Eksperimen Kuliner Indonesia

13 09 2008

Indonesia ini kaya lho…percaya nggak?

Dan orang-orang Indonesia itu kreatifnya setengah mati lho…percaya nggak? Termasuk urusan kuliner yang udah ngetop sampai ke mancanegara.

Coba berapa banyak makanan khas dari daerah-daerah yang ada di seluruh Indonesia. Dan yang huebuattt apa saja bisa dimakan sama orang Indonesia….Ya betul..APA SAJA…! Contohnya dari hewan yang namanya sapi saja hampir semua komponen tubuhnya bisa dimakan sama orang Indonesia muali daging, kikil, lidah, otak, paru, usus, kaki, buntut, dll. Atau ada yang pernah nyobain rempeyek laron atau sambel dengan lalapan belalang mentah atau setengah dibakar yang kadang masih menggeliat-geliat….nyammm…Mak Nyusss” kalau katanya Om Bondan Winarno yang suka kremas-kremus di acara “Wisata Kuliner” itu (….wuihhh sok kenal banget sayamanggil Om!).

Dan yang pasti orang Indonesia itu kreatifnya nggak kira-kira apalagi kalau soal meracik dan memadukan makanan. Waktu mahasiswa saya pernah ikut sebuah acara perjalanan kampus yang tujuannya meneliti arsitektur tradisional (kalo saya sih cuma main dan jalan-jalan sebenernya), kebetulan perjalanan waktu itu ke daerah Flores, Nusa Tenggara Timur.

Saya kebetulan hobi jalan-jalan kayak gitu memang sekalian mencari hal-hal baru, salah satunya makanan. Di kabupaten Ende, saat acara perpisahan dengan penduduk setempat kami disuguhi makanan yang terdiri dari:

· Urap (sayur-sayuran yang pakai bumbu kelapa parut dan gula jawa campur sambel itu lho…)

· Ikan teri dan kacang balado (kok balado? Emang di Minang?….abis saya nggak tau namanya, maaf!)

· Pisang muda setengah dibakar.

Semua itu dimakan barengan….kebayang nggak rasanya gimana? Awalnya emang agak aneh…tapi lama-lama ya doyan juga….hahaha…!!!

Pengalaman yang satu lagi di kabupaten Manggarai, kami dapat suguhan nasi dan mie goreng…dan ditambah bubur kacang ijo…Ya…bubur kacang ijo yang itu…cuma lebih encer kuahnya dan nggak manis rasanya. Semua dimakan berbarengan….SIKAAAT…enak juga kok…!

Masih kurang……?

Saya punya beberapa teman yang juga cukup aneh selera makanannya. Waktu mahasiswa ada yang saking ngiritnya makan siomay pakai nasi….atau ada juga yang saya kenal suka makan indomie rebus pakai roti tawar.Kalau kita suka datang ke hajatan saudara atau teman juga biasanya makanan kan banyak macamnya, dan karena nggak mau rugi kalau nggak makan semuanya biasanya suka dicampur baur jadi satu, sop campur sate campur mie goreng campur sambel goreng ati campur ikan goreng asam manis campur cap cay….Bhinneka Tunggal Ika…Indonesia sekali! Itu belum termasuk makanan-makanan yang ada di stand-stand.

Kalau saya punya versi kreasi saya sendiri. Ini merupakan favorit saya dari kecil, nasi goreng kornet pakai telor rebus, plus irisan nanas, dan yang paling penting buah pisang buat lalapannya …YAHUUDDD!!! Namanya Nasi Goreng ‘ala Qacrudé (nasi goreng yang rasanya kacrut banget enaknya).

Bagaimana dengan yang lain? Apa ada yang mau menyumbangkan saran campuran makanan favoritnya?

Yang mungkin perpaduan sempurna dari makanan-makanan khas Indonesia, soto babat campur gado-gado? atau sate ayam campur semur jengkol yang disiram dengan sirup markisa? atau lumpia dicocol pakai petis ditambah lelehan es krim medan? pokoknya dicampur aduk jadi satu yang akhirnyamenghasilkan petualangan cita rasa yang sangat dahsyat…DAHSYAT ANCURRRRNYA!!!


Aksi

Information

19 responses

13 09 2008
Anang

wahhh aneh2 ae

13 09 2008
Eksperimen Kuliner Indonesia | Blog Isteri Puas

[…] Read the original: Eksperimen Kuliner Indonesia […]

14 09 2008
duniafannie

wew. gmn rasanya tuh nasi goreng lalap pisang?
hahaha, pasti lucu rasanya.

14 09 2008
dondanang

Saya suka nasi goreng kormet.

15 09 2008
warmorning

Asal ada nasi. Apapun ok !🙂

15 09 2008
-=«GoenRock®»=-

Wah, kalau yang lidah sama otak sapi saya ndak berani nyoba, membayangkan saja ndak berani😀 Kartunnya bagus banget mas stylenya! Saya suka! Kok ndak diwarnain sekaliyan Mas?😀

16 09 2008
Ayam Cinta

Ekstreem kuliner banget
Ayam penyet + jus alpukat!
Tp dmakannya 1-1, hehehe

16 09 2008
geRrilyawan

>Anang
Nggak aneh…kok dicoba saja dulu….nanti kan ketagihan..:)

>duniafannie
rasa kok lucu….kalo dibilang enak ya nggak juga tapi uenakkk bangetttz…!!!

>dondanang
saya juga suka….plus pisang apalagi…nyussss

>warmorning
ndak bisa diganti lontong atau ketupat ya mas…?🙂

>GoenRock
Wuahhh padahal nikmat itu…plus kolesterol tinggi
Makasih bos…kemarin-kemarin bikinnnya mepet bgt…ntar kapan2 deh pake warna…ilustrasinya masih cuma tempelan nih..belum terkonsep🙂

>Ayam Cinta
Yah…si ayam…ente kanibal dong…itu udah yang paling ekstrim eksperimennya.

18 09 2008
1nd1r4

Orang Indonesia memang kreatif kok😀 . Karena sedang jauh dari tanah air, resep dadakanpun jadi banyak tercipta demi mengakomodir lidah dan perut yang memang Indonesia banget sedangkan bahan2 ga semua bisa didapat dengan mudah disini….kalo buat aq sendiri, kalau belum makan nasi…belum makan namanya:mrgreen:

20 09 2008
geRrilyawan

>1nd1r4
gak usah terlalu ngikutin resep baku ya…hajar bleh aja. yang penting kemakan.

21 09 2008
prabham wulung

so, kalo elu ke manado ada kelelawar bakar. boleh dicoba so!so, blog lo gue link di blog gue ya!

21 09 2008
geRrilyawan

asik…kelelawar bakar….ntar deh kalo gw ke manado.
boleh..boleh…gw juga minta ijin nge-link blog lo di blog gw…thx

22 09 2008
ricky

Pernah ditawarin ‘erwe’ belom ama orang manado? Ampir aja gue makan.
Persis sebelum gue kunyah, tmn g bilang erwe itu daging anjing lho!
G yang biasa ngumpat ‘anjing!’ become speechless…
Hasil akhir: daripada anjing g di rumah jadi ilfil kalo ngendus bau badan g, mending ga makan deh. Kalo ga tau sih bakal g embat juga.

24 09 2008
geRrilyawan

>ricky
wesssss araisikewai…..belom tuh. Lha kalo di jawa namanya iwak asu/segawon….hehehe. jangan2 malah jadi digonggongin anjing lo sendiri.
thanks jur da mampir….

25 09 2008
meidianakusuma

hohoho.. gue kan komen blognya dulu deh, tapi mau komen gambarrnya

hwaaaaaaaaaa KARIKATURNYA lucu.. GUE SUKAAAAAAA

30 09 2008
geRrilyawan

>meidianakusuma
makasih mei….eh mei kan? di-link dong itu nama kau…

10 10 2008
indah

kalo cemila mah yg enak pisang goreng (bener2 yg baru mateng..puanas-puanasss, lha..gimana makannya?? ;p) pake rawit…yummy…ini yg sering menggoda saya buat ngemil..mil..mil..hehehe. kalo makanan utama enaknya tempe goreng anget2 pake sambal bawang..huah..huah..pedessss…

19 02 2009
Widiari

gubrak!,,…

Pernah nyoba… sayur asem campur ama gado gado.. ditaburi kuah empek empek… trus lauknya.. sate kuda ama kroket… lalapanya daun singkong mentah…

26 10 2009
dessy pratiwi

walau aneh tapi semoga kita bisa membangun, mengembangkan, melestarikan dan menjaga
Kuliner Indonesia

Tinggalkan Balasan

