HATI HATI DENGAN BAHASA SMS…!!!

25 10 2008

Tau lagu SMS? Bang…SMS siapa ini bang? Pasti semua tau karena sempat ngetop diantara para insan SMS beberapa tahun yang lalu. Semenjak ponsel atau hape jadi barang sekunder kebutuhan manusia (bahkan ada yang menjadikannya kebutuhan primer, nggak makan nggak apa apa asal tetap bisa sms-an, SMS jadi layanan primadona buat berkomunikasi mulai dari untuk ngobrol biasa, pacaran, bicara bisnis, ngrumpi, mengucapkan selamat hari raya, sampai dengan ngerjain orang dengan segala modus penipuannya.

Sebenernya apa sih SMS itu? SMS itu yang saya tau singkatan dari Short Message Service artinya layanan pesan singkat atau menulis singkat padat tepat sasaranlah. Nah makanya satu SMS itu cuma bisa mengirim beberapa karakter (huruf dan tanda baca), keterbatasan ruang tulis ini kemudian melahirkan sebuah budaya baru…budaya berbahasa, yaitu saya sebut sebagai bahasa SMS.

BAHASA SMS?

Iya bahasa SMS…bahasa baru yang lahir dari penyingkatan kata (yang kadang satu kata berubah jadi konsonan semua hurufnya) plus beberapa singkatan yang dicomot dari tradisi chatting seperti:

Gpp = gapapa =nggak apa apa

Gtg = got to go = cabut dulu lah..

Cbt = cabut = pergi dulu…

Bdn = badan

Mo = mau

Dan masih banyak lagi…

Apalagi sekarang ada provider yang menyediakan layanan SMS dengan biaya SMSnya dihitung per karakter jadi semakin sedikit karakter yang diketikdan dikirim semakin murah biayanya. Bahkan dengan penggunaan spasi juga mulai dihilangkan. Tapi ada yang tau nggak penggunaan bahasa SMS itu bisa membahayakan? Betul…MEMBAHAYAKAN!!!

Apa ada yang pernah sadar kalo singkatan-singkatan itu kadang mempunyai makna ganda yang mungkin antara si pengirim pesan dan penerima pesan bisa memahaminya secara berbeda…jadi sangat dimungkinkan terjadinya salah paham yang berujung pertikaian, perselisihan, saling membenci, dan hal-hal lain yang gawat. Ini salah satu contohnya:

Isi SMSnya seperti ini:

Say…km mo prg ya? Mo kmn siy mnjlg tgh mlm gini?kan gak blh sm org tw km. Kl gak diblhin km jgn ngmbk gt dong aplg smp ngs. Org tw itu mrh2in km krn syg sm km. km kan dah gd, jd gak blh ngmbk & nglwn kl org tw mrh2in km. Ntar kwlt & diktk lo…..gak enak kan diktk org tw. Aq ykn mrk itu baik kok mskpn sk jd mrh2…..tp drpd km prg mnjlg tgh mlm gini lbh baik km bb aja ya…

Maksudnya gini…

Say(sayang)…kamu mau pergi ya? Mau kemana sih menjelang tengah malam gini? Kan nggak boleh sama orang tua kamu. Kalo nggak dibolehin kamu jangan ngambek gitu dong apalagi sampe nangis. Orang tua marah-marahin kamu karena sayang sama kamu. Kamu kan udah gede, jadi nggak boleh ngambek dan ngelawan kalo orang tua marah-marahin kamu. Ntar kualat dan dikutuk lho…nggak enak kan dikutuk orang tua. Aku yakin mereka itu baik kok…meskipun suka jadi marah-marah. tapi daripada kamu pergi menjelang tengah malam gini lebih baik kamu bobo aja ya…

Tapi kalo bacanya begini…..

Say(sayang)…kamu mau perang ya? Mau kemana sih menjalang tengah malam gini? Kan nggak boleh sama organisasi tawa kamu. Kalo nggak dibolehin kamu jangan ngembik gitu dong apalagi sampe nangis. Organisasi tawa merah-merahin kamu karena sayang sama kamu. Kamu kan udah gede, jadi nggak boleh ngembik dan ngelawan kalo organisasi tawa merah-merahin kamu. Ntar kualat dan dikitik lho…nggak enak kan dikitik organisasi tawa. Aku yakin merek itu baik kok…meskipun suka jadi merah-merah. tapi daripada kamu pergi menjalang tengah malam gini lebih baik kamu bobo aja ya…

Berantakan ya jadinya….

(tulisan ini adaptasi dari sebuah tulisan yang saya lupa baca dimana dan siapa yang bikin, secara detil isinya berbeda karena saya juga lupa detil isinya tapi inti pesannya kira-kira seperti itulah…)


Aksi

Information

46 responses

25 10 2008
1nd1r4

hahahah…..ada kamus sms kok, jadi ga salah interpretasi😀 lagian banyak banget singkatannya

25 10 2008
duniafannie

pertamaxxx!
yeay \(^o^)/
wah, kok smsnya panjang bener.
katanya ‘short’ +protes+😉

iya tuh, sy dulu jg sering smsan tanpa spasi. hehe, mengasyikkan.. ‘waktu itu’ [sekarang ndak lagi]

26 10 2008
Icha

jd brntkn gt y…:mrgreen:

26 10 2008
pezi4arah

wah…ati-ati makanya kalo pake kata buat sms…

26 10 2008
ika

wow kacau abis tuh emang yang ‘terjemahan’ sms yang kedua..hehe
oiya sayah dah email sampeyan soal tokek.. dibaca ya..hehe

26 10 2008
rini

btl bgt so, jgn smp slh phm gr2 tlsn yg g jls gt… he3x (plt bgt y?)

26 10 2008
ariefdj™

Kekeke.. Aq pernah dpt sms dari anak q yg baru kelas 4 sd, yg bahasanya lebih ‘memusingkan’.. Udah singkatan, bhs ‘gaul’, versi jawa pisan.. Meski meraba2 artinya, tp maksudnya tetap nyampe.. Kalo ada yg gak jelas pd suatu sms, ya tanya aja, atau call.. Hehe.. Btw, defaultnya 1 kirim sms, cuma 150 charakter sih..jadi kadang2 emang hrs terbiasa dgn singkatan2 standar..

27 10 2008
Indah Sitepu

makanya lebih enak nelpon dari pada sms
toh sekarang ini nelpon aja murah kok😉

27 10 2008
easy

hehehe..
sms terlalu singkat memang bingungin. aku paling males kalo dapet sms dari sodara yang masih ABG.
haduuhhh… untuk mencernanya butuh waktu lama😀

27 10 2008
warmorning

maunya ngirit malah.. hihihihi

27 10 2008
tukangobatbersahaja

kalo saya paling ga bisa menterjemahkan isi sms. Biasanya saya bales sms nya, “maaf saya ga ngerti, tolong tulis lagi yang jelas.”

27 10 2008
nanzzzcy

hmm..bener jg sih.. tapi kan klo ga pake nyingkat2 yg ada jempol pd bengkak semua deh blm lg jumlah karakter hurupnya cepet abis. Trs gmana donk??🙂

28 10 2008
-=«GoenRock®»=-

Wah, saya suka pusing kalau baca SMS yang bergaya ABG yang disingkat-singkat dengan kombinasi huruf gedhe kecil sama angka itu. Kalau udah gitu biasanya saya telepon balik nanya maksud SMSnya😀

29 10 2008
Pakacil

maksud hati pengirim mempersingkat teks dan kalimat, tapi justru bikin penerima harus menambahkan waktu berpikir memahaminya, itu juga masih harus dengan catatan, agar tidak salah faham.

29 10 2008
indah

haduh..emang bikin pusing menyingkat kalimat..kalo salh persepsinya kan bahaya :)) masa harus punya kamus bahasa sms?? mending nelp ajah deh :))

30 10 2008
PRABHAM WULUNG

so, adek gw yg SMA sms begini:

Ma$, @k kekny hrS le$ +an di $kuL. Bs jmpT? ParK di blK sarinah aj!

ngerti sih, tapi BT. nih anak diajarin bahasa ga sih sama gurunya? atau gurunya ngajar pake sms jadinya sampe muridnya kaya begini.

30 10 2008
chic

paling males lagi kalo dapet sms disingkat-singkat dengan karakter huruf yang aneh-aneh, udah gitu selang seling huruf besar dan kecil… aaaaaarrrrrrggggh! minta digampar itu yang sms. bikin sakit mata!

30 10 2008
geRrilyawan

>1nd1r4
wah…harus dipublikasikan kamusnya jeung….saya suka nggak ngerti soalnya.

>duniafannie
iya yah fan…kepanjangan ya🙂 kalosmsmbokyapakespasigitubiarjelas…

>icha
brtkn bgt……he3x….

>pezi4arah
saya akan hati-hati…bukan hanya kalo menyeberang saja…:)

>ika
lebih kacou lagi suara tokek di rumah kamu kali….:)

>rini
tolong mbak rin itu…hurup pokalnya diselipkan…hampir ndak ngerti saya🙂

>ariefdj
hahahaha…mas arief bahasa “gaul” versi jawa disingkat pula….orang jawa mbetawi kaya saya bisa kelimpungan.

>Indah Sitepu
tapi liat dulu syarat dan ketentuan berlakunya…..:)

>easy
saya juga abg tapi nggak gitu kalo sms……:)

>warmorning
bener bang….telpon juga jadinya kan….

>tukangobatbersahaja
kalo ditulis jelas jadi 3 sms mbak….:)

>nanzzzcy
pengalaman pribadi ya….jempolnya jadi bengkak-bengkak🙂 itu resiko yang harus ditempuh demi terjaganya stabilitas nasional….halah apaan sih…

>GoenRock
hahaha….bener bos, abis kayak baca kode…mending denger nyanyian kode-nya warkop.

>Pakacil
betul mas…jadi nggak efektif dan efisien. padahal tujuannya itu.

>indah
nelpon pulsanya cepet abis🙂 abis beli pulsanya dikit

>PRABHAM WULUNG
kode da vinci tuh bham….gw ngitung harusnya 3 detik gw bisa membacanya ternyata membutuhkan 10 detik. Apa gw aja yang bego ya?

>chic
aduh jangan digampar dong jeng…..saya jadi nggak berani sms-an sama situ🙂

31 10 2008
ayuniqz

yupz..mnyebalkan memang klo dpt sms ga jlas gituh. klo saya mah mbalesnya dngan kalimat yg gak bakalan dimengerti juga, atau saya cuekin ajah daripd buang2 pulsa :p Salam kenal ya..

1 11 2008
puan malaya

sms’an tuh rame banget.. bt juga seh kalo yang dikirimin ga ngerti..

2 11 2008
geRrilyawan

>ayuniqz
Salam kenal…temennya indah ya…?

>puan malaya
nggak ngerti dan harus dijelasin dengan 2 sms lagi….tambah bete🙂

2 11 2008
Naruto

ane suka pusing kLo ada bhs Sms yg ngak ngerti … hehehe mau di bLs apa …gt

2 11 2008
bloGEsam

videonya asyik tuhh…😀

2 11 2008
FaNZ

nyahahha
gila banget kalo smsnya kekgtu😀

2 11 2008
Sassie Kirana

Wah..bhs sms sekarang emang aneh aneh..tapi kalo mau positif thinking sebenernya itu termasuk suatu bentuk kreatifitas sayangnya mereka menganggap semua orang bisa faham..jujur sie suka gtu juga kok tapi hanya ke sodara sodara sepupu aja dan temen2 deket, malah kadang kalo ada istilah baru gtu kita suka sharing he he..
Apalagi bener spt kata mbak indira skrg banyak tuh dijual kamus sms gaul xixi
Tapi tetep aja pada intinya harus pinter membedakan tujuan pengiriman, jangan disama ratakan gaya bhs sms nya ..walah kok jadi mbulet ya he he maaf deh
Salam ^^v

2 11 2008
Odie

wakakka…
jadi kacau klo gak sepaham tuh….
(salam kenal balik, kunjungan balik…tukeran link???? harus mau “MAKSA NIH…))
Lanjuuutttt…..

3 11 2008
geRrilyawan

>Naruto
hahaha…gak usah dibales aja apa….makasih atas kunjungannya

>bloGEsam
tul bos…..yahuuuuuuuddd🙂 makasih atas kunjungannya

>FaNZ
maka itu harus hati-hati bos….:) makasih dah mampir

>Sassie Kirana
Waduh Sassie…panjang banget. sebenernya sih asal kita tau kapan menggunakan bahasa itu dan orang yang kita hubungi juga mungkin tau sih oke-oke aja…:)

>Odie
emang nggak ngerti kalo kita nggak berada di “halaman” yang sama…:)
makasih atas kunjungannya Odie…tukeran link??? boleh dong…

6 11 2008
Ayam Cinta

UnTuN9 bUk@N KaY4 91ni nUl1$NYa, J4Di k@y4 AbG $mSan d3cH!
tAm8@h pU$1nG Bac4 nY@

+berjuang sangat keras buat nulis kaya gitu+
Hehehehe….

7 11 2008
estu

ada lagi loh bahasa sms titi dj alias hati hati di jalan
hehehehe
tukeran link dong

7 11 2008
M. Surya Ikhsanudin

Kok jadi cabul gitu ya???????wach perlu diluruskan itu,,,,,,,

Bagus postingnya memberi pembelajaran

salam kenal dari saya http://gubugsurya.wordpress.com

7 11 2008
Gelandangan

wahhh betul juga yah
untung saya enggak pernah nyoba hehhehehe

9 11 2008
geRrilyawan

>Ayam Cinta
wah… si ayam sampe berusaha keras nulis itu….itu mah kayak tulisan kode abg….abg alien tapi…

>estu
titi dj…dedi dores…dengan diiringi doa restu…

>M. Surya Ikhsanudin
hahaha….jadi cabul kan kalo salah mengartikan…
makasih sudah mampir…..saya akan mampir juga

>Gelandangan
wah…ada gelandangan mampir
kalo belum nyoba pasti jarang pake hape nih….hahaha….
makasih udah mampir….🙂

10 11 2008
ainulfahmi

mas tapi sms memang bikin dampak buruk kok mas!!!!
aku juga merasakannya sekarang!!!!
tukeran link yuzk!!!!

11 11 2008
geRrilyawan

>ainulfahmi
wah…fahmi dapet pengalaman bruruk apa nih sama SMS….???

13 11 2008
atmtukang

Gak suka SMS.

13 11 2008
geRrilyawan

>atm tukang
pasti duitnya banyak buat nelpon….dari mbongkar atm ya mas?🙂

14 11 2008
departa

Ya kpleset didkit-dikt kan seru,Indonesia siapa yang gak tau,negeri kreatif sampai sms aja disingkat, besok apalagi ya????? Lam Kenal. SEmangat😀

15 11 2008
geRrilyawan

>departa
iya memang indonesia itu sangat kreatif….asal jangan umur disingkat
salam kenal juga…salam hangat dari geRrilyawan.

21 11 2008
Lee Deuyiz

hmmm,,,
kayaknya yang posting niy yang suka sms aneh2 ato ngartiinnya aneh2,,, hehe peace😉

salam kenal🙂

21 11 2008
titiw

Ahahaha.. ngeliat sms yg disingkat2 gitu, rasanya otakku yg jadi kapalan, bukan jempolku, hihihihi…

22 11 2008
departa

Bersama Kita Mencari,Mencoba dan Belajar. Ada A*W*A*R*D NIe Silakan Diambil Yaaa. Semangat😀

23 11 2008
geRrilyawan

>Lee Deuyiz
hahaha…ya nggak lah🙂 salam kenal Lee…makasih mampir perdananya…

>titiw
haduh otak kapalan tuh gimana jeng…? makasih mampir perdananya🙂

>departa
sudah diambil dan disebarkan, serta dikerjakan tugasnya bung departa…

29 11 2008
fia

untungnya di sekolah saya lagi ngetren sms tanpa disingkat. jadi.. insyaallah, gak ada tuh yang namanya salah pengertian. hehe..😀

30 11 2008
geRrilyawan

>fia
wah hebat…tanpa disingkat? yang bener….?🙂

29 01 2009
bandito

bhs sms mmg bgt dh..
sk2 mrk aj y..
ky gn2 ini ne..
scr hdp udh rmt,mk smua jg prl d sngkt..
kr2 gmn mnrt om grrly?..
trs trg gw jg kdg bgng kl ad yg sms ky kiye..

4 02 2009
bahtiarian

cuma manusia yang bisa begini🙂 di Indonesia lagi :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: