kalo hukum sudah di tangan para kaum kapitalisme.. kepentingan Bisnis menjadi yang lebih utama di banding dengan tegaknya hukum dan pencarian kebenaran sesungguhnya.

21 06 2009
HumorBendol

Mampir neh bang..
Ada award di sini:
http://humorbendol.com/index.php/2009/06/21/award/
kalo sempet, diambil ya…
Salam ……

22 06 2009
ndop

bu prita apa kabarnya ya?

*gak pernah nonton tipi*

nontonya http://dzofar.com terus, wakakaka…

22 06 2009
itempoeti

saya tersinggung bangeeeettttt !!!
setiap kesini postingannya kok gak di apdet2….

wakakakakak…😀

29 06 2009
KangBoed

beneeeeeer.. dukung itempoeti.. apdeeeeeeeeeeeeeeeeet
Salam Sayang

Tinggalkan Balasan

