SI BUTA DARI GUA HANTU : PAHLAWAN KOMIK INDONESIA

17 11 2008

Pahlawan selain pahlawan yang kita temui sehari-hari ada juga pahlawan yang bisa kita temui di film, komik, atau novel. Pahlawan fiksi kali ya istilahnya. Salah satu pahlawan fiksi Indonesia yang sangat terkenal adalah Si Buta dari Gua Hantu yang pertama kali muncul dalam sebuah komik berjudul sama pada tahun 1967 dan kemudian muncul kembali dalam beberapa judul sampai akhir tahun 1980-an. Pada tahun 1969 film pertama yang dibuat berdasarkan cerita komik pertamnya diterbitkan dan mendapat sambutan luas. Aktor yang berperan sebagai Si Buta dari Gua Hantu adalah Om Ratno Timoer (halah…saya memang suka sok kenal gini manggil Om…). Oiya dulu di RCTI juga ada versi sinetronnya.

(Pasti banyak yang tahu dengan tokoh ini, ayo yang tahu ngacung…!!! ketahuan umurnya berapa kalo gitu hahaha…!!!)

Tokoh ini lahir dari ide dan goresan tangan Ganes TH, seorang seniman warga negara Indonesia keturunan Tionghoa yang lahir dan besar di Tangerang. Sudah banyak karya komik (dulu istilahnya Cergam kependekan dari Cerita bergambar) yang dibuatnya antara lain jagoan betawi Si Djampang, tetralogi : Tjisadane, Krakatau, Tuan Tanah Kedawung, serta Nilam dan Kesumah. Kebanyakan diantaranya juga sudah difilmkan. Tapi memang yang paling fenomenal adalah Si Buta dari Gua Hantu.

Seri cergam Si Buta dari Gua Hantu awalnya mengisahkan tentang seorang pendekar bernama Barda Mandrawata yang membutakan matanya sendiri demi menguasai jurus si Mata Malaikat untuk membalaskan dendam karena Mata Malaikat telah membunuh ayah dan saudara-saudara seperguruannya. Mata Malaikat digambarkan sebagai pendekar kejam yang tak tega membunuh korbannya yang kadang adalah rakyat jelata. Setelah menuntaskan dendamnya (ternyata Mata Malaikat itu nggak jago-jago banget!), tiba-tiba Barda diserang oleh seorang pendekar misterius bernama Sapu Jagat. Akibat serangan itu Barda Mandrawata terjatuh ke dalam jurang dan ternyata di dalamnya terdapat sebuah gua. Sewaktu sedang beristirahat, Barda dikejutkan oleh munculnya seekor ular raksasa yang menyerangnya. Setelah bertarung dengan sisa-sisa tenaganya ular tersebut akhirnya tewas di tangannya.

Yang lebih mengejutkan ternyata di dalam gua banyak pahatan di dinding yang menuliskan dan menggambarkan jurus-surus silat. Ternyata seorang pertapa sakti pernah tinggal di dalam sana dan meninggalkan pahatan ilmu silatnya untuk diwariskan. Barda pun lalu mempelajari dan melatih ilmu tersebut. Ia bertahan hidup dengan memakan daging ular yang dikeringkan, lalu kulitnya dijadikan pakaian (nah…ini yang kemudian jadi trade mark-nya, pendekar berbaju kulit ular).

Setelah mengausai ilmu tersebut, Barda Mandrawata pun berkelana untuk membasmi kebatilan dan kejahatan sebagai pendekar berjuluk Si Buta dari Gua Hantu.

Seri cergam si Buta dari Gua Hantu ini memperlihatkan wawasan nusantara dan nasionalisme Ganes TH yang begitu kental. Menceritakan perjalanan Barda Mandrawata ke berbagai pelosok nusantara dari Banten, Bali, Sulawesi, bahkan sampai ke Flores. Selain itu potret bangsa Indonesia yang tertindas oleh penjajahan Belanda (asing), sampai dengan orang-orang yang tega menindas bangsa sendiri demi kedudukan dan harta, sedikit banyak masih relevan dengan kondisi bangsa ini sekarang.

kalo ini saya yang buat (pasti orang bilang...pamer..pamer!!!)

kalo ini saya yang buat (pasti orang bilang...pamer..pamer!!!)

Saya sendiri sudah dari kecil tahu tentang cergam ini meskipun belum pernah baca. Masa kecil saya kebanyakan memang diisi komik eropa macam Tintin, Asterix, Lucky Luke, Steven Sterk, dll, paling kalo komik Indonesia ya Petruk-Garengnya Tatang S yang dijual di depan SD. Dan baru sekarang tahun 2000-an ini baca lagi beberapa judul yang diterbitkan ulang. Saya kagum dengan teknik permainan kontras gelap-terangnya Ganes TH. Bikin Si Buta dari Gua Hantu sebagai salah satu jagoan favorit saya.

Ada yang suka juga? Yahh…paling nggak buat orang-orang tua yang mau nostalgia masa kecilnya ketika cergam Indonesia dituduh merusak generasi muda…ini mungkin salah satu cergam yang citranya positif.

(kebanyakan informasi didapat dari cergamSi Buta dari Gua Hantu yang diterbitkan ulang oleh Pustaka Satria Sejati)

Daftar judul seri Si Buta dari Gua Hantu (siapa tahu ada yang mau nyari)*:

Si Buta dari Gua Hantu (1967)

Misteri di Borobudur (1967)

Banjir Darah di Pantai Sanur (1968)

Manusia Serigala dari Gunung Tambora (1969)

Prahara di Bukit Tandus (1969)

Badai Teluk Bone (1972)

Sorga yang Hilang (1974)

Prahara di Donggala (1975)

Perjalanan ke Neraka (1976)

Si Buta Kontra si Buta (1978)

Kabut Tinombala (1978)

Tragedi Larantuka (1979)

Pengantin Kelana (1981)

Misteri Air Mata Duyung (1984)

Neraka Perut Bumi (1986)

Bangkitnya Si Mata Malaikat (1987)

Pamungkas Asmara (1987)

Iblis Pulau Rakata (1988)

Manusia Kelelawar dari Karang hantu (1988)

Mawar Berbisa (1989)

*sumber: cergam Si Buta dari Gua Hantu, diterbitkan kembali oleh Pustaka Satria Sejati, 2005

Kayaknya ada lagi seri Si Buta dari Gua Hantu, yang diterbitkan serial di majalah Ria Film tahun 70-an judulnya Asmara Darah, info lengkapnya liat disini.

About these ads

Aksi

Information

70 responses

17 11 2008
easy

wekekekeek…
lengkap banget bos judul2 serialnya.

aku tetep suka donalbebek..

17 11 2008
bangkumis

Tahun 2008 ada sekuelnya yaitu : SI BUTA JADI HANTU..maksudnya si butanya dah is dead…. wakakak…

17 11 2008
warmorning

jadi pengen baca lagi… :D
sekarang nyaris gak ada cergam sekeren itu ya

17 11 2008
1nd1r4

Hiks jangan bilang buat orang tua aja dong, soalnya aku baca komik ini dan nonton juga film layar lebarnya yg dibintangin Ratno Timoer :cry: …. wahhh baca juga gareng dan petruk, aku beli dulu waktu harganya masih Rp 150…..kalau smurf baca ga? :D ..tapi teteup…my fav is GARFIELD

17 11 2008
Pakde

Aku jadi inget Layar Tancap nih…!
Hajatan di kampung muter film ini. tapi duluuuuuuuuuu. hari gini layar tancep. nggak bakal seru kayak dulu, maklum lah layar tancap sudah basi. Remaja-remajinya sudah pada gaul.

Tentang film Si buta ini…kalo yang main bukan Ratno Timur nggak asyik ya…masalahnya kita sudah di cuci otak sama tokoh itu.
Kalau muncul yang baru bilangnya “Wah Si Buta Yang palsu “

17 11 2008
geRrilyawan

>easy
judul2nya nyontek :) donalbebek juga suka tapi dulu waktu masih imut…

>bangkumis
is dead hehehe…kok bisa? kalah sama Wiro Sableng atau kalah sama Bang Kumis?

>warmorning
cari aja bang…di gramedia juga mungkin ada yang jual…
saya juga nyari cuma sedihnya harganya mahal….itu kekurangannya komik kita, jauh lebih murah komik jepang.

>1nd1r4
hahaha…saya juga belom tua jeng….meskipun suka SBDGH. Smurf? wah iya…sama komik Johan & Pirlouit…
Garfield suka nyebelin sih :)

>Pakde
Wah…layar tanceppp! dulu primadonanya ya Barry Prima atau alm. Suzzana. Begitu Barry Prima keluar (film-nya Jaka Sembung) semua tepuk tangan..suitsuit…seru!!!
tapi kayak begitu nggak laku hari gini pakde…

17 11 2008
Pakacil

walahh… jadi inget foto masa muda bapak saya
yang berpose persis si buta dari gua hantu ini, lengkap dengan tongkat dan monyetnya. harus saya cari lagi itu foto… harus… :roll:
tapi memang sangat jarang saat ini, karakter superhero asli Indonesia, yg benar-benar kental nuansa nusantaranya. kalah dengan gempuran superhero yg katanya lebih marketable dan modern. saya yakin, masih banyak yg merindukan karakter macam si buta yg made in indonesia ini…

17 11 2008
garundang

sibuta.. oh sibuta.. mengapa engkau mau jadi buta? :P

18 11 2008
departa

Jadi Ingat masa Kecil Dulu,Si buta dari gua hantu dulu cuma pernah nonton di tv aja sihhh.Tapi seru. :D

18 11 2008
departa

jadi Ingat Mas kecil Dulu, sibuta dari gua hantu cuma pernah nonton di tv aja sihhh, Tapi seru :D

18 11 2008
rini

Untung masih ada orang kaya loe, so.. suka membaca, walaupun juga baca cergam. gpp, toh jadinya jago gambar, bukan? masa so, gw pernah ke toko buku G di depok, cari buku tintin, petugasnya kaga tau itu buku apa, dia pikir manga. alamaaak… manga lagi manga lagi.

18 11 2008
Tuyi

Penggemar komik ya…, sama kalo gitu…

18 11 2008
andramenulis

Bang, khan si Barda pas jatuh ke gua ntu dah buta, jadi belajar gambar pahatan dindingnya gmana??? Diraba-raba kah???

18 11 2008
lintasmarketing

Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di http://www.lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi mudah.
Kami berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan memasangkan WIDGET Lintas Berita di website Anda sehingga akan lebih mudah mempopulerkan artikel Anda untuk seluruh pembaca di seluruh nusantara dan menambah incoming traffic di website Anda. Salam!

18 11 2008
FaNZ

saya lebih deket ama wiro sableng.. coz saya rada sableng hehehehe

18 11 2008
Farrel

Wiiih, LEngkap banget. Ternyata penggemar SiButa dari Gua HAntu ya…!
Judul terbaru : Si Buta di kejar Hantu…

18 11 2008
sandi

wah dengan senang hati saya menerima ‘ke-pamer-anmu’ wong karyamu emang bagus, layak dipamerin :P

5 09 2011
prndo tehnik

makasih y udah mengakui kehebatan ku

18 11 2008
geRrilyawan

>Pakacil
lho kok bisa bos bapaknya pose begitu…? penggemar juga? pake baju kulit ular nggak? kurang afdol kalo nggak….bisa tuh di-imel ke saya …jadi pengen liat :)

>garundang
yah kalo nggak gitu judulnya bukan Si Buta dari Gua Hantu…. :mrgreen:

>departa
saya di tivi sama layar tancep kaya Pakde tuh…

>rini
yahh…bacaan gw sih nyang enteng2 aja rin…gak kuat baca bukunya Alan Greenspan…hahaha…Tintin sih, komik jaman jebot tuh mbak rin…

>Tuyi
lumayan…bacaan ringan yang nggak bikin mumet…

>andramenulis
yoi…diraba-raba dong…untung nggak orang lain, jadi nggak salah raba :)

>FaNZ
berarti situ murid sinto gendheng juga ya…?

>Farrel
Penggemar yang lumayan lah om….dikejar hantu? ya nggak takut wong nggak bisa liat hahaha….

>sandi
tengkyu berat san, eh udah disampein belom ke chelsea? :)

19 11 2008
ardianzzz

masih kerenean Wiro Sableng…

19 11 2008
Indah Sitepu

ga pernah baca komiknya..
tau nya dulu ada di tv yahhh , tapi yakin pasti lebih seru baca komiknya :)

19 11 2008
achoey

Ayo bangkit komik heroisme Indonesia

Coba juga baca http://cucuharis.wordpress.com/2008/11/19/bunga-cinta-yang-terbenam-fiksi-bag-1/

19 11 2008
alex©

Hayah… siapa pula tak kenal dengan sosok yang satu ini? :lol:

Ini salah satu komik kesukaan saya waktu kecil dulu, barengan sama Jaka Geledek. Bacanya nyewa pulak itu :lol:

Oh ya, judul yang paling familiar bagi saya itu Kabut Tinombala. Somehow, it reminds me of Operasi Tinombala, tragedi nasional pesawat jatuh bertahun silam :|

19 11 2008
geRrilyawan

>ardianzzz
sebenernya sih masih kerenan…….saya! :)

>Indah Sitepu
wah seru….coba aja cari dan baca…ditanggung nagih…

>achoey
HIDUUUUUP…….!!!!

>alex
Operasi Tinombala oiya…ada filmnya juga kan?

20 11 2008
duniafannie

jadi ngebayangin bang gerilya lagi jd tokohnya.
ciyaat.. ciyaaattt.
ternyata byk ya judulnya.

20 11 2008
isnuansa

Belum pernah nih baca komiknya. Liat filmnya di TV tapi juga nggak ngikutin sampe selesai :(

20 11 2008
geRrilyawan

>duniafannie
wah…jangan dibayangin…aneh kalo saya rambut gondrong, bawa tongkat, bawa monyet, jalan2 kliling kota…..ditangkep polisi…

>isnuansa
yang di tv nggak asik sinetronnya…kurang gimana gitu…

20 11 2008
Muhammad Surya Ikhsanudin

wach kok gak kelihatan kliwonnya mas Gerilyawan…….

kemana itu si kliwon? sekarang si kliwon jadi sombong mentang2 jadwalnya padat di Topeng monyet.

kelihatan tapi kecil banget ya digambarnya…….hehehehe

20 11 2008
petak

kenapa film si buta dari gua hantu ga dibuat sekuelnya yaks
Sapa tahu si buta juga punya venom :D

20 11 2008
lakonlokal

om…gimana kalo ganti bikin sekuel baru jadi si Hantu dari Gua Buta ?? kayaknya bisa lebih seru dehh

20 11 2008
geRrilyawan

>Muhammad Surya Ikhsanudin
kalo di komik monyetnya Si Buta bukan kliwon namanya tapi wanara….
emang lagi maen sendiri nyari duit buat bantuin majikannya neh…

>petak
wah aneh juga kalo ada si buta item…lidahnya melet-melet kaya venom :)
makasih udah mampir lho…

>lakonlokal
wah kalo itu nggak berani liat deh….seremmm saya :)

20 11 2008
Oemar Bakrie

Saya nonton film-nya waktu SD (jadi ketahuan gimana tua-nya saya hehehe …) waktu itu cuman ikut-ikutan aja habis nggak ada alternatif …

Salam.

21 11 2008
tukangobatbersahaja

Anak zaman sekarang malah tahunya komik Dragon Ball, Conan, dll
Semoga komik nasional tambah bagus kualitasnya :)

21 11 2008
suwung

kapan komik kita menjajah negeri manca negara?

21 11 2008
PRABHAM WULUNG

wah om gerrilyawan ini pintar bikin komik. om gerrilyawan bikin komik juga dong trus diterbitkan…

21 11 2008
geRrilyawan

>Oemar Bakrie
wahaha…nontonnya jaman SD pak? waduh udah lama betul itu…tapi belom tua ah…tua itu kalo pas SD nontonnya tentara jepang latihan baris…. :)

>tukangobatbersahaja
sekarang nggak ada lagi komik indonesia yang bener2 “muncul”….semoga begitu.

>suwung
waduh…kalo buat menjajah, bala tentaranya masih kurang itu…
makasih mampir perdananya… :)

>PRABHAM WULUNG
dek prabham…ini bikin satu halaman aja lamanya minta ampun gimana kalo diterbitkan….kan harus satu buku. bisa setahun lebih….tangan om kan pegel…

21 11 2008
JoEy D`JuVe

di remake lagi film ni nampaknya seru

21 11 2008
Mamas

Aku suka dulu membaca Komik ini, tapi bukunya sudah entah kemana, apakah ada yang punya koleksi lengkapnya? Nyari dimana ya?

21 11 2008
agunk agriza

dlu waktu saya masih TK ada tuh filmnya..
agak aneh gitu ceritanya. hhi

episode baru ngga ad lg ya?
hhi

salam kenal

22 11 2008
Sassie Kirana

Si buta dari goa hantu? TPI paling sering tuh muter film jaman baheula modelnya si pitung, samson betawi xixixi lucu juga ya nontonnya terutama waktu dengerin dialog para tokohnya serasa hidup dijaman dulu he he

Kalo komik sie sukanya yang model candy candy,serial cantik,doraemon,donal bebek dan yang gak boleh ketinggalan Detective Conan wajib ada he he

Makasih ya mas geRr… untuk supportnya yang kemaren kemaren semoga Allah membalas dengan kebaikan Amin..
Salam ^^v

22 11 2008
carra

he .. aku inget jg tokoh ini tapi blom pernah baca sih… malah baru tau nih cerita awal mulanya… keren juga ya :D … sayang skrg komik indonesia udah ga “menggigit” lg… kalah sm manga cs…

btw… si buta ituh update fashion juga ya… terbukti dia pake baju kulit ular… pan mahal ituh :lol:

22 11 2008
geRrilyawan

>Joey D’Juve
seru bos …asal digarap serius supaya jadinya nggak norak kayak sinetron laga yang gedebukan pake efek kapur….
makasih untuk mampir perdananya :)

>Mamas
sekarang diterbitkan lagi cuma belom lengkap…baru beberapa judul aja. Cari dimana ya? di toko buku kayaknya ada….
makasih untuk mampir perdananya :)

>agunk agriza
agak aneh ya….? hahaha…belom ada yang baru lagi.
salam kenal juga…makasih untuk mampir perdananya :)

>Sassie Kirana
masa si pitung lucu, sas? kalo samson betawi emang lucu wong Benyamin S. wah…bener-bener komik cewek ya… :)
sama-sama…kita kan harus saling mensupport…

>carra
iya mbak, dijajah lagi sama jepang…hahaha. kitanya sih yang mau aja dijajah… :)
itu si buta kalo sekarang malah udah di demo sama aktivis lingkungan gara-gara pake baju kulit ular… :)
makasih untuk mampir perdananya…

22 11 2008
ainulfahmi

wah keren tu!!!
eh makasih da masukin linkku!!!

22 11 2008
ayuniqz

si buta dari goa hantu? tau tapi gak kenal banget..gak pernah knalan sih, lagipula gak mau juga kaliii :) kalo nonny baca tulisan ini juga, mungkin berkomentar yg sama kyk gini ..”loe bner2 kreatif ya.. gambarnya juga bagus.” krna kami gak pernah baca komik ini.. bacanya NINA :))

23 11 2008
geRrilyawan

>ainulfahmi
makasih juga sama-sama….

>ayuniqz
ngapain juga kenalan, yu….NINA? cewek sekali bacaannya… :)

23 11 2008
o c H e

Hwhwhww…
Saya lupa-lupa inget critanya.
Satu hal yang paling saya inget ttg si buta adalah MOnyetnya, si KLIWON..

24 11 2008
geRrilyawan

>o c H e
monyetnya kalo di komik namanya wanara….
makasih…mampir perdana ya?

28 11 2008
Arya

Sep…bang…asli Indonesia…tapi apa udah dipatentkan ga ya ? Daripada keduluan orang sih…Lalu Gundala Putra Petir opo juga asli asli Indonesia juga ya ?
Mohon ijin blog na ku-link ya…

29 11 2008
yande

hmm… bang Gerri, (wakaka… seenaknya aja nyebut orang) adal satu yang kurang dari judul diatas

LIRIKAN SI BUTA

salam kenal :)

30 11 2008
geRrilyawan

>Arya
wah ndak tau saya kalo itu….Gundala ya asli Indonesia cuma terinspirasi sama The Flash kayaknya. Kalo terinspirasi ya nggak apa-apa…
silaken nanti saya link balik…

>yande
LIRIKAN SI BUTA….? mauttt..hahahaha…
salam kenal juga :)

2 12 2008
aroengbinang

Pengorbanan Badra paling besar adalah membuat kedua matanya menjadi buta untuk memperoleh kepekaan yang tidak akan pernah bisa dimiliki oleh orang yang bisa melihat….

4 12 2008
geRrilyawan

>aroengbinang
betul bos…”mata” hati-nya lebih terbuka daripada matanya….

23 01 2009
bandito

ooo…
om om..nanya donks..
gmn rasanya pengalaman bermain di bbrp film dgn si buta?..
apa ga pegel tuh nangkring trus di pundaknya si buta?….
……
utk tante Sassie Kirana..
kapan2 kita ngupi2 bareng yuk.. :D

22 02 2009
toni purwanto

serius…deh klw kamu kamu baca komiknya yg udah di terbitkan ulang lagi,kamu kamu akan menemukan petualangan silat asli indonesia,seru abis pokonye,emang pa ganes th,sang pengarang si buta dari gua hantu,emang is the best.

27 02 2009
andre

pamer… pamerrr….! :P

25 05 2009
wi3nd

hihihiiihihihi..iyah filma aku kayana tau dech apa pernah nonton yaa??
abis kecil 9itu,jd lupa lupa in9et,bis satu hal aku in9at tuch bajuna aneh kaya sisik ikan sama monyet di pundakna.. :lol:

9ober bebek tetep bacaan setia :)

21 08 2009
bri

__bagus…asik bener ngeliatnya…keren mantap dah teman__

14 10 2009
Zaenal Hakim

dicari pihak yang berkesadaran budaya nasional, lalu punya niat mengangkat salah satu aspeknya yang dilupakan, yaitu komik Indonesia, lalu punya modal untuk mengangkat kembali penerbitan komik Indonesia. terlalu muluk memang, tetapi kapan lagi kita melihat kembali “dunia ajaib” yang membikin kita terus awet muda?

15 10 2009
mase mungil

wahhhh gitu ya jadinya asal usul pelm sibuta dari goa hantu….
jadi keinget masa kecil…hihihi…cinta cerita dalam negeri..sebelum cerita si buta ini di akui bangsa lain…hhwhehweh merdeka…

10 02 2010
Rindu kucing.. « AmorFati…

[...] mengasyikannya Potty the Parrot yang selalu usil kepada Patchy the Pirate atau kisah petualangan Barda Mandrawata bersama monyetnya Wanara, dan kisah persahabatan manusia dan binatang lainnya seperti difilm-film yang terlalu banyak kalau [...]

25 02 2010
rahim

Salam,apakah boleh saya dapatkan versi filem pertama sibuta dari Guan hantu lakonan akto Hj Ratno Timoer

18 07 2010
Rozikin

1. Ada yg punya copy Film pertama SDGH?..udah cari kemana2 susah banget…bantu dong…2. Usul aja yuk kepada yg jago bikin Film …bikin lg dong Refresh Si Buta dari Goa Hantu, orang bule aja yg namanya Film Superman Return, Batman Begin..aja laku padahal udah basi ceritanya…masa ut Film besar ini nggak bisa

27 09 2010
arynero

doeloe w sering baca (jaman sd, sewa komik di psr inpres senen) bukan hanya sibuta aje, serial lainnya juga (taufan,komodo,tuan tanah kedaung) kalo ada yg tau info penjualnya (hard atau soft)nya ,tengkyu

29 09 2010
geRrilyawan

di toko buku bekas kali mas….sekarang juga sudah diterbitkan lagi kok, saya juga pernah lihat di gramedia dan coba datang di pameran buku. SBGH, djampang, tuan tanah kedaung juga sudah diterbitkan lagi.

12 10 2010
Barda Mandrawata

Mohon maaf, ijinkan saya numpang memberikan info untuk teman2 penggemar komik Indonesia (judul2 yg disebutkan ‘gerilyawan’ diatas), silakan mampir ke :
Toko Buku PLUZ+, di Plaza Semanggi lantai 2 blok B No.126(samping Nexian HP); telp : 021.68458082 ; 021.98276128

http://www.facebook.com/pages/PLUZ/118260638877

Trims ya bung ‘gerilyawan’,
jaya selalu komik Indonesia

Salam Hangat
Bardamandrawata

30 01 2011
sisilia

cb lngkp kah

28 05 2011
leod pratama

buat dong seri sibuta dan upload gambarnya biar bisa baca dan lihat di internet…thank bro…

23 10 2011
ANGEL IA SEBAYANG

MERIAHAN DONALA BEBEK TU GUE UDAH BOSAN BACA CERITA SI BUTA DARI G OA HANTU

29 11 2011
RONSES

ANE DARI DULU SAMPAI SEKARANG SUKA BANGAT PETUALANGAN SI BUTA DARI GOA HANTU SAMPAI2 ANE MAU CARI NIH SIAPA PUNYA KOLEKSI ANE MINAT MAU BELI…YANG ANE SAYANGI KENAPA JAMAN SEKARANG NGGA ADA KOMIKUS SEPERTI DULU…YAH….

29 11 2011
RONSES

SORRY KOMEN LAGI ANE SERING BACA PETUALANGAN SI BUTA DARI GOA HANTU…MAU TANYA NIH…NAMA MONYETNYA ITU SIKLIWON ATAU WANARA YAH…YANG ANE BACA SIH WANARA TUH MANA YANG BETUL..?????

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: