SEMARANG: MEREKAM JEJAK MASA LALU…

6 02 2009

Kira-kira setahun yang lalu…

“Setasiun Tawang, nggih pak…!”

Saya meminta tukang becak untuk mengantarkan saya ke Stasiun Tawang. Saya selalu suka naik becak. Ada kenikmatan tersendiri duduk di atas jok kulit sintetik yang sudah bolong-bolong itu. Satu lagi perjalanan naik becak membuat saya bisa melihat pemandangan dan suasana di depan pandangan saya seperti menonton film dengan bagian depan becak yang menganga terbuka sebagai layarnya. Pemandangan berlalu silih berganti, mengalir, tak perlu di-rewind segala lah…Pemandangan di depan tak perlu juga untuk buru-buru kita lalui, jadi tak usah mem-fast forward juga. Semua berjalan santai, tak tergesa-gesa. Jadi kalau mau buru-buru…ya jangan naik becak!

“Ajeng teng pundi, mas? Jakarta nggih?”

“Mboten pak, kulo ajeng mlampah mlampah mawon teng kota lama….”

“Ooooo……….!”

Tak lama becak memasuki wilayah kota lama. Jalan yang diperkeras dengan conblok menjadi tandanya. Stasiun Tawang terlihat di depan. Bau busuk saluran air yang mampet menyambut. Entah mengapa saya jadi ingat Jakarta.

Turun di depan Stasiun Tawang, memandang ke arah kota lama saya disuguhi pemandangan Polder Tawang yaitu kolam besar yang fungsinya sebagai suatu sistem untuk memproteksi air limpahan dari luar kawasan dan mengendalikan muka air di dalam Kota Lama (menurut situs resmi pemerintah kota Semarang). Semarang terutama daerah ini memang sering didatangi oleh yang namanya Rob. Bukan Rob Thomas-nya Matchbox 20, tapi luapan air laut. Posisi daerah kota lama ini memang di bawah permukaan laut. Beberapa genangan masih terlihat di beberapa tempat, saya berani bertaruh airnya pasti terasa asin. Tapi saya tidak akan mencobanya.

dok. pribadi

dok. pribadi

Saya melanjutkan langkah meniti tepian kolam. Sebuah kanal kecil membentang dengan sebuah pintu air disana, sementara di pinggir deretan bangunan tua yang terlihat tak terawat berdiri dalam sepi. Plang milik sebuah organisasi underbouw salah satu parpol terpampang di salah satu dinding yang menua, rapuh, dan mulai bolong. Beberapa gelandangan dan pengemis tampak berkeliaran. Ada yang hanya duduk duduk saja, mengorek ngorek tempat sampah, dan bahkan ada yang buang air besar di selokan. Saya hampir tertawa saat melihat hanya sekitar 1 meter dari kegiatan buang hajat itu, seorang bapak tampak sedang nikmat makan baso di gerobak penjaja bakso keliling. Sementara anak-anak kecil membawa alat pancing berlarian menuju arah kolam…salah satunya yang naik sepeda nyaris menabrak saya. Ia langsung mengayuh sepedanya dengan kencang sembari nyengir ke arah saya. Saya nyengir juga jadinya.

Saya berjalan untuk masuk lebih dalam melalui beberapa gang disana. Semakin ke dalam suasana semakin sepi, hanya sesekali terlihat satu dua orang melintas dan satu dua sepeda motor lewat memecah kesunyian. Mungkin karena siang ini hari libur saja suasananya sepi, karena pada hari biasa daerah ini cukup ramai. Daerah ini pada hari biasa memang merupakan daerah perkantoran, dan dikelilingi oleh daerah industri dan perdagangan meskipun tidak seramai dahulu. Terjadi penurunan pada fungsi bangunan dan pemanfaatannya dengan hanya berfungsi sebagai gudang penyimpanan atau malah tak digunakan sama sekali sehingga banyak yang terbengkalai.

Hari ini saya seperti berada di kota mati. Bukan kota yang mati seutuhnya memang. Mungkin hanya mati suri, menunggu untuk dibangkitkan kembali. Entah bagaimana kondisinya saat malam hari…perasaan saya mengatakan tempat ini akan menjadi kota hantu. Gelap dan menyeramkan.

Waduh…tanpa terasa tinggal 1 jam lagi kurang lebih waktu saya. Saya melanjutkan langkah dengan cepat melewati gang-gang kecil yang embuat saya seperti terjebak dalam labirin ruang dan waktu, masa lampau kembali hadir di sini. Tak berapa lama di ujung gang sana sebuah siluet indah berdiri dengan megahnya. Itulah gereja Immanuel Semarang yang karena bentuk atapnya lebih dikenal dengan bahasa lokal sebagai Gereja Blenduk.

dok. pribadi

dok. pribadi

Gereja Blenduk ini sepertinya merupakan “cabang” dari gereja Immanuel Jakarta yang terletak di seberang Stasiun Gambir. Habis agak mirip. Didirikan pada tahun 1753, gereja ini menurut informasi telah mengalami beberapa kali pemugaran. Dari yang awalnya mengadaptasi arsitektur jawa dengan atap tajuk kemudian mengalami renovasi total pada tahun 1787, dan terakhir pada tahun 1894 dilakukan pembangunan dua buah menara jam di bagian depan gereja. Arsitekturnya bisa digolongkan ke dalam arsitektur Neo Klasik. Siluetnya serupa dengan gereja-gereja zaman barok namun minim pengolahan detail. Bangunan ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang sering dikunjungi turis lokal, interlokal, maupun internasional.

Gereja Blenduk dan daerah sekitarnya konon merupakan pusat Kota Lama Semarang. Kawasan ini memang dirancang seperti struktur kota-kota di eropa dengan pola memusat, terletak di dalam benteng, dengan sisi luar berbentuk segi lima sehingga dulu dikenal dengan nama Kota Benteng. Kawasan kota lama Semarang dulu dikenal juga dengan nama Outstadt sementara benteng yang mengelilinginya bernama benteng de Vijhoek.

Sayang, gereja hari ini ditutup sehingga saya tidak bisa masuk untuk menikmati suasana interiornya, untuk jepret sana sini. Saya harus berpuas diri dengan melihat-lihat bagian luarnya saja. Kalaupun diberi kesempatan masuk pun waktu saya tidak banyak lagi. Kurang enak rasanya menikmati sesuatu dengan serba terburu-buru. Jadi sedikit lihat-lihat…jeprat jepret bagian luar…dan saya harus pergi lagi. Huaaaahhhhh…..nggak puas!

dok. pribadi

dok. pribadi

(Ini sebenernya postingan pindahan dari blog saya yang terbengkalai. Dan cuma ada satu artikel ini aja. Daripada nganggur ya dilempar kemari. Sebuah cerita dari jalan-jalan bego sendirian di kota lama Semarang waktu pulang kampung.)

sebagian data diambil dari om wiki dan Kota Semarang punya web, sebagian lainnya sok tahu-nya saya aja.


Aksi

Information

102 responses

6 02 2009
mencobahidup

Kalau kamu suka jalan-jalan naik becak,nanti cobain deh kalau lagi ke Bandung naik becak di daerah pecinan (pasar baru) yah kota tua juga.

Nah emang tukang becaknya pol abis melawan arus di tengah jalan yang satu arah,pokoknya pol bangets deh.

6 02 2009
Blog Cantik

Dome + Yunani Kuno, interiornya juga masih bagus?

6 02 2009
yoan

wah, semarang emang keren yak. yg paling saya inget tuh, semarang waktu malem endahhh bangettt. sayang saya cuma liat lewat kaca jendela bis jurusan malang-jkt…

semoga bisa kesampean jalan2 di semarang… amin..

6 02 2009
Didien®

apalagi daerah terboyo…airnya bau, jalannya rusak, debunya banyak..weeessss komplit dah… :mrgreen:

6 02 2009
Didien®

wekkkkssss pertamaxxx….. lumanyun ahhhh….😆

6 02 2009
Didien®

kalo g ada ROB, berarti namanya g semarang mas… ganti kendak aja hihihihihihi…

6 02 2009
Didien®

quatrixx mas… selamat bergerilya…😉

6 02 2009
inge

ih… jadi pengen jalan2 hu hu hu🙂

6 02 2009
Farrel

Ingat stasiun Tawang, jadi ingat Pas Gusdur mengeluarkan Dekrit menjelang kelengserannya. Waktu itu, saya mo mudik ke Jakarta dari Malang naek kereta. Pas di stasiun Tawang kereta berhenti. Disanalah waktu ini nonton tv yang beritanya tentang Dekrit Presiden Versi Gusdur…

6 02 2009
Mahendra

Salam damai dan sejahtera di bumi dan seluruh semesta alam dengan segala isinya…

Beberapa dasawarsa yang lalu lahir seorang bayi di RS Elizabeth Semarang. Semoga dia tahu untuk apa dia dilahirkan di muka bumi ini…

Semarang…, selalu tercantum di KTP ku sampai sekarang….

7 02 2009
kahfinyster

hua,,dah lama ga jalan2 gitu,,😦

o iya,,
buat yg belom tw,gue dah pindah ke http://finyster.co.cc ,,jadi kalo mw ke blog gue jangan klik nama kahfinyster di komen gue,,klik link yg finyster ajah,,okeh??
datengin yah,,:mrgreen:

7 02 2009
kahfinyster

hua,,dah lama ga jalan2 gitu,,jadi pengin,,

o iya,,
buat yg belom tw,gue dah pindah ke http://finyster.co.cc ,,jadi kalo mw ke blog gue jangan klik nama kahfinyster di komen gue,,klik link yg finyster ajah,,okeh??
datengin yah,,:mrgreen:

7 02 2009
Rita

Jadi inget waktu tinggal di Semarang, kalo lgi gak mau cape nyetir ndiri pilihannya pasti balik ke Jakarta naik kereta, ya nunggunya pasti di stasiun tawang…lucunya udah nyampe rumah masih brasa aja olengnya yaa hehe..

7 02 2009
tuyi

Fantastis….
I love Semarang..

7 02 2009
Hejis

Ono opo to mas kok blusukan ke situ-situ. Banyak dedemitnya lho, di situ! Ha.. ha..

Btw, narasinya asyik bangedth. Apalagi potonya. Bening dan indah.

Yo wis, tapi jangan digusur yo mas. Soale cagar budaya…

7 02 2009
FaNZ

wahh gedung tuanya masi terawat yah😀

7 02 2009
geRrilyawan

>mencoba hidup
tukang becak emang nggak kalah aksinya sama kendaraan laen. saya pernah lihat becak bawa sepeda, trus ngebut tapi setang sepedanya nyangkut di becak lain…terbalik dengan sukses becaknya😀
untung orangnya nggak apa-apa…

>Blog Cantik
emang ada sedikit unsur yunani kuno-nya. saya belom pernah masuk jadi nggak tahu kondisi interiornya gimana. tapi mungkin masih bagus soalnya masih dipake bangunannya.

>yoan
emang kalo dilihat dari atas apalagi malem, bagus banget. kalo naik kendaraan ke arah salatiga kan jalannya membukit jadi kelihatan hampir seluruh kota.

>Didien
emang terkenal panas, berdebu, tambah rame, banjir, airnya bau….wuah macem-macemlah.
hehehe…ngak jadi pertamaxxx nih bos…mas didien ni termasuk penyebar virus HiBloGiKoH itu ya…hahaha. kang Heri sama Kahfi juga kan?

>inge
nabung dulu buat jalan-jalan🙂

>Farrel
Wah…kok nyampe ke Gus Dur segala nih….hehehe.

>Mahendra
wooo…njenengan lahir di semarang tokh! yang pasti mas, harus berguna buat orang lain. dan postingan-postingan anda itu menambah info dan wawasan lho menurut saya (itu kan artinya sudah memberi manfaat untuk orang lain)
tinggal di semarang atau sedang berkelana?

>kahfinyster
lama nggak jalan-jalan? blogwalking maksudnya? menyebarkan virus HiBloGiKoH! itu? hahahaha…
udah ke TKP bos…
rumah lama masih diurus nggak?

>Rita
wah…mbak Rita ini dahsyat juga ya…nyetir semarang-jakarta paling nggak 8-10 jam tuh. mantafffff…
kok oleng? kayak naik kapal aja hehehe…

>tuyi
I Love Semarang too…tapi kok kayanya masih lebih cinta sama Jakarta meskipun semrawut, kacau balau, udah terlalu lama sih menjalin kasih sama jakarta sampe tahu jelek-jeleknya…

>Hejis
Lho kok njenengan tahu kalo banyak dhemitnya? pernah bergaul sama mereka yahh hahahaha…
wah…makasih mas Hejis. Fotonya memang dipercantik sedikit dengan teknologi digital.
Wah…ya ndak bakal digusur lha wong masih dipake buat ibadah, dan memang salah satu tujuan wisata andalan.

>FaNZ
Iya…soalnya masih dipake, dan emang tempat tujuan wisata andalan tuh…

7 02 2009
Agung Mojosari

Mas e, selamat ya mas….. 2nd IBSN Blog Award😉 silahkan konfirmasi alamat ke email ibsnplanet@ibsn.web.id🙂

7 02 2009
geRrilyawan

>Agung Mojosari
whehehe…makasih mas Agung. saya juga sudah denger dari komennya mas septarius. asiiiik……nggak nyangka hehehe…

oke mas dilanjut…

7 02 2009
achoey

Wah kota tua yg indah
Tapi kadang menyeramkan kesannya ya🙂

7 02 2009
angga erlangga

Sejarah yang sungguh luar biasa…🙂

salam silaturahim…😉

7 02 2009
fans baru gerilya

kunjungan pertamax ku ga mo komen mo kenalan aza lam kenal dari pantai selatan jawa tengah cilacap

7 02 2009
mel

Semarang adalah ibukotanya Jateng tapi sebagai orang Jateng , saya lebih kenal Jogja drpd Semarang….mari kita sedikit demi sedikit merubah itu.Jadikan Semarang jadi kota no.1 di jateng.MERDEKA!!!

7 02 2009
Humorbendol

Becak? Duh..di Gempol (daerahku) dah jarang banget. Kalah bersaing ma Ojek.
Asik emang jalan-2 naek becak…santai…

8 02 2009
juliach

Sepertinya Semarang sekarang parah sekali. Seingatku duku waktu aku kecil, stasiun Tawang jarang kebanjiran. Sejak th. 1995-2003, setiap kali ke Semarang, selalu banjir kalo tidak karna hujan ya air pasang.

Sayang sekali gedung-gedung tua tidak terawat lagi. Padahal di Eropa, orang berlomba-lomba untuk bisa menempati gedung-gedung tua.

8 02 2009
nico

wah saya suka kota Semarang gara gara kota lama nya itu… keren banget… wah fotonya bagus banget tuch

8 02 2009
Bet

wah kata mel tu benar kenapa bisa begitu . . . .
eh mas kira2 tu tukang becaknya disewa berap buat muter-muter

8 02 2009
drizzletrouble

aahhh… jadi pengen jalan-jalannn…..

8 02 2009
Mahendra

Numpang lahir sampai umur 3 tahun di Gunung Bolu-Jangli, terus pindah ke Lampung, besar di Jakarta, sempat di Malang, sekarang terdampar di Bandung.

Wuuiiihhh…, kalau inget2 jadi kebayang capeknya pindah-pindah…🙂

Nice post Bro… Two thumbs up !!!😀

8 02 2009
Gusti Dana

Saya belum pernah ke Semarang..:-(,hanya ke Jogja dan Solo aja:-(.Itupun sudah puluhan tahun lamanya..

Jadi pengen jalan-jalan juga…

Eittss…laporan selesai Komandan!!!

8 02 2009
aCIst

Suka sekali dengan hasil jepretan anda mas, pake kamera ap..?

8 02 2009
onabunga

oh, ternyata ada juga tho lelaki penyuka naik becak. saya juga seneng naik becak Mas. tapi kawan-kawan lelakiku itu sering bilang kalau aku nggak punya tepa selira sama bapak becaknya. padahal kalau nggak ada yang naik, mereka nggak ada duit kan…

bout semarang..
kota yang aneh. karna melahirkan orang-orang aneh. kakang-kakang anehku kelahiran semarang … oiy, terima kasih sudah menjedulkan mereka…🙂

8 02 2009
casual cutie

wah keren keren…jd pengen jalan jalan

8 02 2009
iwan

sama dong aq juga suka skali naik becak loh………
apalagi ampe…..keliling kota….

8 02 2009
satan

wah..cah semarang palsu (podho karo aku)..mung mergo sebeh-semehe sing wong semarang trus ngaku2 yo cah semarang, ning ra ngerti dalan nang semarang..hahaha..

gw pernah tuh ngubek2 daerah situ bbrpa kali,
pernah ama senior2 di jurusan arsitektur di sebuah PTN di kawasan depok dg inisial UI krn disuruh asisten dosen sejarah arsitektur waktu itu buat moto2 bangunan yg ada, yg moto2 para senior, sedangkan gw berpose di bangunan, sok2 jd skala manusia bg bangunan tsb, pdhl sih maksudnya biar bsk2 klo poto2 itu jd bahan kuliah di thn2 brkutnya, junior2 gw jd bisa liat tampang gw..
pernah juga buat penelitian buat mata kuliah yg akhirnya menentukan kelulusan gw di jurusan tsb..thx semarang..salah satu kota yg banyak memberikan pengalaman bg gw, terutama selama 6 thn gw tinggal d sana…

9 02 2009
nanzzzcy

ihhh..jalan2 gak ngajak2 nih.. PELIITTTTTTTTTTT….😛
tapi lu tau gak, skrg pasti daerah itu lagi banjir. Secara dr minggu kemaren ujan mulu di smg ampe skrg hikksss…

eittss..tapi tetep harus diinget!!!! awas klo besok jalan2 lagi, gw gak diajak..!!!😛
*ngancem2 genit* hahahaha…

9 02 2009
gendut1mu3t

Sebenarnya nyeritain tawang apa kota lama tow maz?? dari judulnya tak pikir cerita stasiun tawang, makanya baca judulnya, vee lgsung ke inget kena tilang polisi di tawang sampe nangis darah…. HIkz…

9 02 2009
Ayam Cinta

Lumayan buat referensi nech….
tapi semarang sekarang lagi banjir gitu jeh….

9 02 2009
geRrilyawan

>achoey
wah serem mas kalo malem…..gelap, banyak dedemit sama premannya. yang paling parah dedemit preman…hehehe.

>angga erlangga
bagian dari perjalanan bangsa ini bos…
salam silaturahim…🙂

>fans baru gerilya
salam kenal untuk fans baru gerilya…emang ada yang lama ya hahaha.
ooo…cilacap…pernah kesana waktu kecil, jadi nggak inget apa-apa🙂

>mel
iya tuh…pada lebih kenal jogja. malah solo yang satu propinsi juga lebih dikenal. merdeka…bikin semarang nggak banjir lagi!

>Humorbendol
tukang ojek tongkrongannya lebih keren sih. lebih laku jadinya. kalo mau santai emang lebih enak pake becak…gimana gitu.

9 02 2009
geRrilyawan

>juliach
emang sekarang banjir terus. dari dulu juga sebenarnya langganan banjir tapi nggak kayak sekarang parahnya. transportasi bisa mandek total gitu.
betul, eropa bisa jadi contoh buat kita untuk lebih memanfaatkan bangunan-bangunan tua. direkondisi dan dimanfaatkan lagi. nggak usah jauh-jauh, singapur aja bisa kok…

>nico
kalo dibuat lebih rapi dan tertata bakal lebih keren lagi nic…makasih lho🙂

>Bet
saya juga nggak tau tuh mas…kurang promosi aja kali.
tukang becaknya nggak sampe muter-muter kok mas. cuma dari rumah ke kota lama aja abis 10 ribu. abis itu saya jalan kaki sampe lempoh kliling-kliling sendiri.

>drizzletrouble
lha ayoo…kita jalan-jalan🙂 saya ngikut tapi dibayarin yahh…

>Mahendra
lha jadi mas mahendra ini dibilangnya orang apa? orang semarang? lampung? malang? jakarta? apa bandung?…..yang pastinya orang indonesia dong hehehe…
makasih bos…

>Gusti Dana
laporan diterima…
mbok coba sekali-kali mampir ke semarang. jangan pas musim hujan ntar banjir. tapi jangan pas kemarau juga, puanase ora ilok-ilok. lha terus kapan hehehe…

>aCIst
tapi saya bukan potograper lho….sekedar iseng belaka. pake canon EOS 300D yang kepemilikannya terbagi ke 3 orang hehehe…

>onabunga
masa naik becak itu cuma jatahnya perempuan…? tapi kasihan juga pak becaknya kalo nggak ada yang naik tho…kalo emang mau nyumbang kasih aja persen lebih ya nggak?
orang-orang aneh….menjedulkan apa ini? bukan saya lho yang menjedulkan kakang-kakangmu yang aneh itu hehehe…

>casual cutie
lha ayooo jalan-jalan… tadi udah banyak juga yang mau. tapi inget sekali lagi, saya dibayarin hehehe… mau ndak?

>satan
woooo…kake’ane tenan ki….padha cah semarang palsune lho ya. ben wae ora ngerti dalan, sing penting kan ora kesasar hehehe…
disuruh sama pak dosen sing gondrong nyentrik kuwi tho, sing nek mlaku menggoke kaya wong baris….ora ding kaya wong baris natap tembok hehehe…

>nanzzzcy
lha kan gua belon kenal elu nanc waktu itu…
nggak takut lu diajak ama orang gak kenal…ntar gua disangkain mo macem-macem lagee…
yeee…ntar diajak, tapi traktir gua di es krim florian hehehe..

>gendut1mu3t
itu yang ada tawangnya kan bukan judul…kalimat pengantar aja yang digedein font-nya biar bikin orang-orang kepancing mbaca. ya kaya situ itu hehehehe….

>Ayam Cinta
Ayaaam…kemana aja lu? referensi apaan?
yoi tuh banjir…..parah emang, langganan tetep jadi pasti dianterin airnya, suka dikasih tambah lagi walah….

9 02 2009
dee

sy jg seneng jalan2 naik becak (di jogja)
ati2 jangan nyengir kelamaan pas naik becak.. klo di jogja, banyak eek kuda sih..😀

syg banget, bangunan yang indah dan bersejarah kaya gitu tapi keliatan kotor dan ga terawat

9 02 2009
madhysta

Semarang sempat akrab juga nech…. terutama seputaran Mbangkong, Dr, Cipto, dengan baunya, panasnya, debunnya, bisingnya. Tapi bagaimanapun saya berterima kasih banget pada mbok Marni yg sempat menampung saya waktu itu.
Salam kenal Gerilyawan……

9 02 2009
khofia

uhyaaaa~~~~
sungguh postingan yang luwar biyasha. saya juga pengen memotret bangunan2 lama di Jogja yang seolah mengalami time slip sehingga hadir di jaman sekarang, di jaman orang ‘makan’ orang.

Stasiun Tugu, Kotagede… hngg… banyak deh…

9 02 2009
geRrilyawan

>dee
jogja juga asik…betah lama disana.
emang eek kudanya nyamperin ke gigi ya kalo nyengir kelamaan hehehe…

sebenernya kalo mau sih bisa dialihfungsikan, kalo dimanfaatkan kan jadi lebih terawat.

>madhysta
pasti nongkrong di soto mbangkong sebelah pos polisi ya bos…
mbok Marni tuh sapa bos ngomong-ngomong?
salam kenal juga🙂

>khofia
mesjid agung kota gede tuh keren, sama bekas keraton lamanya. taman sari menurut saya juga mantafff…
dulu pernah kliling-kliling sama temen-temen sampe kasongan, blusukan ke kali code, mantafff pokoknya…

9 02 2009
1nd1r4

Kota lama, tempat yang pingin banget aku kunjungi..maunya dari Jogja kemaren sekalian mampir kesana…apa daya hujan tiada henti😦 . Foto2nya bagus🙂

9 02 2009
lovelynonny

wah.. dah lama banget saya ga ke semarang.. lumpianya uenakk😛 (halah.. yg diinget kok makanannya mulu..makin brasa ndut deh. hehehe)
Kapan waktu kalo saya ke jogja, mo mampir ke semarang ah.. biar punya cerita kayak mas🙂

9 02 2009
annosmile

jadi pengen berwisata di kota lama semarang
sayang sekali sekarang lagi banjir

9 02 2009
masciput

perjalanan yang mengasyikkan dan seru!

9 02 2009
wennyaulia

semarang,,,jadi ingat sama teman yang tinggal di sana.😦
btw, ndak serem apa jalan2 sendirian ke kota lama?

10 02 2009
Andre

Semarang..hanya pas waktu kecil saja saya pernah jalan2 ke kota itu..pengen sekali jalan-jalan ke sana lagi..

10 02 2009
Humorbendol

Balik lagi bang…nyari abang becak..ups…abang geRrilya ding
hehe….

10 02 2009
Itik Bali

Mas Gerilya yang keren, salam kenal ya..
Senang, bisa nyasarin orang kaya anda ke blog saya

Blognya jan apik tenan..
Rame commentnya, resepnya opo? Cabe+garam+trasinya seberapa (lho? sambel donk!)
Cuman satu aja ada yang kurang
Nama saya gak ada di blog roll
Kalo ada kayanya lebih keren lho..
Itu saran terbaik buat blog mas GerilYa..
he..he

10 02 2009
wi3nd

udah laMmmmaa ju9a nDa naek becak,nDa aDa suale,aku ju9a suka naek becak seruu ajah..:)

palin9 seru eman9 jalan2 ke kota lama..

10 02 2009
dewidrupadi

Lebih seru lagi naik bendi Mas Gerrr… Udah pernah naek bendi lom? Lagi asyik tengok pemandangan, eh, dikentutin ma kudanya. Itu kalau nasib lagi apes, kalo nasib lagi baek, kudanya e’ek didepan muka kite…hehehe… Kalo Mas Gerr niat pengen nyoba, ntar kuajak jalan-jalan ke kota kelahiranku di Bukittingi sono… Gimana…gimana…gimana…??? Mau…mau…mau…???

10 02 2009
rotyyu

Gerejanya bagus tuh……
arsitekturnya unik, terutama bagian atapnya…..

10 02 2009
ukmf itc

Perjalanan ke Semarang pasti menyenangkan nih……..

10 02 2009
rotyyu

Di kota Siantar paling enak naik BSA a.k.a Becak Siantar Asli, goyangannya mantapz abiz…….

10 02 2009
Itmam Aulia

jadi inget waktu di semarang…. tapi sekarang semarang lagi dilanda banjir ya gan?? kabar beritanya gitu deck…. weks..😉

10 02 2009
aRai

kangen semarang rek … lama ga kesana😦

10 02 2009
edratna

Saya sering ke Semarang dalam rangka tugas, tapi benar-benar keliling kota Semarang malah belum pernah.

10 02 2009
yessymuchtar

sumpah ..foto foto nya keren keren….

10 02 2009
Rossa

weleh..
daerah yg saya tidak ketahui..

11 02 2009
Muda Bentara !

asik ngeliat nya mas … keren

11 02 2009
icha

Terakhir saya jalan-jalan ke Semarang, mau mampir ke kota tua dan ambil gambar, eh ternyata kacamata minus saya hilang. Wah, sebel banget. Dah gak mood ambil gambarnya, karena ribut mesti nyari kacamata dan bingung. Lah saya minun 2,5 jee..apa jadinya gambar yang saya buat nanti…lain kali saya pasti ke sana lagi..kali ini bawa cadangan kacamata! hehehhe

11 02 2009
dendin

turut sedih semarang kebanjiran……

11 02 2009
INDAH REPHI

belum pernah kesemarang *sigh*.. tuh kan, saya jadi penasaran, pengen kesanaaaa…😀

11 02 2009
bluethunderheart

blue datang di bulan penuh cinta ini,sahabatku
salam hangat selalu

12 02 2009
JelajahiDuniaEly

jadi kangen ke semarang oioi😀

12 02 2009
Indah Sitepu

wah….. keren juga yahh ternyata…

boljug nih..;)

12 02 2009
lina

semarang masih banjir yaaa Mas? saya turut prihatin

klo ttg naik becak, di tempat saya jarang sekali ada, lagipula klo disuruh milih mending ga usah naik becak aja, masalahnya ga tega liat abang becaknya..

13 02 2009
geRrilyawan

>1nd1r4
iya in, ati-ati kalo ujan ke semarang…bisa kerendem hehe..

>lovelynonny
halah kok malah makanannya. tapi emang semarang makanannya enak-enak kok…

>annosmile
iya mas…malah nonton orang ngungsi jadinya nanti. nunggu musim panas aja. tapi panas banget juga , kering udaranya…hehehe serba salah ya…

>masciput
seru mas…asal jangan sendirian kayak saya hehe…

>wennyaulia
ooo..ada temen juga disana? nggak kok…nggak serem, kan siang-siang jadi dedemitnya belom muncul. trus premannya juga nggak tahu kenapa lagi sepi aja…

>Andre
beda lho dulu sama sekarang…udah makin rame.

>Humorbendol
lho…saya disuruh nggenjot gitu? wah…boleh 50 ribu keliling semarang…

>Itik Bali
Buat Itik Bali (ini orang bukan…🙂 hehehe)
mau nyambel ya? sekalian goreng ikannya kalo gitu…
soal nama di blogroll…siapa yang ngasih komen langsung masuk ke blogroll link URL-nya. jadi tenang aja….cuma ya kadang nunggu dulu sebentar waktu. jarang online soalnya saya…

>wi3nd
seneng naek becak? inget mbayar lho…😀

>dewidrupadi
bendi kan sama kaya delman ya…? pernah sih. tapi yang kentut kusirnya bukan kudanya hehehe. Bukitinggi? wah belom pernah tuh saya kesana. kalo dibayarin ya mau-mau aja dong…hehehe.

>rottyu
iya…atapnya nggembung. makanya orang semarang bilangnya mblenduk.
Wah itu BSA apa dewi perssik kok bisa goyang segala hehehe…

>ukmf itc
so pasti bos…liat-liat pemandangan di jalan. apalagi kalo naik kereta, lewat pinggir laut persis.

>Itmam Aulia
betul bos…banjir langganan. selalu dateng nggak diundang, pulang nggak dianter. sejenis jelangkung emang hehehe…

>aRai
nah kalo kesana, coba jalan-jalan ke kota lama. seru…

>edratna
wah…keliling juga ndak sampe sehari kok bu…wong kotanya kecil kok. obyek wisatanya ya yang asik cuma bangunan-bangunan tua ini aja. kurang digarap pariwisatanya. tapi jajanan lumayan🙂

>yessymuchtar
tengkiu yes…masih banyak sebenernya cuma nggak kepasang. berat hehe..

>Rossa
nah kalo ke semarang, coba mampir…🙂

>Muda Bentara!
iya. sebenernya bisa jadi daerah yang potensial untuk dikembangkan tapi sayang malah dilupakan…

>icha
jadi kacamatanya belom ketemu mbak? ntar kalo saya ke semarang saya cariin siapa tahu masih ada hehehe…iya nanti gambarnya blur semua😀

>dendin
iya mas…juga buat daerah lain yang kebanjiran.

>INDAH REPHI
belom pernah…ya gimana sih? tapi kalo mau kesana ajak-ajak ya…

>bluethunderheart
wehehe…blue ikut palentinan nih? bagus deh kemaren romannya sedih aje hehe..
salam hangat juga sobat😀

>JelajahiDuniaEly
kalo kesana jangan lupa jalan-jalan ke kota lama🙂

>Indah Sitepu
berminat kesana ndah?

>lina
masih…iya tuh kasihan, sering banget semarang banjir. ya memang agak nggak tega sih liat abang becak ngayuhnya beraaaat gitu, tapi kalo nggak dinaikin malah kasian abang becaknya nggak dapet uang😀

13 02 2009
casual cutie

met valentine bang gerilyawan…

13 02 2009
hanna

semaraaang… mirip2 lah sama jogja… aku juga paling suka becak… soalnya gak bikin mabok !!! heheheh

13 02 2009
Tiya

ìLuv Semarang
Aq bangga jadi cewek Semarang🙂
Bagi temen2 yg belum pernah jln2 ke semarang
Silahkan jln2 semarang dijamin ajiiibbbb………🙂

13 02 2009
Bikin Bisnis Online

Mau bikin bisnis online? Tapi belum tau caranya? Coba aja klik di sini. Dijamin, kamu bisa jadi pebisnis online handal hanya dalam hitungan hari.🙂

14 02 2009
radesya

Aih..,ku jadi pingin pulang kak..
Saat ini stasiun Tawang dah tergenang air mungkin kak
semarang lagi banjir kak..

14 02 2009
awie

met val day yah kang moga tambah segala -galanya deh amin amin amin ya robal alamin

14 02 2009
easy

semarang ??
inget loenpianya😀

14 02 2009
Humorbendol

Bang…masih pilek?
Tak jenguk neh…
Dijamin…cepet sembuh
hehehe…..

14 02 2009
hmcahyo

kalo statiun balapan saya dah pernahmampir:mrgreen:

14 02 2009
suklowor

mas… di buatin kincir angin kayak di “Amsterdam kulon kali” itu lho.. biar nggak kena Rob, baik Robiah ataupun Robiatun hehe…

oh iya fotonya super keren, angle-nya top, pakai kamera apa..? trus diolah pakai CS nggak? mas ituloh langitnya susah banget buat yang gituan….

14 02 2009
septarius

kalo musim ujan katanya semarang suka banjir ya…

keqnya kesono musim panas aja deh 🙂

pengen ke lawang sewu…

14 02 2009
Ka Ros

Lebih sering ke stasiun tawang apa stasiun cawang mas? ^_^.
Nice article, Semarang kota kelahiran saya tuh, tapi saya gak tau banyak, apalagi gereja blenduk…..maklum numpang lahir aja……..ingetnya cuma genuk indah, terminal terboyo, panas dan gerah, air laut dannnn stasiun terapung….hahaha gak terapung c, cuma tiap kesitu banjir mulu.

14 02 2009
geRrilyawan

>casual cutie
met valentine juga deh buat cutie🙂

>hanna
wah…mending jogja kali. semarang tuh dah makin semrawut, panas, banjir, dll.
becak emang nggak bikin mabok…yang bikin mabok kan alkohol hehehe…

>Tiya
asli semarang to jeng…
nha ini diundang jalan-jalan sama jeng tiya ke semarang. hayo sapa yang mau…?

>Bikin Bisnis Online
wah…ada iklan. bisnis nggak ya….?

>radesya
desya, emang kamu dari semarang? rumah di semarang?
ternyata banyak ya yang darisana…iya banjir, langganan.

>awie
wah….palentinan juga bos. hehehe…selamet juga buat anda. sukses selalu.
saya sih nggak ikut ngrayain gini-ginian biasanya hehehe.

>easy
wuihhh…makanan lagi nih. emang mantafff…loenpia basahnya, trus pake bumbu yang kentel kaya ingus itu hahaha…uenake puollll!!!

>Humorbendol
halah…barusan ngomongin ingus nih😀
nggak ndol…cuma sedikit soalnya kemarin.
apa situ punya obat….boleh sini sapa tau mbesok-mbesok meler lagi…🙂

>hmcahyo
berarti kang heri ketemu sama didi kempot….ato paling nggak ranto edi gudel.

>suklowor
kalo dikasih kincir bisa dikira pabrik roti bakeri holland itu…
halah kok super keren to…lha wong biasa. kameranya canon 300D, lensa standard, dipermak sedikit di photoshop, kasih filter-filter sedikit hehehe…

>septarius
pasti banjir hahaha…banjir air hujan sama air laut.
tapi musim panas, panasnya juga dahsyat. mo ke lawang sewu bos? nggak serem?

>Ka Ros
cawang ya sering, tawang ya sering hehehe…
wooo lahir disana…di KTP cuma menyumbangkan nama semarang untuk ditulis sebelum tgl lahir ya….
stasiun terapung….wah malah canggih itu😀

14 02 2009
duniafannie

Buset deh, udah panjang bener komennya.
Hmmmpf, telat..
Iyah, pernah lewad doank d kota lama.
Keren buanget ya.
Secara gw ini jg pengagum bangunan2 lama. Pgn bgt kesana suatu hari nanti. Ajakin dund, bang:mrgreen:

Di jogja juga byk loh bgnan lama yg masih dipake,
Kantor pos gedhe, Bank BI, BNI, sta. Tugu, Tamansari, Kotagede, dan msh byk lg😀
Dulu juga sering bgt blusukan kek gini.
Jadi pengen bergerilya lagi…
Keren bang, ulasannya.😉

15 02 2009
hamka

hmm belum pernah ke stasiunnnya😀

15 02 2009
warm

saya baru pertama eh sekali singgah di semarang, cuma sehari pula
ngeliat foto-foto sampenay jadi pengen ke sana lebih lama ..
kapan ya ?

15 02 2009
Itik Bali

Mas gerillya..ini Itik..titisan Dewi laksmi.
Paling keren, dewi yang di utus turun ke bumi
Bolak-balik tersesat ke blog ini
tapi artkelnya belum ada yang baru

jadi…..numpang keren ahhhh

15 02 2009
iwan

wah rame bangat tamunya…………………..
aq mampir tu menjengukmu…adakah kamu disana….

16 02 2009
yande

wah, jalan2 yo.. wekeke.. kok dapat pemandangan orang buang hajat seehh… tapi fotonya keren, langitnya bersih ya..😉

16 02 2009
casual cutie

aii….bang gerillya ko ga di update…sibuk nih bang???

17 02 2009
easy

mamang becaknya keren😀

17 02 2009
andam

Wah.. Jadi pingin ke Semarang nih.
Masih banjir kah, mas? Moga airnya segera surut ya ^^

Btw, salam kenal…

17 02 2009
Luigi Pralangga

dari foto2 bangunan kuno ini, mengingatkan waktunya mduik nih.. Semarang nampaknya wajib dikunjungi saat mudik nanti. Seneng udh bisa mampir kesini lagi – salam hangat dari afrika barat!

17 02 2009
thevemo™

jalan jalan ke kota tua emang asyik dan eksotis

17 02 2009
Itik Bali

Bolak-balik kesini lagi..
baca di setasiun lagi..
kapan nyampe keretanya ya??
neng balapan solo taksih tebih pak??

17 02 2009
casual cutie

masih sibuk ya bang???

17 02 2009
Nafi' Abdul Hakim

aduh Mas..
udah kebanyakan kommentar nih disini…
aku sampe bingung mau gekomment apa’an..??
ya wez lah..
gk usah komment aja..

18 02 2009
septarius

alow teman-teman blogger…ikutan 3rd IBSN Blog award yuk..

silahkan daftarkan url artikel disini

keterangan yang lebih lanjut bisa dilihat disini

akhir pandaftaran artikel 25 Maret ‘09 jam 23.59 wib..

IBSN = Berbagi Tak Pernah Rugi ^_^

by. komporizer tim : septa 🙂

18 02 2009
Didien®

lhaaaa…kuqu dereng apdet toh mas….
ikutan 3rd IBSN Blog award yuk..silahkan daftarkan url artikel disini keterangan yang lebih lanjut bisa dilihat di portal IBSN (ketentuan 3rd IBSN Blog Award)

akhir pandaftaran artikel 25 Maret ‘09 jam 23.59 wib..

IBSN = Berbagi Tak Pernah Rugi ^_^

20 02 2009
ciwir

saiki tawang kebanjiran

27 02 2009
andre

loh? sampeyan wong semarang tho?

gw juga kemaren lewat daerah sana nyari wingko,
masih tergenang rob selutut😦

Tinggalkan Balasan

